Persepsi.
Kata Soren hidup itu dibagu menjadi tiga tahap salah satunya tahap estetika. Sungguh menyebalkan bila hanya hidup untuk menyenangkan yang fana. Maka itu, merenung dan perenungan itu perlu.
Ku merasa setelah membaca Dunia Sophie ini adalah titik balik aku belajar dengan baik tentang filsafat dan kehidupan nantinya. Bahkan tentang romantika hingga perjuangan kelas. Aku masih mulai dan sedang menyusun rencana itu. Semoga semua bisa berjalan sebagaimana adanya. Aku berharap sebenarnya terlalu berlebihan, karena aku hanya melakukan dan merencanakan. Hidup ini cukup rumit, dan aku perlu berbagai macam lenca untuk melihatnya sesuai dengan kondisinya saat itu.
AKu tidak takut, semakin aku tenggelam untuk mengerti apa agama dan moral hingga berkelidan dalam semua aksara yang sudah tertulis dibanyak percetakan. Bagaimana aku membaca cara berpikir dengan hanya bertanya saja seperti Socrates. Dan menariknya Hegel mengajarkan soal tesis dan antitesis yang melahirkan dialetika. Dan aku mulai tertarik sungguh untuk membaca buku Madilog nya Tan Malaka.
Dari Dunia Sophie aku belajar dan mulai punya susunan yang pas sebagai pondasi untuk mengenal dunia lebih luas. Iya, kita perlu cukup tenang untuk menyikapi hal yang tidak terlalu penting, seperti ajaran Stoik. Menarik bukan bisa mengenal banyak tokoh dan mengetahui bagaimana keterhubungan itu terjadi. Seperti kata Almanak, kita tidak bisa menolak untuk mempengaruhi orang lain karena tanpa disengaja pun kita adalah pemimpin.
Okeh karena itu belajar tentang filsafat, agama, dan kebudayaan akan menjadikan lebih bijak mungkin nanti. Dan ku kira diusia 27 tahun nanti aku akan sangat matang untuk membawamu ke langit dan membumi seketika. Dan aku yakin saat ini adalah waktu yang tepat untuk kita bisa belajar bersama. Bila kamu suka ke arab - araban tidaklah masalah. Hanya saja jangan menolak sesuatu yang baru yang kamu tidak bisa berargumen atasnya. Lihatlah, mukin indra menipumu mungkin juga pikiranmu yang menghasutmu. Tapi, senja adalah senja. Atau itu hanya pikiran kita. Atau memang kamu jodohku.
KAMU SEDANG MEMBACA
KISAH 100 HARI
FanfictionTulisan ini adalah tentang perasaan yang hadir dan mengusik pikiran. Entah itu tentang suka, duka, bahagia bahkan keabsurd-an. Aku mencoba untuk merekam apa yang bisa ditulis dalam #100 hari kedepan. Tidak ada pemeran utama, kecuali perasaan ini. D...