Liburan Tahun 2036

14 5 1
                                    

Hari ini Semua Tim Management Coco Edukasi Indonesia menghabiskan liburan mereka di Taman Wahana air. Tempat itu mempunyai kolam renang yang sangat luas dan banyak. Nampak juga kak Eru dan Kak Sabillah yang asik duduk berdampingan di pinggir kolam renang sambil mencelupkan kedua kaki mereka ke air. Didepan mereka banyak teman teman kita yang asik bermain didalam air dan berenang.

Eru : "Yee bener bil. Mau gak?"

Sabillah : "Enggah ah. Lagi kena maag aku tuh. Masa diajak minum es"

Eru : "Masa kena maag bisa senyum"

Sabillah : "Ya trus kalau kena maag gaboleh senyum? Hm?"

Eru : "Setidaknya ngerasain sakit tuh gabakal senyum"

Tiba tiba…

Dari jauh datanglah Gina dan putra yang mendekati mereka berdua lalu berkata,

"Ekhem! Berduaan Mulu. Dimana mana berduaan mulu" kata Gina.

Sontak Mereka berdua kaget dengan ucapan itu lalu membalas dengan,

"Apaan sih, sirik mulu" kata Sabillah.

Putra : "Berenang yok."

Eru : "Dimana? Ayo aja"

Putra : "Disitu aja gimana? Kayaknya seru tuh kak"

Eru : "Ayo, balapan gak?"

Putra : "Ayo aja…"

Beberapa saat kemudian, Eru dan putra berenang sedangkan Sabillah dan beberapa karyawan perempuan lainnya berenang ditempat berbeda.

Ditempat dimana Sabillah berenang….

Terlihat kondisi kolam renang yang ramai bahkan hampir sesak.

"AWAS SEMUANYA AAAKH!!" Seru Kia yang melompat ke dalam kolam

Cipratan air meloncat ke udara setinggi-tingginya.

"Rusuh banget ya ges!!" Seru jihan.

"Bagaimana kalau kita lomba menyelam, yang gak pernah muncul dia yang menang" saran April

"Kayaknya mending tenggelam sekalian deh" Jawab ria ( tertawa )

"Yang paling lama itu yang menang" lanjut April

Sabillah : "Gasslah"

Tiba tiba…

Yanto : "ikutan dong….!!!"

Sabillah : "Woy woy banyak cewek disini woy!"

Nabilla : "Pindah sono lu to. Gak ada kolam renang lain apalu?"

Yanto : "pada ramai neng, gua dipinggir dah"

Sabillah : "Yaelah, disini cewek semua. Yang ada bakal bahaya deuh"

Nabila : "Kalau gak ada kolam renang, berenang aja di GOT sono"

Yanto : "Dikira gua cacing kali ya"

Akhirnya Yanto diusir dari kolam renang yang telah dihuni banyak perempuan disana. Tiba tiba ketika mereka sedang berenang, ada bola yang mengenai salah satu kepala mereka.

"BUUUK!!"

Fiona : "Aduuh, kepalaku gelinding kemana nih?"

Sabillah : "ini mbak ini."

Sambil memegang bola, Fiona mencari tahu siapa pemilik bola itu.

Sabillah : "Punya siapa?"

Fiona : "Gak tahu dah,"

Tiba tiba, muncul seorang anak laki laki dari dalam kolam renang berumur sekitar 10 tahun yang mengejutkan mereka semua.

AAAAKH!!!

Suara riuh para gadis.

"Aaakh!! Huh! Kaget aku!!" Seru jihan

"Aku kira apaan? Taunya anak kecill" Kata Ghea.

Anak kecil itu menggunakan ban sebagai pelampungnya.

"Kak, lihat bola saya gak?" Tanya anak itu.

Kemudian Fiona melempar bola itu ke arah anak kecil itu lalu ditangkapnya bola itu.

"Terimakasih kak" balas anak kecil itu.

"Sama sama adeku…" Ucap para gadis dengan kompak.

Tiba tiba, Teman si anak kecil itu menghampirinya dan dengan isengnya… temannya membalikkan ban pelampung milik anak kecil itu sehingga dirinya menyelam. Mereka yang melihat kejadian itu panik.

"EEEEH!!!" Sorak Para gadis.

Ghea : "Tolongin kak tolongin…"

Fiona : "minggir minggir!!"

Fiona pun menyelam dan membawa anak itu ke pinggir kolam renang. Disusul kerumunan orang yang mulai mendekat begitu juga dengan sekelompok orang yang diduga sebagai keluarga dari adik ini. Anak kecil itu pun perlahan bangkit dan terduduk dengan wajah kaget.

Ria : "Perlu gak dikasih CPR?"

Fiona : "Enggak deh kayaknya. Dia masih bisa terjaga"

Sabillah : "Mana sih anak itu tadi? Iseng banget"

Mereka mulai mempeributkan masalah yang baru mereka lihat dan hadapi.

".... untung aja tadi kak Fiona langsung sigap ya? Kalau uuuh" kata Ria.

"iya. Tadi aku juga kaget. Jantungku seperti mau dirental" lanjut Nabilla.

Tiba tiba anak yang tadi mendorong anak kecil tadi menghampiri anak itu dan segera menjulurkan tangannya. Tanda ingin meminta maaf.

Namun, anak kecil tadi malah mendorong anak yang ingin meminta maaf itu dan keributan pun terjadi lagi.

"WOOY!!!"

Seru orang orang yang melihat itu.

"Heh udah udah, jangan ribut dong dek." Kata kak Fiona.

"Damai damai yuk damai~" lanjut kak Sabillah.

Tiba tiba datang lagi dong Kak Eru. Eru datang tergesa gesa sehingga.

"Woy woy ada apa nih? Rame rame!" Kata kak Eru.

DUAAK!!!! ( Kak Eru terpeleset lantai pinggiran kolam renang )

HYAAAA!! Teriak para gadis. Ada juga yang melanjutinya dengan tertawa geli.

"Kepeleset dia gess.. Untung kakinya gak copot" Kata April.

Datang juga Yanto dan kawan kawan.

Yanto : "Di kolam renang malah lari marathon, ya kepeleset lah"

Eru : "Licin bet dah"

Tito : "Itu ada apa tuh?"

Namun seketika suasana berubah. Anak tadi dan anak lainnya ribut lagi setelah dipisahkan oleh kak Fiona.

"KAU YANG DORONG AKU DIKOLAM HEH!!" Kata anak kecil itu.

"AKU KEBAWA GELOMBANG!!" Lanjut temannya.

Fiona : "Udah udah, gaboleh ribut. Buruan maap maapan"

April : "Gaboleh beran? Tem…"

Sabillah : "Maaf maafan yuuk. Habis itu berenang lagi"

Akhirnya kedua anak itu berjabat tangan dan bermaaf maafan. Semua orang bersorak seru dan bertepuk tangan.

Kak Fiona : "Nih ya kakak kasih tahu. Di kolam renang itu gak boleh berlari larian ya…."

April : "Denger tuh kak Eru"

Eru : "Iya,hadeuh"

Fiona : "....trus, Kalian juga harus sedekat mungkin dengan orang dewasa atau orang tua kalian. Jangan pernah berenang ditempat yang dalam ya. Jangan lupa sebelum berenang lakukan pemanasan, jangan langsung meloncat ke kolam renang secara tiba tiba karena bisa meningkatkan resiko serangan jantung. Lebih baik kalau kalian membiasakan kaki kalian dengan suhu airnya dahulu. Jangan bercanda bahkan iseng di dalam kolam renang. "

Sabillah : "Berenang juga bisa jadi bermanfaat kalau dilakukan dengan baik dan aman. Olahraga Berenang ini efektif banget buat meninggikan badan, dan menguatkan paru paru kita. Semua orang boleh berenang. Disarankan untuk memberi pengawasan dan keamanan ekstra pada balita, bayi dan anak kecil"


Fiona : "untuk bayi minimal dua tahun ya bund baru boleh diperkenalkan dengan olahraga renang dan menyelam ini ya… itu pun harus diawasi dan dijaga keamanan juga keselamatannya. Trus waktu berenang nya juga harus diawasi. Jangan sampai karena keasikan berenang, jadi gatahu waktu akhirnya si bayi jadi kedinginan trus malah jadi penyakit ke adeknya"

Sabillah : "Selain itu, Perkenalkan dan tanamkan dulu budaya malu pada anak. Plus bimbingan tentang pendidikan seksual kepada anak. Supaya nantinya anak bunda juga bisa menjaga diri dari pelaku pelecehan seksual ditempat yang ramai seperti salah satunya kolam renang ini. Minimal umur 4 tahun sudah diajarkan ya. Bagian tubuh mana saja yang tidak boleh disentuh, bagaimana cara melindungi diri dari pelakunya. Dimulai dari berteriak hingga berlari."


Fiona : "Pendidikan seksual dan mengajari anak tentang perbedaan gender ini perlu banget bund. Supaya si anak bisa menjauhkan diri dari sifat pelakunya atau tidak  menjadi salah satu korbannya"

Sabillah : "masih mau iseng dikolam renang dan jauh dari pengawasan orang tua?"

Kedua anak : "Tidak kak. Tidak"

Kedua anak itupun menjauh dari kerumunan orang dan melanjutkan aktivitas nya dikolam renang. Begitu juga dengan orang orang disana.


Tamat

JAKARTA 39Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang