Shen Yiguang mengikuti Kasim Zhang dan berjalan cepat di jalan menuju kamar tidur istana. Dia tiba-tiba menatap langit malam yang gelap di kejauhan. Berdasarkan intuisi tajam sang pejuang, dia mencium sesuatu yang tidak biasa di udara, seolah-olah sesuatu yang besar akan terjadi."Tuan Marquis, kami di sini."
Kasim Zhang, yang memimpin jalan, memiliki rambut beruban di pelipisnya. Dia membungkuk untuk membukakan pintu untuknya dengan susah payah, dan berkata dengan suara rendah: "Yang Mulia sudah menunggu di dalam."
Kali ini Shen Yiguang segera dikeluarkan dari kamar. Pemindahan rahasia dari luar bea cukai dan masuk ke istana tidak dapat diketahui oleh orang keempat, jadi semuanya dilakukan pada malam hari tanpa mengganggu siapa pun.
"Terima kasih." Dia mengangguk sedikit, mengangkat tangannya untuk merapikan pakaiannya, lalu melangkah masuk.
Pintu tertutup diam-diam di belakangnya, menghalangi suara deru angin di luar. Satu-satunya suara yang tersisa di ruangan itu hanyalah suara kecil api arang yang menyala.
Melihat pemandangan ini, Shen Yiguang merasa hatinya tenggelam.
Festival Pertengahan Musim Gugur baru saja berlalu bulan lalu, tetapi api sudah berkobar di Istana Zhengyang sekarang.
Berdiri di luar layar dengan kepala tertunduk, Shen Yiguang ragu-ragu apakah akan menyapa atau tidak. Tiba-tiba, dia mendengar batuk ringan dari dalam ruangan. Suaranya berlumpur, dan sepertinya ada dahak kental di tenggorokannya. Mendengar seseorang masuk, orang di belakang layar perlahan berkata:
"Apakah itu...Ping Zhao?" Shen Yiguang segera
menjawab: "Yang Mulia, Anda adalah menterinya."
dan hendak berlutut dan beribadah.
Tapi orang di balik layar berkata lagi: "Tidak perlu memberi hormat, masuk."
"Ya." Shen Yiguang berdiri, berjalan mengitari layar dan masuk.
Cahaya lilin di ruang dalam redup dan kabur, dan penglihatan Shen Yi yang luar biasa hanya bisa melihat lelaki tua yang mengenakan pakaian kuning cerah berbaring di tempat tidur, bersandar di sisi tempat tidur dengan mata setengah tertutup.
Siapa sangka inilah Yang Mulia Kaisar yang paling gagah berani dan mahir berperang di Dinasti Daye. Ia telah berkali-kali mengusir Tatar dan menaklukkan enam belas negara perbatasan. Dia berusia awal empat puluhan dan seharusnya berada di masa puncaknya, tetapi sekarang dia tersiksa oleh penyakit dan kurus seperti orang tua.
"Kemarilah." Kaisar yang sedang bersandar di tempat tidur membuka matanya. Dia linglung sejenak. Menggunakan cahaya api yang redup, dia memfokuskan matanya pada pemuda di depannya yang mengenakan pakaian hitam dan memiliki punggung yang tegak. Dia melambai padanya untuk maju.
Shen Yiguang kemudian mengambil beberapa langkah lebih dekat.
Kaisar tua, yang kesakitan, berjuang untuk duduk tegak, tetapi tubuhnya sangat lemah. Dia tersentak beberapa kali ketika dia bergerak, dan akhirnya berhasil duduk diam.
Matanya keruh dan dia tidak bisa lagi melihat dengan jelas apa yang terjadi di sekitarnya. Dia hanya bisa melihat jenderal muda di depannya dengan jelas. Mengetahui bahwa waktunya hampir habis, kaisar yang sekarat itu langsung ke pokok permasalahan.
Dia mengangkat lengannya dengan susah payah dan meraba-raba dinding di dalam kepala tempat tidur. Kemudian dia melenturkan jari telunjuknya dan mengklik titik tertentu sebanyak tiga kali.
Segera setelah itu, kotak persegi tersembunyi tiba-tiba muncul di dinding yang awalnya mulus dan mulus. Dengan tangan gemetar, dia mengeluarkan kotak di dalamnya dan menyerahkannya kepada Shen Yiguang. Matanya berangsur-angsur menjadi lebih serius dan fokus, mengamati keagungan seorang kaisar di masa lalu.
KAMU SEDANG MEMBACA
Menantu perempuan menjemput dari ladang
FantasyPenulis: Gu Qingci Jenis: fanfiksi Danmei Status: Selesai Yang lain melakukan perjalanan melalui darat setiap hari, tetapi Qiao Xi melakukan perjalanan melalui darat setiap hari. Setelah belajar keras selama bertahun-tahun, dia akhirnya lulus ujian...