Nyasar

180 17 15
                                    

Reygan yang mau, Raykan yang eksekusi. Udah biasa kayak gini dari kecil. Udah jadi kebiasaan sampe mereka gede.

Waktu kecil dulu mereka itu masih akur, gak jaim kaya sekarang. Mereka masih manis-manisnya walau asem dikit kadang-kadang.

Sampe suatu hari, ketika Ayah ngajak mereka liburan di rumah Nini yang ada di kampung. Waktu itu usia si kembar masih 6 atau 7 tahun. Pokonya pipi mereka masih ngembang lucu, tubuhnya pendek gemesin, terus kakinya gak bisa berhenti gerak. Waktu mereka mulai bandel-bandelnya sampe ke si abang pun sama aja.

Pagi-pagi di rumah Nini itu dingin buat si kembar. Lokasinya di dataran tinggi, kampung yang lingkungannya masih asri oleh hutan, tapi tetap padat penduduk.

Habis mandi, wangi, dan sarapan, mereka maksa mau pergi keluar. Jalan-jalan nyusurin jalanan kampung. Bunda yang denger anaknya mulai tantrum cuma bisa sabar.

"Bunda nyuci dulu, nanti kalo udah selesai kita jalan-jalan, ya? Nanti bareng juga sama Ayah."

"No! Mau sekarang Bunda. Itu bayi aja udah jalan-jalan!" Reygan nunjuk orang yang lagi gendong bayi di jalan. Orang itu senyum ke arah Bunda lalu lanjut jalan soalnya bayinya mulai nangis.

"Bunda, Abang juga mau jalan-jalan." Kali ini Raykan yang ikut ngerengek, tangan mungilnya megangin baju daster si Bunda.

"Bun, ayoo," ajak Reygan yang matanya udah berkaca-kaca.

"Nanti, sayang. Bunda nyuci baju sebentar aja, ya?"

Bunda sebenernya lagi gak enak badan. Badannya lemes, udah jarang kena angin dingin kampung malah makin bikin pusing. Si Ayah lagi anter Nini ke sawah jadi gak bisa minta bantuan dulu.

Sekarang malah Reygan udah nangis, Raykan juga cemberut karena keinginan mereka gak dituruti. Bunda sebenarnya cuma lagi ngulur waktu sampe si Ayah datang, biar dia yang ajak jalan-jalan. Biasanya si kembar nurut tapi sekarang bujukan apapun gak mempan.

"Adek, Bunda harus beresin dulu kerjaan rumah. Biar adek sama abang betah bobo di sini, biar gak ada nyamuk kayak kemarin."

Bunda meluk Reygan yang masih terisak tangis, tangannya usapin air mata yang bocor terus dari mata bulet si adek.

"Adek bisa main dulu sama Abang, ya Bang?" Bunda berharap banget sama si sulung. Biasanya dia yang bisa diandelin kalo kembarannya tantrum gini.

"Oke, Bunda tapi jangan lama-lama."

Raykan jongkok depan adeknya yang masih dipangku Bunda. Tangannya usap-usap rambut, terus bilang, "Cup, cup. Tunggu bentar lagi, nanti kita jalan-jalan." Ajaibnya si Reygan ngangguk terus cium pipi Bunda.

Akhirnya Bunda bisa bernapas lega.

Reygan ngucek-ngucek matanya tapi ditahan sama abangnya. Kemudian dikasih tisu. "Jangan dikucek, nanti sakit. Sini dilap aja."

Raykan ajak adeknya duduk di teras terus ambil mainan yang mereka bawa dari rumahnya. Sesekali masih kedengeran isakan Reygan.

Mereka main dengan anteng. Tapi lama-kelamaan Reygan ngerasa bosen. Dia lempar mobil-mobilan kecil ditangannya terus berdiri.

"Ayo liat ikan!"

"Dimana?"

"Yang kemarin sama Ayah, mau ngasih makan lagi. Ayo, Bang!"

"Tunggu Bunda dulu, kata Bunda gak boleh pergi sendirian."

"Sebentar aja, nanti pulang lagi. Aku hapal jalannya kok!"

"Tapi-"

"Lama, ah! Aku pergi sendiri aja deh."

Raykan panik liat adeknya udah pergi ke jalan. Dirinya bingung harus bagaimana. Ini mainannya belum diberesin, kalo Bunda tau mereka bisa dimarahin. Tapi Reygan udah berangkat sendiri, Raykan gak mau ditinggal Reygan. Adeknya masih kecil nanti kalo kenapa-kenapa, Raykan turun jabatan dari abang.

Setelah berpikir kilat akhirnya Raykan mutusin buat nyusul adeknya. Mainannya nanti diberesin pas mereka pulang aja, kata Reygan kan sebentar doang.

"Gan-gan, tungguin!"

Kaki kecil Raykan lari-lari ngejar Reygan yang sekarang lagi jongkok ngelus-ngelus kucing. "Iya, cepet sini!"

Pas nyampe Raykan juga ikutan jongkok, "Itu kotor enggak?" tanyanya ngelihatin tangan mungil adeknya yang pegang-pegang kepala si kucing.

"Enggak, tuh." Reygan nunjukin telapak tangannya ke Raykan, buktiin kalo tangannya masih bersih.

Setelah itu mereka sibuk ngelus-ngelus kucingnya.

"Kamu beneran hapal jalannya? Nanti kalo Bunda cari kita gimana?" Raykan sebenernya khawatir, kalo Bunda tau mereka pergi tanpa izin gini pasti mereka bakalan dihukum

"Aku hapal, Reygan gituloh!"

Setelah itu mereka jalan lagi, ngikutin Reygan yang katanya hapal jalannya kemana buat ke kolam ikan yang kemarin mereka singgahi.

Sebenernya Raykan agak ragu, dari tadi mereka jalan cuma ngikuti  jalan, ada belokan ya belok kalo enggak ada lurus aja. Reygan tenang-tenang aja, dia jalan sambil nyanyi pada hari minggu.

"Gan?"

"Hm?"

"Kayaknya belok ke sini." Reygan cuma bilang oh terus ikutin arah yang Raykan tunjuk.

Jalan cukup sepi karena hari masih cukup pagi buat anak-anak seumurannya main. Mereka terus jalan kadang disapa orang yang lewat juga atau nyapa orang yang lagi sapu-sapu halaman rumah.

Reygan yang sering nyapa, dia umbar senyum 5 jari setiap ketemu orang.

"Kok gak sampe-sampe ya? Aku capek," kata Reygan pas mereka ada di perempatan jalan. Rumah udah mulai jarang terlihat tapi ada rumah yang pinggirnya bengkel di kanan jalan.

Reygan jongkok sambil ngamatin sekelilingnya yang penuh pohon sama tumbuh-tumbuhan. Hari udah mulai panas. Reygan capek sama haus.

"Duduk di sana aja," ujar Raykan sambil narik tangan adeknya. Mereka duduk di kursi panjang yang ada di depan bengkel.

Bengkelnya tutup, gak ada orangnya tapi ada kucing abu.

"Kayaknya salah jalan, Gan. Istirahat sebentar nanti balik lagi, tanya sama orang aja, ya?" usul Raykan tapi gak digubris sama adeknya. Udah sibuk sama kucing.

Raykan hela napas. Dia juga capek jalan jauh gini. Mana enggak ada orang, takut juga Bunda tau kalo mereka kabur. Kasian adeknya, keringatnya udah banjir sama kakinya pasti pegel. Mau dia gendong tapi gak kuat.

Istirahat bentar aja di sini habis itu mereka harus putar balik. Raykan yakin pasti mereka bisa.


See you asap!
24/06/12

11-17 The AdhitamaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang