Dalam kehidupan ini, pasti ada saat-saat ketika kita bertanya pada diri sendiri, "Kenapa harus aku?" Momen-momen ketika beban terasa terlalu berat, ketika tantangan yang datang seakan menumpuk tanpa henti, dan ketika dunia seolah-olah menuntut lebih dari apa yang kita miliki. Rasa lelah, frustasi, bahkan marah, semua bercampur menjadi satu, dan pertanyaan itu pun muncul tanpa bisa dihindari.
"Kenapa harus aku?" mungkin terdengar seperti sebuah keluhan, tapi di baliknya ada rasa ingin tahu yang dalam. Rasa ingin tahu tentang kenapa kita harus menghadapi semua ini, kenapa kita yang dipilih oleh semesta untuk menjalani cobaan ini. Kadang, rasanya seperti sebuah hukuman yang tidak adil, seolah kita dituntut untuk menyelesaikan masalah yang lebih besar dari kemampuan kita.
Tapi apa lo pernah berpikir bahwa mungkin, hanya mungkin, lo dipilih untuk melewati ini semua karena lo mampu? Karena di balik setiap "kenapa harus aku?" ada kekuatan yang tersembunyi, ada potensi yang mungkin belum lo sadari. Mungkin ini adalah cara semesta memberitahu lo bahwa lo lebih kuat dari yang lo kira, bahwa di dalam diri lo ada sesuatu yang luar biasa yang belum lo temukan.
Setiap orang memiliki perjalanannya masing-masing, dan tidak ada perjalanan yang sepenuhnya sama. Kita mungkin melihat orang lain menjalani hidup mereka dengan mudah, seolah-olah mereka tidak pernah harus menghadapi cobaan yang berat. Tapi kenyataannya, setiap orang memiliki beban mereka sendiri, dan setiap orang memiliki momen "kenapa harus aku?" mereka sendiri.
Namun, perbedaan yang membuat setiap cerita unik adalah bagaimana kita menghadapi momen-momen tersebut. Ada yang memilih untuk menyerah, ada yang memilih untuk menghindar, dan ada yang memilih untuk bangkit dan melawan. Dan lo, yang bertanya "kenapa harus aku?" punya pilihan itu juga. Lo bisa memilih untuk melihat beban ini sebagai kutukan, atau lo bisa memilih untuk melihatnya sebagai kesempatan.
Kesempatan untuk tumbuh, untuk belajar, dan untuk menjadi lebih kuat. Setiap tantangan yang lo hadapi, setiap rintangan yang lo lalui, adalah bagian dari perjalanan lo menuju versi diri lo yang lebih baik. Dan mungkin, alasan kenapa lo harus melalui semua ini adalah karena lo ditakdirkan untuk menjadi seseorang yang lebih kuat, lebih bijak, dan lebih berani dari sebelumnya.
"Kenapa harus aku?" bukanlah pertanyaan yang mudah dijawab. Mungkin kita tidak akan pernah sepenuhnya tahu jawabannya. Tapi yang pasti, ada sesuatu yang hanya bisa lo temukan dengan melewati semua ini. Ada pelajaran yang hanya bisa lo pelajari dengan menghadapi cobaan ini. Dan ada kekuatan yang hanya bisa lo temukan dengan bertahan di tengah badai.
Mungkin saat ini, rasanya tidak adil. Mungkin rasanya terlalu berat. Tapi percayalah, lo tidak sendirian. Ada banyak orang di luar sana yang juga bertanya "kenapa harus aku?" Mereka mungkin tidak berkata apa-apa, mungkin mereka tidak menunjukkannya, tapi mereka ada. Dan mereka juga sedang berjuang, sama seperti lo.
Ketika lo merasa lelah dan frustasi, ingatlah bahwa lo sudah sejauh ini. Lo sudah melewati banyak hal, lebih dari yang lo kira. Setiap langkah yang lo ambil, setiap keputusan yang lo buat, membawa lo lebih dekat ke jawaban dari pertanyaan itu. Dan pada akhirnya, lo akan menemukan bahwa jawabannya bukan tentang kenapa, tapi tentang bagaimana lo menghadapi semuanya.
"Kenapa harus aku?" mungkin tidak akan pernah mendapatkan jawaban yang memuaskan. Tapi selama lo terus berjalan, terus berjuang, lo akan menemukan kekuatan yang lo butuhkan untuk melewati semuanya. Dan mungkin suatu hari nanti, lo akan melihat ke belakang dan tersenyum, karena lo akan menyadari bahwa lo telah menjadi seseorang yang luar biasa.
Pada akhirnya, mungkin lo akan menyadari bahwa "kenapa harus aku?" bukanlah sebuah keluhan, tapi sebuah tantangan. Tantangan untuk menemukan siapa lo sebenarnya, tantangan untuk menemukan potensi lo yang sesungguhnya, dan tantangan untuk menjadi versi terbaik dari diri lo.
KAMU SEDANG MEMBACA
Simfoni Senja
PoetrySimfoni Senja - Lo pernah ngerasa hidup kayak soundtrack film yang terus berputar tanpa henti? Buku ini bakal ngajak lo menyelami simfoni kegalauan dan harapan yang bikin lo mikir, "Apa sih sebenernya arti semua ini?" Gak cuma sekadar buku motivasi...