Sujud Bersama Mahar suci

29K 3.1K 240
                                    

"Ya Muhammad Ali bin Syarief uzawwijuka 'ala ma amarollohu min imsakin bima'rufin au tasriihim bi ihsanin, ya Muhammad Ali bin Syarief..."

"na'am/labbaik..."

"anakahtuka wa zawwaj-tuka makhthubataka Prilly Mahatei binti Gun Latuconsina bi mahri kafun haalan..."

"Qobiltu nikaahahaa wa tazwiijahaa bil mahril madz-kuur haalan!"

"Barakallah..."

Terdengar suara ijab kabul sementara Prilly duduk disudut ruangan di dampingi Tante Non ibu Prilly, Nayla kakak Ali dan Ibu Rumi, ibu Ali. Pernikahan itu terasa sangat hikmat. terlebih ketika Ali mendekati Prilly dengan membawa mahar didalam sebuah tempat yang sudah dihias indah didalam box bening hingga terlihat dari luar putih dan sucinya mahar itu.

"Ini mahar yang kamu minta, semoga niat kamu meminta mahar ini membuat kita menjadi pasangan sholeh-sholeha baik didunia maupun diakhirat kelak!"

"Aamiin Ya Rabbalalamin!" suara yang hadir memenuhi ruangan didalam Mesjid Raya tersebut mendengar Ali menyerahkan maharnya dan diterima Prilly dengan mata berkaca.

"Alhamdulilah, terima kasih ya sholeh!"

"Coba aku ingin mendengar sekali lagi, kenapa kamu minta mahar ini, sholeha?" Ali bertanya kepada Prilly yang masih memandang mahar yang diberikannya lalu Prilly mengangkat wajah menatap Ali sebelum membuka suaranya.

"Aku membaca disebuah artikel ada seorang muslimah meminta mahar kepada calon suaminya sebuah kain kafan dengan alasan ketika dia mati dia ingin kain kafan mahar dari suaminyalah yang akan membungkus dan menemaninya dikubur sampai diakherat, oleh karna itu aku juga ingin minta mahar kain kafan, karna aku juga ingin ketika aku mati, kain kafan mahar dari kamu yang akan membungkus dan menemani aku di kubur sampai akherat, artinya aku juga berharap pernikahan kita pertama dan terakhir, didunia sampai akhirat!"

"Subhanallah!" semua suara melafadzkan kalimat itu ketika mendengar jawaban Prilly.

Ya, ketika Ali mengungkapkan niatnya untuk menghalalkan Prilly untuknya, orangtua Prilly diyakinkan dengan janji Ali akan memberikan apapun yang akan diminta Prilly sebagai mahar. Apapun akan ia lakukan sekira semahal apapun mahar yang diminta Prilly terpenuhi. Ternyata dengan sangat mengejutkan Prilly hanya minta selembar kain kafan untuk membungkusnya saat dia meninggalkan dunia ini.

Prilly mengakui ia terinspirasi dari pernikahan seorang muslim dan muslimah yang sedang viral di media sosial dan dengan alasan yang sama dengan muslimah itu dia meminta mahar yang mungkin tak pernah terpikirkan oleh oranglain pada Ali.

Sesungguhnya Prilly tak ingin menuntut apa-apa secara material kepada Ali. Tetapi Mahar atau Mas Kawin ini disebutkan pada saat pengucapan ijab dan qabul. Oleh karena itu, mahar atau mas kawin wajib ada dalam pernikahan.

Mahar sendiri bukan hanya sekadar pemberian dari suami ke istri namun ada makna yang lebih mendalam dari sebuah mahar yang diberikan pada saat pernikahan. Hikmah disyariatkannya mahar ini menjadi pertanda tersendiri bahwa seorang wanita memang harus dihormati dan dimuliakan. Oleh karena itu, pemberian mahar juga harus dengan ikhlas dan tulus serta benar-benar diniatkan untuk memuliakan seorang wanita sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur'an,

"Berikanlah mahar (mas kawin) pada wanita yang kamu nikahi sebagai sebuah pemberian dengan penuh kerelaan ........" (QS. An-Nissaa : 4)

Mahar atau mas kawin nantinya diberikan kepada istri menjadi hak istri sepenuhnya.

Namun, seperti sabda Rasulullah, alangkah lebih baik jika seorang muslimah meminta mahar yang tidak membebani calon suaminya.

"Karna mahar itu sebenarnya bukan tujuan utama dalam pernikahan, bukan untuk dijadikan bahan pameran dan pernikahan juga bukan ajang untuk mencari mahar yang mahal ataupun berjumlah besar dalam segi materi, justru mahar itu untuk memuliakan wanita..." ungkap Prilly lagi membeberkan isi pikirannya kenapa ia justru hanya meminta kain kafan, bukan emas atau uang bernilai jutaan seperti yang rata-rata diminta mempelai perempuan selain seperangkat alat sholat.

Bersujud BersamamuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang