4. past🔙

1.3K 120 4
                                    

Study the past if you would define the future."
(Pelajari masa lampau jika kamu ingin menetapkan masa depanmu)

- Confucius -

.

"Althaf!!!" teriak seseorang mengejutkanku dan seseorang dihadapanku.

'Cilla?' batinku

"Kamu kapan pulang Al??? Kok gak ngabarin sih? I really miss u my honey!" ujar Cilla manja.

"Nandini,," panggil Althaf lirih.

"Honey,, Cilla! Not Nandini!"

Tanpa sadar tawaku meledak di depan mereka. Walau tak terlalu keras, tapi mereka mendengarnya.

"Shut up!" pekik Cilla

Melihatnya seperti ini aku semakin ingat kejadian masa lampau hingga bukannya diam aku tertawa lebih lebar.

🌴🌴🌴

~flashback on

"Apa yg kalian pikirkan pertama kali saat mendengar kata hindu-budha?" ujar seorang wanita paruh baya yang tak lain adalah guru sejarah lintas minat ku.

'Kerajaan'

'Prasasti'

'Mataram'

'Mahatma Ghandi'

'Kasta'

'India'

'Dewa'

'Wisnu'

'Indra'

'Khrisna'

'Mahabharata'

'ANTV'

Riuh teriakan teman temanku, berlomba-lomba menjawab. Dari yang serius hingga mulai melantur.

Suasana hening sejenak, hingga seseorang di bangku kiri paling belakang bersuara dengan lantang tanpa ada keraguan.

'SAPI'

Kompak satu kelas memandang ke arah anak lelaki itu. Beberapa detik kemudian, tawa pun meledak tanpa ada intruksi.

"Baiklah anak-anak! Terima kasih atas pendapatnya. Setiap orang punya banyak pemikiran berbeda yang bahkan lebih dari yang kalian sebutkan. Tergantung kalian, ingin menyampaikan atau tidak."

"Bahkan ada pemikiran yang ekstrem lagi. 'Sapi' ya memang benar. Dalam agama hindu-budha, sapi adalah kendaraan dewa. Oleh karena itu sapi dianggap hewan yang suci. Nama sapi dalam India dikenal sebagai Nandini"

Sontak seisi kelas tertawa lagi.

"Ada yg salah dari ucapan saya?"

"Enggak bu. Nandini kan namanya Cilla" ujar seorang anak perempuan berambut ikal sebahu.

"Hahaha.. Nandini sapi"

"Eh, eh gausah bully temannya. Ini juga bisa jadi pelajaran klo memberi nama. Jangan sampai nama bagus namun artinya gak tau"

Antara Berjuang & Menyerah [SUDAH TERBIT] (REPOST)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang