Ada kalanya, kita merasa terjebak dalam labirin perasaan yang kita buat sendiri. Misalnya, saat kita terlalu fokus pada masa lalu, atau terus-terusan memikirkan kesalahan dan keputusan yang mungkin udah kita ambil. Kita seringkali terjebak dalam lingkaran yang bikin kita sulit untuk bergerak maju.
Ketika lo terus memikirkan apa yang udah terjadi atau apa yang mungkin bisa terjadi di masa depan, lo malah sering lupa untuk menghargai momen saat ini. Kadang, kita terlalu khawatir tentang masa depan sehingga kita melupakan keindahan dari saat ini. Padahal, hari ini adalah hadiah yang berharga, yang bisa lo manfaatkan untuk membuat perubahan dan mengalami hal-hal baru.
Gue ngerti, gak mudah untuk berhenti memikirkan hal-hal yang udah berlalu atau yang belum terjadi. Tapi, kadang lo perlu ingat bahwa masa lalu sudah lewat dan masa depan belum ada. Yang ada hanya sekarang. Dan dalam saat ini, lo punya kekuatan untuk membuat keputusan yang akan mempengaruhi hidup lo ke depan.
Salah satu cara untuk mengatasi perasaan terjebak adalah dengan belajar untuk memaafkan diri sendiri. Kadang kita terlalu keras pada diri kita sendiri, terlalu banyak menuntut agar segala sesuatunya sempurna. Tapi ingatlah, gak ada yang sempurna dalam hidup ini. Yang penting adalah bagaimana kita belajar dari pengalaman dan tumbuh menjadi lebih baik.
Cobalah untuk fokus pada apa yang bisa lo kontrol. Mulailah dengan hal-hal kecil yang bisa membuat lo merasa lebih baik. Entah itu mulai rutinitas baru, berbicara dengan seseorang yang lo percayai, atau sekadar meluangkan waktu untuk diri sendiri. Hal-hal kecil ini bisa membantu lo untuk merasa lebih terhubung dengan diri sendiri dan dengan dunia di sekitar lo.
Dan ingat, gak ada salahnya untuk meminta bantuan. Terkadang, berbicara dengan seseorang bisa membantu lo melihat situasi dari sudut pandang yang berbeda. Lo gak harus melalui semuanya sendirian. Teman, keluarga, atau bahkan seorang profesional bisa membantu lo untuk mendapatkan kejelasan dan dukungan yang lo butuhkan.
Saat lo merasa terjebak, ingatlah bahwa setiap hari adalah kesempatan baru untuk memulai lagi. Lo punya kekuatan untuk memilih bagaimana lo ingin menjalani hari ini. Dan meski perjalanan lo mungkin gak selalu mulus, setiap langkah yang lo ambil menuju perubahan adalah langkah menuju kemajuan.
KAMU SEDANG MEMBACA
Simfoni Senja
PoetrySimfoni Senja - Lo pernah ngerasa hidup kayak soundtrack film yang terus berputar tanpa henti? Buku ini bakal ngajak lo menyelami simfoni kegalauan dan harapan yang bikin lo mikir, "Apa sih sebenernya arti semua ini?" Gak cuma sekadar buku motivasi...