Halaman 13

6 2 0
                                    


Kadang gue mikir, kenapa hidup itu bisa terasa begitu rumit? Di satu sisi, lo pengen semuanya berjalan lancar, tapi di sisi lain, ada aja hal-hal yang bikin lo terjatuh dan harus bangkit lagi. Lo mungkin ngerasa kayak hidup itu penuh dengan teka-teki yang nggak ada habisnya, dan setiap kali lo pikir udah dapet jawabannya, muncul lagi pertanyaan baru.

Pernah gak sih lo ngerasa kayak lo udah berusaha sekuat tenaga, tapi tetap aja hasilnya nggak sesuai harapan? Kayak lo udah nyoba berbagai cara, ngikutin saran orang-orang, tapi akhirnya malah nyasar ke jalan yang nggak jelas. Gue sering banget ngerasa kayak gitu. Kadang gue ngerasa terjebak di dalam lingkaran setan yang bikin gue muter-muter tanpa arah.

Malam-malam yang penuh kegundahan, di mana lo cuma bisa berbaring di kasur, memandang langit-langit kamar yang gelap, dan berpikir tentang keputusan-keputusan yang udah lo ambil. Lo ngerasa kayak segala sesuatu yang udah lo lakukan sia-sia, dan rasa ragu itu terus menghantui lo. Kenapa sih rasanya susah banget buat nemuin jalan keluar dari kebingungan ini?

Di tengah semua perasaan itu, ada satu hal yang gue coba ingat setiap hari – bahwa kegalauan itu bagian dari proses. Mungkin sekarang lo merasa tersesat, tapi setiap langkah yang lo ambil, setiap keputusan yang lo buat, adalah bagian dari perjalanan lo untuk menemukan siapa diri lo sebenarnya. Kadang, kita harus melalui kekacauan dan kesulitan untuk bisa melihat jelas jalan yang harus diambil.

Lo gak sendiri dalam perjuangan ini. Mungkin lo merasa kayak semua orang di sekitar lo nggak ngerti apa yang lo rasain, tapi percaya deh, di luar sana banyak orang yang lagi berjuang dengan perasaan yang sama. Kadang, kita perlu berhenti sejenak, menghela napas, dan ingat bahwa gak apa-apa untuk merasa bingung dan gak yakin. Itu adalah bagian dari perjalanan.

Jadi, mari kita terus maju. Meski kadang terasa berat, jangan pernah berhenti untuk mencari makna di balik semua kegundahan itu. Setiap kesulitan adalah kesempatan untuk belajar dan tumbuh. Dan mungkin, di tengah semua itu, kita akan menemukan sesuatu yang lebih dari sekadar jawaban – kita akan menemukan kekuatan untuk terus melangkah maju.

Simfoni SenjaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang