Halaman 1

76 9 7
                                    

Kalian pernah ngerasa kayak lagi dengerin musik yang muter terus di kepala lo? Bukan musik yang bisa dinyanyiin atau diputer di radio, tapi lebih kayak simfoni senja yang terus menerus bergetar di hati. Kadang rasanya kayak semua nada itu berbicara langsung ke diri lo, nanyain, "Apa sih arti dari semua ini?"

Gue nulis buku ini bukan karena gue punya semua jawaban tentang hidup. Gue bukan seorang motivator atau guru kehidupan. Gue cuma pengen berbagi cerita, curhat tentang apa yang gue rasain setiap hari. Tentang bagaimana rasanya terjebak di antara harapan dan kenyataan, di antara mimpi dan ketidakpastian.

Pernah nggak sih, lo bangun pagi dan merasa kayak hari ini nggak bakal lebih baik dari kemarin? Lo ngeliat cermin dan ngerasa kayak lo cuma bayangan yang lewat tanpa arti? Gue sering banget ngerasa gitu. Kayak hidup gue cuma sekadar rutinitas yang monoton – sekolah, kerja, tidur, ulang lagi. Dan di antara semua itu, ada momen-momen yang bikin lo ngerasa kayak lo lagi jalan sendirian di jalanan yang sepi.

Malam-malam panjang yang gue habisin dengan cuma merenung dan ngelamun, kadang bikin gue bingung. Di saat-saat kayak gitu, semua pertanyaan tentang hidup datang berbarengan – "Apa yang gue cari di hidup ini? Kenapa gue merasa kayak semua ini sia-sia?" Rasa kegalauan itu kadang bikin gue pengen nulis di tembok, biar ada yang tau kalau gue lagi berjuang dalam keheningan.

Di luar sana, mungkin banyak yang lagi ngerasain hal yang sama. Kadang lo dikelilingi oleh orang-orang yang kelihatannya bahagia dan sukses, sementara lo sendiri ngerasa kayak lo cuma numpang lewat. Tapi percaya deh, di luar sana, ada banyak orang yang lagi ngerasain kegalauan yang sama, yang bingung dengan apa yang mereka inginkan dari hidup mereka.

Gue harap, lewat halaman-halaman buku ini, lo bisa ngerasa kayak gue ngomong langsung ke lo. Tentang pengalaman yang gue lalui, tentang kegagalan, dan juga tentang pencarian makna hidup. Semoga lo bisa menemukan sesuatu yang bisa bikin lo merasa lebih baik, atau setidaknya, bikin lo ngerasa kalau lo nggak sendirian dalam perasaan ini.

Selamat datang di Simfoni Senja. Ini adalah perjalanan gue dan mungkin juga perjalanan lo. Mari kita mulai bab ini bareng-bareng, dan semoga, di akhir perjalanan ini, kita bisa dapetin sesuatu yang lebih dari sekadar jawaban. Kadang, yang penting bukan hasil akhirnya, tapi perjalanan yang kita lewati.

Simfoni SenjaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang