Raykan: Home Alone 2

209 14 10
                                    

"Nanti sore gue mau main."

Bukan 'iya', 'oke', atau 'terserah' yang Raykan denger tapi suara dengkuran yang jadi jawabannya.

Raykan liat ke bawah, terus tepuk pramuka di pipi adeknya. Pelan kok, pake perasaan, soalnya lagi gak semangat gini.

Tidak terduga dan diduga-duga kalo ternyata adeknya udah tidur pules lagi. Bener-bener pelor itu bocah.

Raykan hela napas, Reygan itu tidurnya suka gak inget dunia. Dibanguninnya harus jangan pake perasaan kayak Bunda. Tapi ini Raykan, si paling gak tegaan ke adeknya. (Kadang-kadang)

Jadi dibiarin lah adeknya tidur di pahanya walau sebenernya posisi ini gak nyaman buat dia. Bukan tepat di paha juga, di pangkal pahanya. Deket anu.

Punggungnya setengah rebah di kursi terus Reygan dengan seenak pipinya malah numpang rebahan di atas tubuhnya. Pegel men.

"Kalo lagi tidur kan lucu gini, kenapa pas bangun suka ngereog, sih?" Monolog Raykan sambil ngusap-ngusap rambut si adek.

Kamera hp diarahin ke wajah adeknya, ambil foto sekali, duakali, tigakali buat senjata membuli Reygan. Gak lupa pamer dulu ke dunia, selesai, terus hpnya dianggurin.

Raykan milih nonton tv aja mumpung ada kartun, itung-itung ngalihin dari rasa pegel punggungnya.

Beberapa kali juga suara dengkuran  kedengeran, Raykan suka ketawa sendiri dengernya. Entah bener atau enggak, tapi Raykan sering mergokin si adek itu suka ngorok kalo udah bobo sama dia.

Maksudnya setiap mereka tidur bareng atau kayak gini pasti Reygan bakalan ngorok. Tapi kalo tidur sendiri-sendiri mah enggak.

Pernah atau sering Raykan bolak-balik kamar adeknya pas subuh-subuh buat minjem barang si adek dan Raykan gak pernah denger tuh suara ngorok. Aneh, 'kan?

Terus Ayah juga pernah nyiduk hal itu, katanya, "Adekmu itu, kalo tidurnya bareng kamu kalo ada gempa pun, tenang-tenang wae."

Raykan ngangguk setuju waktu itu. Bunda yang enggak setuju ngasih cap tangan sebagai tanda kasih dan sayang di paha Ayah.

"Ya, harus bangun! Abangnya harus bangunin, jangan ditinggalin gitu aja. Awas lho, bang!"

Lagi, Raykan cuma ngangguk-ngangguk menyetujui. Ya kali aja Bun, adek cetakan kembar satu-satunya di dunia bakalan Raykan tinggalin kalo ada gempa.

Raykan itu, walau gak pernah bilang secara serius, dia sayang banget sama Reygan. Kalo boleh jujur sih, Raykan gak mau bagi-bagi adeknya sama orang lain. Pisah sekolah aja sebenernya udah bikin Raykan galau berat. Hampir sebulanan dia galauin kemauan adeknya yang katanya pengen beda sekolah.

Liat adeknya yang sekarang udah biasa lagi sama dia bikin Raykan makin ngerasa bersalah. Coba dulu dia gak terlalu ikut campur saat masa labil adeknya, mungkin sekarang mereka bisa satu sekolahan.

Raykan yang dulu itu posesif sekali sama adeknya. Main kemana-mana pasti Raykan selalu ikut. Di sekolah aja Raykan selalu jadi ekornya Reygan.

Bukan hanya itu, sebenernya sekolah menengah mereka itu masih menetapkan sistem pengelompokan siswa berdasarkan nilai. Raykan tentu menjadi salah satu siswa dengan nilai yang di atas rata-rata sedangkan Reygan ya ... rata-rata. Jadi mereka akan pisah kelas. Tapi saking mau barengan terus, Raykan minta sama Ayah kalo dia mau satu kelas bareng Reygan. Pihak sekolah agak berat menyetujuinya tapi the power of orang dalam bisa ngalahin itu semua.

Kalo Reygan sih awalnya ya setuju.

Satu semester, dua semester, dan akhirnya mereka naik ke tingkat dua. Reygan mohon-mohon sama Bunda biar abangnya harus di kelas yang seharusnya. Kalo enggak, Reygan mau mogok sekolah katanya, awalnya mau mogok makan tapi Reygan kan tipe perut baperan.

Liat makanan = wajib nyicip makan.





See u asap!

Double up=sogokan>minta maaf, ehe
Btw hasil foto abang ada di ig justea.tik, kepoin gih.
-🍵

11-17 The AdhitamaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang