4️⃣ Pocong dan Calon Spiderman

91 25 1
                                    

Dedek Dahyun baru aja pulang dari TK. Barusan dia dijemput sama Mami Jiji di sekolahan, soalnya Papi Ugi nggak bisa jemput karena masih kerja.

"Mami?" Panggil Dahyun setelah ganti baju.

Mami yang lagi rebahan santai di atas karpet ruang tengah, beranjak duduk.

"Ada apa, Dek?"

"Babang masih lama pulangnya?" Tanyanya sambil duduk di pangkuan Mami.

"Emang kenapa? Adek udah kangen, ya?"

Dahyun ngangguk, lalu abis itu geleng-geleng.

"Pocong."

"Hah? Apa? Mana? Mana ada pocong? Adek abis liat pocong? Masa di rumah ini ada pocong, sih? Bukannya setan lagi dipenjara? Adek, serius, kamu liat pocong di mana?" Mami Jiae heboh sambil mondar-mandir di depan TV. Sesekali ngintip kamar mandi, kadang ngintip kamarnya, terus ngintip kamar mandi lagi. Parno banget pasti.

Entah kenapa Dahyun santai aja.

"Mami kenapa?"

"Katanya kamu abis liat pocong? Mana, Dek?" Tanya Mami sambil mengguncangkan tubuh Dedek.

"Dedek mau liat pocong sama Babang Yongha," jawab Dahyun.

"Loh? Aduh, jadi Babang juga lihat pocongnya? Jangan-jangan ini pocong penculik anak buat dijadiin tumbal gitu, ya? Kayak di film-film gitu," monolog Mami sambil balik mondar-mandir.

"Dek," kata Mami sambil pegang pundak Dedek, "kamu lihat pocongnya di mana? Jujur aja sama Mami, nanti Mami usir aja pocongnya."

Dahyun ngedipin mata berkali-kali. Bertanya-tanya kenapa maminya ini kok heboh banget

"Dedek, jawab Mami. Kamu lihat pocongnya di mana?"

"Di hape Papi, Mi."

Melongolah si Mami.

"Di hape?"

Dahyun ngangguk. "Iya, kemaren Papi ngajak Dedek nonton pocong di kutub, Dedek pengen nonton lagi."

"Di kutub?"

"Iya, itu yang biasanya aku nonton kaltun, Mamiiii."

"Ya Allah, itu youtube, Dek."

Setelah itu, Dedek sama Mami Jiae main berdua sambil tiduran di depan TV sampai Dahyun ketiduran. Sekitar jam dua, Babangnya dateng sama Papi, abis itu Papi balik lagi ke kantor. Masih belum beres kerjaan.

"Babang!" Seru Dahyun sambil lari ke babangnya.

"Dedek kangen Babang, ya?"

"Ayuk lihat pocong lagi ayuk?" Ajak Dahyun.

"Tapi, kan, hapenya dibawa Papi," jawab Yongha.

"Yahhhh," ujar Dahyun sambil cemberut.

"Pocong apa sih, Bang?" Tanya Mami penasaran.

"Film hantu gitu, Mi. Kemarin Babang sama Papi nonton di ruang tamu pas abis tarawih, Dedek ikutan nonton."

"Kok Mami gak tau?"

"Mami nonton Indosiar mulu, sih."

Mami Jiji memanyunkan bibirnya. Tapi, ya bener juga, sih. Dobel suara hati istri tuh acara favoritnya tiap hari.

"Ya udah nonton di hape Mami aja," tawar Mami.

"Benelan, Mi?"

"Iya. Tapi, Babang nggak bobo siang?" Tanya Mami.

Yongha menggeleng. "Nggak, Mi. Nemenin Dedek aja nonton pocong."

Setelah ganti baju dan lain-lain, Yongha udah duduk di karpet ruang tengah sambil mangku Dahyun. Mami Jiji duduk di atas sofa. Hape mami udah di atas meja dengan menampilkan putih lompat-lompat yang lagi main sinetron.

[2] Ramadhan'20 : KETUPAT -1THE9- [✓]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang