Saya pernah bertemu seorang Habib ketika di ndalem Habib Lutfi bin Yahya, Habib yang sangat unik. Jika beberapa habib yang pernah saya temui memakai baju putih dan sorban/peci putih dan terlihat seperti orang alim. Habib yang saya temui ini dandanannya tidak seperti habib pada umumnya, masih ingat dalam kenangan beliau memakai jaket coklat, celana berwarna krem, pakaiannya lusuh dan benar benar tidak terlihat kalau beliau seorang alim ulama atau seorang habib. Tapi.... beliau sungguh wangi..... dan ketika beliau datang saya yakin bahwa beliau bukan orang biasa..
Beliau datang dengan santai sembaring mengucapkan salam "Assalamualaikum".. lalu bergabunglah beliau bersama saya dan beberapa orang yang sedang menunggu Habib Lutfi datang ke Rumah. Beberapa orang menanyakan hal-hal "ngasal" kepada beliau..., dalam hati saya "asem, ngasal banget ini orang nanya.. padahal saya yakin beliau ini bukan orang biasa". Tapi sungguh luar biasa, beliau jawab pertanyaan itu dengan baik dan sopan. Saya baru mengetahui kalau beliau termasuk dzuriyah Rasulillah ketika, salah seorang pernah melihat kalau beliau pernah menemani Habib Lutfi memberikan tausiyah di Kuningan.. ketika orang menanyakan siapa beliau sebenarnya..
Beliau menjawab
"Saya bukan siapa siapa, sama sama manusia"
Lalu ditanya lagi..."Wah mana mungkin, pasti panjenengan seorang sayid"
Beliau menjawab"Memang apa bedanya seorang keturunan sayid dengan bukan keturunan sayid ? Toh dihadapan Allah kita semua sama sama mahluk ciptaannya, yang membedakan hanya amal ibadah kita".
Jawaban yang ini benar benar membuat aku kagum... dan makin penasaran dengan beliau...
Singkat cerita setelah beliau ditanya kesekian kali barulah beliau mau mengaku, dengan syarat "bukan saya yang minta dan memamerkan tapi anda yang minta, ternyata beliau masih saudara dengan habib lutfi tapi saya lupa bin siapa" Hmmm... orang orang seperti ini jarang sekali saya temukan, satu dari sekian ribu mungkin... sudah pakaian terkesan kusuh.. sangat sederhana.. bahkan cenderung malu kalau beliau seorang sayid.
Beruntung bisa bertemu beliau, nasihatnya kepada ku tak akan aku lupakan.. "kalau sudah dapat ilmu, jangan lupa dibagikan" "berhati hati dalam bersikap".
Beliau adalah Habib Anis. Yang tidak bisa ditemukan di internet namanya bahkan fotonya... Al-fatihah..
KAMU SEDANG MEMBACA
LIFE : The Unexpected Journey
SpiritualSebuah buku berisikan kisah seorang pemuda yang sedang mencari jati diri hingga makna kehidupan melalui jalan yang tak pernah ia pikirkan sebelumnya. Namun siapa sangka, ternyata jalan inilah, jalan yang membawa dirinya untuk mengenal lebih luas San...