Ada syair menarik ketika mengaji di Pondok, bahwa jika orang yang ingin menggapai kemuliaan, maka mereka harus melewati sebuah kehinaan. Dalam Kitab Ta'lim seorang penutut ilmu harus bersabar dalam segala metode yang diberikan oleh Sang Guru, dan setiap guru tentu memiliki metode yang berbeda-beda dalam mendidik murid-muridnya. Sebagai santri yang tidak bisa apa-apa, metode Gus Shampton dalam mendidikku sungguh menguras energi batin. Saya masih ingat bagaimana dititik dengan penuh gengsi, lalu di tes baca Al-Fatihah hingga tahiyat akhir dan bacaan saya masih kurang baik. Segala bentakan dan sikap tegasnya, selalu membuat saya menangis karena menyesali betapa bodohnya saya dan kurang beruntungnya saya dalam hidup.
Jika dipikir-pikir surat Al-Fatihah itu merupakan surat yang sederhana untuk dibaca, tapi untuk menguasai pembacaan surat tersebut, hampir aku habiskan enam bulan lamanya. Setiap ba'da magrib selalu ke ndalem beliau untuk setoran Surat Al-Fatihah dan surat-surat pendek lainnya. Setiap tajwid salah, penekanan nada beliau mulai meninggi. Dan sampai-sampai dititik tidak kuatku, tak jarang aku menangis sembari setoran. Dan disaat aku mulai menangis, barulah beliau menyuruhku untuk berhenti membaca.
Ada banyak metode mengihinakan diri yang ku lalui, hal itu semata-mata aku lalui agar tidak ada kesombongan di dalam diriku. Menghilangkan ke-aku-an adalah kunci kesuksesan dalam menimba ilmu. Kuncinya adalah sabar dalam menghinakan diri dan dengan begitu segala 'sir' untuk mengenal dirinya akan runtuh satu persatu.
"Barang Siapa tidak mencicipi pahitnya belajar, ia akan menelan hinanya kebodohan selama hidup."
-Imam Syafi'i
"Butuh malu dan dihinakan, jangan takut dibully agar mental menjadi seperti baja ! Jangan takut diolok, dengan kata-kata pedas dari kyai, karena sejatinya setiap perkataan yang menyakitkan dari guru bagai obat bagi sang murid untuk mengobati hatinya"
– Antasena
"Mental adalah salah satu hal yang paling utama yang diperlukan di Pondok"
– KH. Shihabuddin Al-Hafidz
KAMU SEDANG MEMBACA
LIFE : The Unexpected Journey
SpiritualSebuah buku berisikan kisah seorang pemuda yang sedang mencari jati diri hingga makna kehidupan melalui jalan yang tak pernah ia pikirkan sebelumnya. Namun siapa sangka, ternyata jalan inilah, jalan yang membawa dirinya untuk mengenal lebih luas San...