Dear Diary,
Hari ini rasanya aku jatuh lagi. Entah sudah berapa kali aku merasa seperti ini, tersandung oleh harapan yang belum tercapai, oleh mimpi yang masih terasa jauh dari genggaman. Rasanya seperti berjalan di atas jalan yang penuh duri, dan setiap kali melangkah, ada saja yang membuatku terhenti.
Tetapi di saat-saat seperti ini, aku ingat sesuatu yang pernah seseorang katakan padaku: "Jatuh itu bukan akhir dari segalanya, justru itu tanda bahwa kamu sedang mencoba untuk berdiri." Mungkin benar, karena apa artinya hidup jika tidak pernah merasakan jatuh? What does it mean to succeed if you've never known failure?
Aku pernah dengar bahwa hidup ini bukan tentang berapa kali kita jatuh, tapi tentang bagaimana kita bangkit setiap kali terjatuh. Mungkin saat ini, terasa berat, seakan-akan dunia sedang menguji seberapa kuat diriku, seberapa tangguh aku menghadapi badai yang datang. Tapi aku tahu, meskipun jatuh itu sakit, aku punya pilihan untuk tetap di bawah atau bangkit lagi dan lagi.
Kadang-kadang, aku berpikir bahwa setiap jatuh adalah kesempatan yang diberikan oleh semesta untuk belajar. To learn from mistakes, to grow stronger, to become a better version of myself. Setiap kali aku terjatuh, ada pelajaran yang bisa aku ambil, meski itu kecil sekali. Dan itu cukup, karena dari setiap pelajaran kecil itu, aku bisa membangun diriku yang lebih tangguh, lebih siap menghadapi apa pun yang datang.
Aku tahu perjalanan ini tidak akan pernah mudah. Akan ada saat di mana aku merasa hilang, merasa sendirian, merasa lelah dan ingin menyerah. Tapi aku juga tahu bahwa menyerah bukanlah pilihan. Life will knock me down, again and again, but I refuse to stay down. Karena setiap kali aku bangkit, aku merasa sedikit lebih kuat, sedikit lebih percaya diri. Dan aku tahu, dengan setiap langkah yang aku ambil, aku semakin mendekati tempat di mana aku seharusnya berada.
Hari ini, aku memilih untuk percaya bahwa setiap jatuh adalah kesempatan, bukan kegagalan. It's a chance to start over, to rethink, to rebuild. Mungkin ini bukan tentang seberapa cepat aku mencapai tujuanku, tapi tentang seberapa konsisten aku berjuang, seberapa keras aku berusaha untuk bangkit setiap kali terjatuh.
Jadi, aku akan bangkit lagi, seperti matahari yang selalu terbit di pagi hari setelah malam yang panjang. Aku akan mencoba lagi, berjalan sedikit lebih jauh, melangkah sedikit lebih kuat. Because every fall is a test of my spirit, and I am determined to pass it.
Terima kasih, diary, untuk menjadi tempatku menulis segala kegundahan ini. Dan jika besok aku jatuh lagi, aku tahu aku akan kembali ke sini, menulis, dan bersiap untuk bangkit lagi. Karena aku tahu, di setiap jatuh, ada kesempatan untuk menjadi lebih baik. There's always a new beginning in every fall.
Dan aku akan terus berjalan, apapun yang terjadi. Selalu.
KAMU SEDANG MEMBACA
Simfoni Senja
PoetrySimfoni Senja - Lo pernah ngerasa hidup kayak soundtrack film yang terus berputar tanpa henti? Buku ini bakal ngajak lo menyelami simfoni kegalauan dan harapan yang bikin lo mikir, "Apa sih sebenernya arti semua ini?" Gak cuma sekadar buku motivasi...