10. Paling Memahami

2 0 0
                                    

Foto soal matematika di atas adalah pembahasan Zia dan Radit. Terpaksa masukkin di situ, sampai sekarang aku juga bingung ada masalah apa ya di wattpad-ku? Dari kemarin2 pengen taro foto, tapi gak bisa, gak mau keupload gitu gambarnya. Tapi kalo ditaro di atas kayak begitu bisa. Hmm kira2 ada solusi gak?

Padahal aku mau posting foto cast2 nya 😔

Yaudah gitu aja cuap2nya

Happy reading...

****

Di atas kasur nan empuk sambil menghadap dua buah buku di depannya, Zia masih fokus pada layar ponsel di genggamannya sementara buku itu dicueki sejak setengah jam yang lalu. Zia melihat ulang foto selfi yang dia ambil saat mengerjakan tugas kelompok tadi siang di kelas. Sebenarnya, yang Zia fokuskan adalah sosok Radit. Itu foto bersama dengan semua anggota kelompok, tapi dia zoom hingga menyisakan dirinya dan Radit saja di dalam layar ponsel itu.

Zia tersenyum kala mengingat hal memuaskan yang dia lakukan hari ini. Berkat Radit, Zia bisa aktif mengerjakan tugas kelompok itu. Radit terus mengajaknya melakukan beberapa hal bersama. Seperti membuat hiasan dari kertas origami, mewarnai, dan apapun itu, Radit terus mengajaknya bicara dan meminta penadapatnya. Baru kali ini Zia merasa kerja kelompok tidak membosankan, bahkan lebih seru dibandingkan memainkan ponselnya.

Ting!

Sebuah pesan masuk.

"Akhirnya dibales!" decak Zia riang. Dia lekas membuka kolom chat-nya dengan Radit.

Radit :
Sorry, gue baru selesai ngerjain juga
Caranya mirip kok sama contoh soal yang di catatan

Zia membuka kembali buku catatan matematikanya, dan mencoba memahami contoh soal yang dimaksud Radit.

Zia :
Gue masih gak ngerti, cara dapat 3 itu gimana?

Radit :
🎙(Pesan suara)

Zia dengan semangat langsung mendengarkannya.

"Nih gue jelasin ulang, sambil lo perhatiin catatannya ya. Itu soalnya kan disuruh mencari berapa apotemanya. Nah coba garis-garis di dalam lingkaran itu lo hubungkan, yang titik A ke B ke D, bakal kebentuk jadi segitiga siku kan. Nah dari situ lo bisa gunain rumus Theorema Pythagoras buat nyari apotemanya, yaitu A ke D. A ke B itu diketahui ukuran jari-jari lingkaran, B ke D nya setengah dari panjang busur B ke C."

Zia :
Kayaknya gue emang payah banget matematika. Masih gak ngerti

Radit membalas lagi dengan video penjelasan yang dia rekam langsung.

Zia tak menduga, Radit benar-benar menjelaskan semuanya sedetail mungkin. Kali ini bahkan dia sangat mengerti.

Zia :
Makasih, Pak Guru, udah ngerti banget 🤩

Radit :
👍

Zia :
Maaf ngerepotin

Radit :
Gakpapa, gue seneng lo udah ngerti

Zia :
Iya, penjelasan lo lebih mudah dimengerti daripada penjelasan Pak Aris
Mending lo aja jadi guru matematika gue
Mau gak?
Please angkat gue jadi murid lo

Radit :
😂
Lo berat, gak kuat gue ngangkat

Zia :
Ih, gue serius 😤

Radit :
Gue becanda

Chat itu jadi berlanjut sambil Zia mengerjakan PR-nya. Radit banyak membantunya menjawab semua soal. Daripada memberikan jawaban, Radit selalu bersedia dengan sabar menjelaskan setiap pertanyaan Zia, bahkan dia benar-benar jadi bisa mengerti dengan apa yang dikerjakannya.

The AnthonymsTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang