To Someone🙏

197 26 6
                                    

Sesuai judulnya, bagian ini adalah bagian yang ditulis khusus untuk seseorang.

Bukan keluarga, saudara, sahabat, teman, apalagi kekasih. Karena semua part di cerita ini udah kupersembahin buat mereka, dan kalian.

Seperti yang sudah diketahui, ANTARA BERJUANG DAN MENYERAH pernah di copas guys.

Atau,,, biasa dikenal dengan nama plagiat?

Sebenarnya aku udah gamau permasalahanin ini, tapi satu yang harus kalian tahu. Nulis cerita ini, biarpun ceritanya absurd, gajelas dan banyak kekurangan. Butuh waktu lama, tenaga, pikiran, dan riset yang gak sebercanda itu.

Aku nulis cerita ini sejak agustus 2018, walaupun awalnya aku ga ada niat serius buat nilulis ini karena awalnya cuma iseng. Tapi melihat komentar dan da yang nunggu. Aku jadi semangat dan mulai seriusin nulis cerita ini. Sampai akhirnya cerita ini tamat pada 31 oktober 2019.

See, butuh waktu setahun lebih buat aku namatin cerita ini.

Dan asal kalian tahu...
Aku nulis cerita ini bukan asal. Karena cerita ini spiritual, yang artinya aku bawa nama agama. Aku harus riset, tanya ke Ustadz-Ustadzah berbeda untuk nemuin jawaban yang pas jika ada hukum2 islam yang belum kupahami.

Seperti contohnya, hukum menikahi wanita amnesia. Apakah boleh?

Satu rahasia, gw pernah nanyain itu di suatu majlis yang dihadiri seratus lebih orang. Dan you know? Aku diketawain gara2 nanyain itu. Karena menurut mereka, aku terlalu serius buat nanyain hal yang ga terlalu penting.

"Ustadz, apa hukumnya menikahi wanita amnesia yang ga diketahui asal-usulnya?"

"Memang sudah terjadi? Kalau belum, jangan tanyakan yang belum kejadian" dan asli jawaban ustadz itu bikin ku ga puas.

"Tapi di televisi banyak kok pak film2 kayak gitu"

Pas aku ngomong gitu. Aku diketawain jamaah disana, gegara nanyain hal fiksi. Bahkan ada yang bilang begini,

"Ya Allah dek, tv aja kamu anggap serius. Kan cuma fiksi gak nyata. Gausahlah dipikirin"

Aku bener2 gak setuju itu. Maybe novel, film, cerita...

Emang fiksi.. Tapi hukum fiqih, yang jadi landasan beragama dan berislam ITU BUKAN FIKSI

Apa jadinya kalau agama terus dianggap remeh kayak begini?

Tv, novel, dan media sosial. Bisa diakses semua kalangan,

Ada anak kecil yang selalu penasaran dengan semua hal, ada remaja yang berusaha nyari jati dirinya, ada orang yang baru belajar islam.

Masalah besar jikalau media tv, novel, dll menayangkan hal fiksi yang hukumnya juga asal. Mereka bakalan percaya dan memegang pendapat yang salah. Dan itu bener2 fatal.

Hukum fiqih, adalah pedoman kehidupan sehari2. Jadi nggak selayaknya dibuat secara asal tanpa tahu hukum asli dari Alquran dan hadits. Juga para ulama'.

Sebagai contoh nyata.

Ada sebuah sinetron yang cukup terkenal di tv indo. Aku suka pesan2, alur ceritanya juga bagus dan nambah wawasan. Tapi satu kali aku dibikin kecewa sama 1 episode.

Dimana tokoh utama bilang

"HUKUM MENGURUS JENAZAH ADALAH SUNNAH MUAKAD"

Dan itu jelas SALAH.

karena hukum mengurus jenazah adalah FARDHU KIFAYAH.  Bukan sunnah yang boleh ditinggalkan seperti kata pemeran utama di film itu.

Apa jadinya kalau orang2 memegang pemahaman yang salah di kehidupan sehari2 nya?

So, jangan menulis sesuatu dengan asal dan jangan mudah percaya dengan media tv, internet, dan novel. Karena ga semua orang cukup bertanggung jawab sama apa yang mereka sampaikan disana. #selfreminder

Termasuk juga aku. Kalau aku salah ingatkan, karena aku diaini juga sedang belajar.

Intinya adalah, siapapun kamu yang memplagiat cerita ini. Kuharap kamu hargai penulis yang udah nulis ini. Karena nulis ini nggak sebercanda dan omong kosong doang.

Ada banyak cerita, pengalaman, air mata, waktu, pikiran yang dicurahkan untuk nulis ini.

Dan itu nyata, nggak semu kayak cintanya doi. Eh-

Udahlah. Makin halu.

So, enjoy it.

Jangan copas ya gais, klo copas boleh. Tapi sertakan sumber asli. Jangan mengakui karya orang lain sebagai karyamu. Karena itu sakit.

Entah itu quotes, puisi, cerpen, novel, ataupun karya lainnya...

Best regard,

AivAtko31💓







Happy ied mubarak💚
Mohon maaf jika banyak kesalahan. I love you💓✔🙏

Antara Berjuang & Menyerah [SUDAH TERBIT] (REPOST)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang