Halaman 55

9 2 1
                                    


Lo Miskin? Jangan Bikin Mimpi Lo Ikut Miskin!

Sering kali, kita merasa rendah diri karena kondisi finansial yang enggak mendukung. Kadang, lo ngerasa kayak dunia udah gak adil banget sama lo, seolah-olah semua jalan tertutup hanya karena dompet yang gak tebel. Tapi, coba deh berhenti sebentar dan pikirin: "Apa benar mimpi lo juga harus miskin cuma karena lo enggak punya uang?"

Gini ya, bro/sis. Hidup tuh bukan soal seberapa banyak uang yang lo punya sekarang. Tapi, seberapa besar kemauan lo untuk melawan batasan yang ada. Banyak orang sukses yang lahir dari situasi yang sama sekali enggak menguntungkan. Mereka berangkat dari titik nol, dari titik di mana orang lain menyerah.

Mau tau kenapa? Karena mereka gak biarin kondisi jadi penghalang buat meraih apa yang mereka mau. Mereka tahu satu hal: uang bisa jadi hambatan, tapi "semangat gak bisa dibeli."

Lo mungkin mikir, "Ya, gampang ngomong gitu, tapi kenyataannya susah, men!" Ya, of course it's hard! Kalau mudah, semua orang udah jadi sukses. Dunia ini emang keras, dan dia gak akan nungguin lo. Jadi, stop pitying yourself. Stop ngasih excuse kalau hidup ini gak adil. Justru, jadikan itu alasan buat lo lebih kuat.

Lo punya "otak" yang lebih mahal daripada apapun. Lo punya "tangan" dan "kaki" yang bisa lo gerakin buat ngejar apa yang lo mau. Lo gak butuh jadi miliarder buat mulai belajar, buat mulai usaha. Lo butuh tekad, disiplin, dan keyakinan kalau lo juga bisa.

Pikirkan ini: "Uang bisa habis, tapi ilmu dan pengalaman gak pernah bakal lari dari lo." Mereka yang bener-bener sukses gak ngitungin berapa duit yang mereka punya di awal, tapi seberapa keras mereka berusaha dan seberapa jauh mereka mau belajar.

So, next time ketika lo ngerasa terpuruk karena kekurangan uang, ingat: "Lo mungkin miskin di rekening, tapi jangan sampai miskin di mindset." Uang lo bisa kosong, tapi jangan biarkan kepala dan hati lo ikut kosong. Lo bisa enggak punya apa-apa hari ini, tapi kalau lo punya mimpi yang besar dan keberanian buat ngejar, percaya deh, the world is yours for the taking.

Sekarang, pilihannya ada di tangan lo: "Mau tetap di situ dan nyalahin keadaan, atau lo mau bangkit dan buktiin kalau mimpi lo gak perlu ikut miskin?" Up to you.

Just remember: "No one will do it for you." Fight for it!

Simfoni SenjaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang