"Sudah kewajiban seorang santri mengukir nama guru di dalam hatinya, tapi bila dihati seorang guru terukir nama santri, berarti dia adalah santri yang luar biasa"
Dari sekian banyak cerita ikatan antara guru dan murid. Mungkin KH. Cholil Bangkalan merupakan guru yang paling berkesan diantara murid-murid beliau, meski murid beliau sudah menjadi ulama yang mahsyur, seperti KH. Hasyim Ashari, KH. Abdul Karim dan KH. Maksoem Lasem.
Untuk tataran orang se-level KH. Abdul Karim sebelum beliau meninggal, beliau berpesan kepada santri-santrinya agar minta didoakan supaya diakui sebagai murid Syeikh Kholil. Keinginan tersebut mungkin membuat beberapa muridnya terkejut, padahal beliau sudah menjadi ulama besar yang memimpin sebuah pesantren yang namanya tersohor, namun dilubuk hatinya ia hanya minta diakui sebagai murid sang guru. Hal ini menandakan bahwa ikatan guru dan murid begitu kuat, meski Syeikh Kholil sudah meninggal jauh sebelum KH. Abdul Karim meninggal, tapi dihati dan pikirannya hanya terpikirkan kenangan dan memori bersama sang guru.
Lain lagi cerita Mbah Maksoem, sebelum menuntut ilmu kepada Syeikh Kholil, Syeikh Kholil terlebih dahulumengetahui kalau akan ada "ayam jago" dari tanah jawa yang akan menuntut ilmu kepadanya. Hingga dari awal kedatangan, KH. Maksoem di perlakukan berbeda seperti tamu yang baru datang. Dimana beliau di kurung didalam kandang layaknya se-ekor ayam jago dan ketika itu Syeikh Kholil berkata "Inilah Ayam jago yang aku maksud, karena suatu hari beliau akan menjadi jagoan di Tanah Jawa". Hingga kepulangannya Syeikh Kholil melepas kepergian salah satu murid kesayangannya itu dengan cukup unik, dimana didoakan dan di panggil kembali hingga berulang selama 40kali. Tentu kejadian tersebut akan menjadi sebuah kenangan di hati sang guru dan murid yang tak akan terlupakan, terlebih di dalam benak sang murid.
Ilmu akan menjadi berkah dan barokah jika sang murid memiliki rasa hormat kepada sang guru. Menganggap guru bukan hanya media transfer ilmu, namun lebih dari sekedar sesuatu hal yang tak dapat di tumpahkan melalui kata-kata...
KAMU SEDANG MEMBACA
LIFE : The Unexpected Journey
SpiritualSebuah buku berisikan kisah seorang pemuda yang sedang mencari jati diri hingga makna kehidupan melalui jalan yang tak pernah ia pikirkan sebelumnya. Namun siapa sangka, ternyata jalan inilah, jalan yang membawa dirinya untuk mengenal lebih luas San...