Gue tahu, lo mungkin sering ngerasa kayak lo udah berusaha semaksimal mungkin, tapi hasilnya belum juga keliatan. Lo merasa kayak udah gagal, padahal sebenarnya, lo cuma malas. Yup, lo dengar yang bener, malas. Gak ada yang namanya gagal kalau lo sendiri belum bener-bener berusaha keras.
Jangan berpura-pura jadi korban keadaan. Kalau hasil yang lo dapetin belum sesuai harapan, itu bukan berarti lo gagal, melainkan lo belum berusaha maksimal. Jangan terus-terusan nyalahin situasi atau orang lain. That's just an excuse. The real problem is you. Ya, lo yang malas.
Pernah nggak lo ngerasa punya potensi gede tapi tetap aja stuck di tempat? Seringnya sih karena lo nggak serius. Lo mungkin berpikir, "Gue udah nyoba, tapi kenapa hasilnya gitu-gitu aja?" Itu karena lo belum fully committed. Lo cuma nyoba sedikit dan nyerah ketika hasilnya belum sesuai harapan. Lo bilang itu gagal, padahal itu adalah akibat dari usaha lo yang setengah-setengah.
Malas itu bentuk kemalasan berpikir. Lo harus sadar, kalau lo mau dapetin sesuatu yang luar biasa, lo harus siap berusaha lebih dari biasanya. Jangan harapin hasil yang maksimal kalau usaha lo aja minimal. Jangan cuma ngandelin niat baik tanpa action yang nyata.
Lo tahu apa bedanya antara orang yang sukses sama yang gagal? It's the level of effort. Orang yang sukses itu bukan yang nggak pernah gagal, tapi yang terus berusaha meskipun gagal. Mereka nggak takut untuk gagal, karena mereka tahu bahwa setiap kegagalan adalah bagian dari proses menuju kesuksesan.
Jadi, jangan cuma duduk manis sambil nyalahin keadaan. Jangan terus-terusan nyari alasan kenapa lo belum sukses. Bangkit dari zona nyaman lo dan tunjukkan bahwa lo lebih dari sekadar kata-kata. Tindakan lo yang menentukan hasil, bukan sekedar niat lo yang bagus.
Ingat, kesuksesan itu bukan soal seberapa banyak lo berdoa, tapi seberapa banyak lo berusaha. Lo pengen hasil yang spektakuler? Lo harus siap melakukan usaha yang spektakuler juga. Jangan membiasakan diri dengan mentalitas setengah-setengah.
Kalo lo ngerasa udah gagal, coba tanya diri lo sendiri: "Apa gue udah ngasih yang terbaik?" Kalau jawabannya enggak, berarti lo bukan gagal, lo cuma malas. Stop kidding yourself. Berhenti jadi penonton dalam hidup lo sendiri dan mulai jadi pemain utama yang beraksi.
Kalau lo mau jadi yang terbaik, lo harus siap berjuang lebih keras daripada yang lain. Berhenti mengeluh, berhenti mencari alasan, dan mulai bertindak dengan sepenuh hati. Tunjukkan bahwa lo lebih dari sekadar omong kosong. Tunjukkan bahwa lo bisa mencapai apa yang lo impikan dengan usaha dan ketekunan.
Hidup lo adalah hasil dari apa yang lo lakukan, bukan dari apa yang lo katakan. Jadi, mulailah bertindak, berusaha lebih keras, dan buktikan bahwa lo lebih dari sekadar malas. Buktikan bahwa lo punya tekad dan semangat yang nggak akan pernah pudar.
Lo bukan gagal, lo cuma malas. Dan malas itu bisa diubah dengan kerja keras. Jadi, get up and start grinding. Karena hasil terbaik datang dari usaha terbaik. Jangan pernah biarkan malas menghalangi mimpi lo.
KAMU SEDANG MEMBACA
Simfoni Senja
PoetrySimfoni Senja - Lo pernah ngerasa hidup kayak soundtrack film yang terus berputar tanpa henti? Buku ini bakal ngajak lo menyelami simfoni kegalauan dan harapan yang bikin lo mikir, "Apa sih sebenernya arti semua ini?" Gak cuma sekadar buku motivasi...