Be Natural

1.2K 141 3
                                    




Acara kumpul keluarga sebenarnya adalah waktu yang menyenangkan bagiku, jarang bisa melakukan hal ini apalagi kalau skalanya keluarga besar. Keluarga dari jauhpun bakalan dateng nyempetin buat bisa kumpul bareng kayak sekarang ini yang dilakuin sama keluargaku.

Sodara – sodara dari mama sama papa semuanya dateng, aku udah nyiapin hadiah buat para keponakan sama sepupu kecilku juga udah dari jauh – jauh hari sebelum Natalan. Aku juga ngenalin Acil juga ke semua sanak saudara, mereka juga menyambut Acil dengan tangan terbuka. Banyak anak – anak yang sesusia dengan Tasya mendekatinya hanya untuk bertanya gimana bisa jadi instagramable, dan masih banyak lagi.

Tasya sendiri juga jauh lebih dekat dengan Acil, dia banyak menceritakan semuanya ke Acil tentang masalah sekolahnya, lalu soal pacarnya. Aku jadi tahu bagaimana adikku selama di sekolah karena Acil, Tasya lebih memilih menelpon Acil jika membutuhkan sesuatu, dia sudah tahu siapa kelemahanku mangkanya dia mintak dibelikan segala macam bilangnya ke Acil bukan ke Aku.

Karena acara keluarga juga sudah selesai sejak tadi, aku sama sekali belum melihat Acil dan tidak tahu ada di mana.

"Ma .. Acil kemana ya?" tanyaku ke Mama.

"di dapur dari tadi belom ke sini – sini? Dia tadi bantuin mama buat ngambilin banyak piring kotor sama sampah .." jelas Mama.

"loh kok Acil sih ma yang ngerjain?" sewotku.

"aduhh gak tahu mama barusan dari dapur, Acil sendiri udah ada disana.." kata mama lagi.

"Adek mana?" tanyaku ke mama lagi.

"kamarnya kali .." jawab mama yang langsung pergi ke depan buat bantuin nenekku masuk ke rumah.

Aku sendiri langsung mencari Tasya adik perempuanku satu – satunya. Aku membuka pintu kamarnya serampangan. Aku melihatnya sedang menelpon seseorang sambil tersenyum – senyum gak jelas.

"heh .. kaum Bucin!" sergapku yang membuatnya terlonjak kaget.

"apaan sih kak orang ini lagi telponan sama temen juga .."jelasnya.

"udah gua gak perduli lo mau telponan sama siapa! Yang terpenting sekarang! Elo bantuin mbak Acil gih sana di dapur! Gak sopan .. punya anak perawan dirumah kok gak bisa bantu bersih – bersih, mbak Acil tuh disini tamu .. kok malah tamunya yang bersih – bersih .. sana bantuin! Aa' mau bantuin papa benerin latar depan.." titahku yang membuatnya menjadi manyun dan segera berjalan ke dapur rumah.

Aku hanya menggelengkan kepalaku saat melihatnya, dasar anak muda aku juga kaum muda sih tapi gak gitu – gitu amat. Aku kembali berjalan menuju ke teras rumah, mau bantuin papa benerin lampu latar rumah biar keliatan lebih idup aja rumahnya gak keliatan remang – remang.

Semuanya udah beres, waktunya makan malam keluarga. Aku yang selesai membersihkan diri langsung duduk di sebelah Acil. Papa duduk dipaling ujung sebagai kepala rumah tangga samping kanan papa ada Mama, kakak sulungku, istri dan anaknya, lalu Tasya yang diujung satunya aku, sebelahku ada Acil lalu terakhir Oma atau nenekku yang duduk disamping kiri Papa. Sebelum makan Papa juga memimpin doanya, barulah kami semua makan.

"Oma mau aku ambilin?" tawar Acil aku hanya melihatnya aku belum mengambil nasi maih menunggu giliran.

Omaku hanya menunjuk bubur yang aku gak tahu itu buatan siapa.

"mau aku suapin sekalian Oma?" tanya Acil lagi menawarkan diri aku melihatnya, sama seperti dia mengurus Oma – oma dan juga para Opung di panti Jompo yang biasa kami kunjungi jika hari libur.

Acil sendiri dengan telaten menyuapi Oma. Biasanya omah akan selalu ngerepotin papa makan, tapi sekarang tidak. Oma lebih memilih makan disuapi oleh Acil, umur Oma juga memang sudah sangat tua dan sering sakit. Umurnya 93 tahun, karena itu Oma jauh lebih manja dengan papa karena emang selain Oma paling dekat dengan papa. Papa sendiri anak bungsu dari lima bersudara.

"Ony .. aku sudah selesai makan, bisa antar aku ke kamar?" tanya Oma kepadaku.

"siap Oma .." kataku sambil mendorong kursi rodanya.

"setelah mengantarku, kamu temani Acil makan ya .. aku lihat kamu masih belum mengambil makann di piringmu .." kata Oma selagi aku mendorong kursi rodanya.

"tentu Oma" kataku sambil tersenyum lebar.

Aku membantu Oma untuk bisa tidur dengan nyaman di kasurnya.

"aku suka dengannya, dia memang terlihat anak yang sangat baik, aku lebih suka kamu dengannya ketimbang kamu dengan kekasih terdahulumu .. jika serius segera temui ibunya .. paling tidak kamu harus mau membujuknya untuk bisa mencari ayahnya .. aku hanya ingin melihatmu pergike altar sebelum aku berpulang .." kata Oma.

Aku hanya mengangguk menanggapi obrolan Oma, aku merapikan selimutnya dan mengucapkan selamat malam. Kembali aku ke meja makan, beberapa keluargaku masih disana, mereka sedang berbincang santai dengan Acil. Aku duduk kembali ke tempat semula, tidak lama kakaku dan istrinya berpamitan pulang kerumahnya.

"Oma kayaknya suka banget sama kak Acil .. buktinya papa aja gak direpotin sama Oma hari ini .." kata Tasya membuka Obrolan.

"baru kamu loh perempuan yang begitu dipuja sama Oma.." lanjut papa.

"bener banget pa, kalo mantannya kak Ginting siapa itu? Pinky .. iuh boro – boro, nganterin ke kamar mandi aja Tasya di bentak – bentak dulu suruh nganterin.." keluh Acha yang membuatku terkejut, pasalnya selama ini aku tidak tahu jika Pinky seperti itu ke Tasya.

"kak Acil kok telaten ya ma sama Oma?" tanya Tasya lagi.

"kak Acil jadi sukarelawan di panti Jompo tempat gereja Kakak sama Kak Acil ibadah dek.." jawabku.

"WHATS?!!!" respon Tasya yang langsung berenti makan.

"Wow!!!" respon papa yang berenti menyendokkan makanan.

"itu beneran?" tanya mama, Acil sendiri mukanya jadi gak enak gitu.

"ada yang salah tante?" tanya Acil balik.

"kok tante lagi .. ini Mama .. M-A-M-A jadi Mama!" kata mama dengan tegas sambil menekankan kata Mama.

"ehhh .. iya maaf Ma.." kata Acil ragu aku hanya mengalus puncak kepalanya saja.

"enggak mama jauh lebih gak nyangka aja kamu bisa sampek segitunya .. baik banget sih, aduh pokoknya kamu ma paling bener dah dari semua cewek yang dipacarin Ginting walaupun mantannya cuman dua orang aja sih" ledek mama yang membuat satu meja tertawa.

"aku udah selese makan, mbak Acil ayukk ke kamar .. udah selese makan juga kan?" tanya Tasya.

"ehh nanti aja dek .. kasian mama kalo beresin meja makan sendirian!" kata Acil.

"udah gapapa biar aku yang bantuin mama, Tuh dek kayak mbak Acil dong jangan cuman makan dong abis itu nyelonong pergi ke kamar gak bantuin mama.." tegurku ke Tasya.

"ini beneran?" tanya Acil ragu.

"udah yang sana, ntar anak ABGnya keburu manyun di kamar" kataku yang menyuruh Acil buat nyusulin Tasya ke kamar.

"iyaa kamu udah beresin rumah seharian, bantuin mama masak juga, abis acara juga kamu yang balik bersihin rumah, jadi kamu istirahat aja, biar mama dibantu Ginting buat cuci piringnya.." titah mamaku aku sendiri hanya tersenyum.

Dia hanya mengangguk berpamitan kepada ke dua orang tuaku dan dengan sopan menyusul Tasya.

"gitu dong Ting, cari perempuan itu harus yang kayak dia, ngerti orang tua, ngerti yang namanya susah jangan yang kayak kemarin – kemarin .." komentar papa yang langsung meninggalkan meja makan. Aku hanya tertawa keras mendengar ucapan papa yang hampir sama dengan Oma dikamar tadi.





TBC

Only Then ☑Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang