"Abang, liat ini," ujar Reygan semangat.
Raykan yang lagi duduk, berdiri terus samperin adeknya. Dia liat Reygan lagi mainin kayak semacam tali gitu. Raykan pernah liat barangnya di rumah waktu ayah bantuin benerin motor Pak Satpam, tapi dia gak tau namanya apa.
Lumayan ada banyak, Reygan mainin itu buat si kucing. Sampe dia liat barang yang sama tapi bentuknya beda, enggak panjang tapi jadi bulet.
Dia ambil terus masukin ke kepalanya si kucing. "Wih, bisa buat kalung!" pekiknya. Si kucing cuma gerak-gerak gak nyaman tapi tetap dibiarin aja.
"Ini giniinnya gimana?"
Raykan noleh ke Reygan yang lagi pengen buat bentuk yang sama kayak 'kalung' si kucing. Dia juga nyoba, seingatnya ujung lancip ini dimasukin ke kotak ini dan tada! Jadi bulet tapi kegedean soalnya kan gak diukur. Dia mau kasih ke adeknya tapi keburu adeknya lihat.
"Kok bisa?!"
Raykan senyum bangga bisa bikin adeknya natap penuh kagum. Terus dia ajarinlah si adek.
"Ini gak bisa dilepas, ya? Jangan-jangan Pak Polisi juga borgolnya dari tali ini, Bang?" tanya Reygan antusias.
"Bukan kayaknya."
"Iya, cobain iket tangan aku di tiang ini coba." Reygan lari deketin tiang penyangga atap teras bengkel. Terus satuin kedua tangannya di tiang. "Bawa sini cepetan!"
Raykan ngerutin dahinya tapi tetep diturutin. Si kucing cuma meong-meong liat kedua manusia itu menjauhi dirinya.
Raykan nyoba buat taliin tangan adeknya tapi gak muat. Adeknya misuh-misuh soalnya si abang gak bisa. "Masa gak bisa sih? Sini aku aja yang nyoba."
Raykan ngasih tali itu terus satu tangannya dijajarin ke tiang kayak tadi adeknya. Diiket pake 3 tali tadi dan adeknya tersenyum sombong.
"Tuh bisa, 'kan!"
Raykan liat tangannya yang gak bisa dipisahin sama tiang. Dia ngerutin dahi karena gak nyaman tangannya nempel sama tiang yang kotor. Tangannya udah ada item-itemnya, jorok.
"Ih, kotor. Lepasin, Gan."
"Gak mau, mau main polisi-polisian dulu!"
"Tapi kotor."
"Gak papa! Berani kotor itu hebat!" seru Reygan dengan semangat membara.
Dia mengutip kata-kata itu dari sebuah iklan sabun terus gunain kata-katanya buat ngelawan Bunda kalo dia main tanah waktu Ayah nyiram tanaman di halaman rumah mereka.
Raykan cuma ngangguk pasrah, untungnya bisa digeser ke atas ke bawah jadi dia bisa liatin Reygan yang lagi ngumpet sana sini seolah-olah lagi ngobrol di walkie talkie sambil duduk di tanah.
Reygan bahkan ngajak si kucing yang mengeong malas buat jadi partner polisinya. Jika polisi punya anjing pelacak maka Reygan punya kucing pemalas. Mana gak lama kemudian datang juga kucing oren yang selalu ngikutin Reygan.
"Ada target, ada target. Segera sandera!"
Raykan nguap ngantuk. Kayaknya mereka udah lama di sini, Raykan pengen bobo tapi kok ini iketannya gak bisa dilepas ya.
Gak ada lagi suara Reygan yang nyuruh nangkap dia. Pas diliat malah udah main-main sama si kucing oren.
Raykan liatin sekitar siapa tau ada orang. Langit juga keliatan mendung. Apa mau hujan?
"Gan, pulang yuk?" ajak Raykan. Perasaannya udah gak nyaman ditambah tangannya pegel.
Reygan nolak terus sampe tiba-tiba ada suara gemuruh guntur yang beruntungnya terdengar pelan. Keduanya kompak ngelihat langit mendung yang udah mulai netesin air.
Guntur kedua, Reygan nyamperin abangnya terus berusaha buat lepasin iketan yang tadi mereka buat. Matanya berkaca-kaca, Raykan tau pasti adeknya takut.
"Gak mau lepas abang, gimana sih ini," adu Reygan yang tangannya nyoba buat narik-narik si tali siapa tau bisa putus. Tapi bukannya putus malah bikin tangan Raykan sakit kegesek-gesek.
Raykan juga takut tapi gak boleh ditunjukin. Nanti siapa yang bakal nenangin adeknya kalo dia juga takut, abang itu harus berani!
Pas guntur ketiga yang kenceng banget, kedua kucing tadi pergi ke rumah pinggir bengkel terus ilang gak tau kemana. Reygan terlonjak kaget langsung meluk abangnya sambil tutup mata. Raykan reflek tutup sebelah telinganya. Hujan langsung turun deras habis itu.
"A-abang, takut," kata Reygan yang ternyata udah banjir air mata. Raykan bingung, gak tau harus gimana. Ini punggungnya mulai basah kecipratan air hujan, kalo adeknya tetep di sini pasti akan ikutan basah.
"Jangan nangis, Gan-gan tungguin di kursi sana biar gak basah. Abang nunggu di sini siapa tau Ayah lewat sini jadi bisa Abang panggilin, ya?"
Reygan gelengin kepala, sebelah tangannya meluk Raykan erat sebelah lagi nyoba buat lepasin iketan itu walau sia-sia. "Gak bisa lepas, abang, gimana ihh."
"Enggak tau," Raykan ngeliatin rumah itu terus sekilas liat bayang-bayang di jendela. Dia senyum terus pegang tangan si adek, "Eh, itu di rumah yang itu ada orangnya, kamu ke sana Gan terus minta tolong."
Reygan liatin rumah serem itu. Di mata Reygan sekeliling mereka berubah jadi tempat yang nyeremin. Hujan deras, langit mendung, abangnya yang gak bisa peluk dia bikin Reygan merinding. Awalnya dia nolak tapi liat kondisi abangnya yang kebasahan bikin Reygan nelen ludah gugup.
"Ta-tapi abang liatin, aku takut." Raykan senyum terus ngangguk
"Lari tapi hati-hati."
Reygan beneran pergi ke rumah itu. Dia lari-lari kecil terus kakinya kotor karena nginjek genangan air. Sampe depan rumah, keliatannya sepi banget.
"Kayaknya gak ada orangnya," katanya tapi tetep copot sendal terus ngetuk pintu sambil teriak-teriak karena suaranya pasti gak kedengeran karena hujan. "Permisi, Ibu! Gan-gan mau minta tolong!"
Tapi gak ada yang nyahut, dia liat ke abangnya yang nyuruh dia kembali aja.
Pas nyampe depan abang, Reygan bilang, "Gak ada yang jawab." Mata dia udah berkaca-kaca lagi. Reygan gak tega juga liat abangnya udah kedinginan karena bajunya basah.
"Ya udah, tungguin aja nanti pasti ada orang lewat," kata Raykan sambil genggam tangan adeknya.
Reygan malah nangis kejer sambil minta maaf karena bikin abangnya kejebak di sini. Dia maksa pengen meluk Raykan di sini walau Raykan uda nyuruh dia duduk di kursi sana biar gak kebasahan.
Untungnya udah gak kedengeran suara guntur tapi hujannya makin deres. Raykan khawatir hujan gak berhenti terus khawatir juga Bunda nyariin mereka. Dia gak tau posisinya sekarang ada dimana.
Punggungnya basah karena air hujan, baju depannya basah karena air mata Reygan. Dia juga takut, tangannya perih dan kesemutan, dia peluk adeknya pake satu tangan.
"Jangan nangis, kan yang kejebak abang ini."
"Maaf gak bisa lepasin tali itunya," ujar Reygan sambil senggukan.
"Gak mau. Dimaafinnya nanti di rumah aja."
Reygan ngerengek sambil ngeratin pelukannya. Kepalanya geleng-geleng maparin ingusnya ke baju Raykan. Mereka jadi duduk di tanah yang udah mulai lembab basah. "Abang ih!"
See you asap!
24/06/18
KAMU SEDANG MEMBACA
11-17 The Adhitama
Teen Fiction[The cup of tea] Ini kompilasi tingkah si kembar, yang katanya: saudara kembar itu barang kembar, sifat kembar, baju kembar, hobi kembar, sepatu kembar, artis idola kembar. "Heh, siapa yang bilang kalo kembar selalu kembaran? Sini gua gelitikin empe...