Off Juga Bisa Serius

2.6K 275 6
                                    

Lanjutan ke-2 dari; Off Jumpol Mau Nikah.


"Apa lo liat-liat?" hardik Off pada Tay yang terus menatapnya tanpa berkata apa-apa. Mereka sedang istirahat, baru saja menyantap makan malam sebelum melanjutkan pekerjaan, lembur.

Tay yang sedari tadi membungkuk karena menyedot kopinya tak henti-henti segera menegakkan punggung,

"Lo bisa serius juga ternyata"

Jawaban asal Tay membuat Off mendengus sebal, tak mau meladeni sahabatnya yang sedang cari gara-gara.

"Serius gue! Gue lagi mengagumi lo ini" rengek Tay menggerak-gerakkan kakinya di lantai.

"Iya-iya gue yang bayar kopi lo, puas?" Off masih tidak percaya.

"Ih dibilangin ga percaya! Lo kok yakin banget sih mau nikah? Sama sepupu bobrok gue lagi" Tay menatap Off bersungguh-sungguh.

"Ini lo serius nanya?" Off yang tadinya menatap keluar jendela kaca coffee shop yang sedang mereka datangi mengalihkan pandang pada Tay dengan kening berkerut.

"Ck! Jawab dong! Penasaran gue, serius!"

Off memperbaiki duduknya yang menyandar, meletakkan kedua siku di atas meja, "Ya gue seriuslah. Gila aja nikah main-main"

"Yaa kenapaa" rengek Tay lagi, tidak cocok dengan penampilan om-omnya.

Off terlihat berpikir sejenak, "Ga tau, sejak gue sama Gun ga jelas hubungannya jadi ngerasa kosong aja gue. Gue ga tahu sebelumnya tapi sejak Gun pulang dua tahun yang lalu terus balik lagi, habis itu gue kayak bingung sendiri, sering nanya tujuan hidup gue sebenernya ngapain gitu"

Tay mengangguk, tanda paham dengan bait pembuka cerita Off.

"Sebenernya sebelum Gun pulang gue udah setengah jalan move on itu, gue lagi deketin temen SMA gue"

"Hah? Siapa? Temen SMA lo juga temen SMA gue ya!" potong Tay menggebu-gebu, ia tidak tahu soal ini.

"Oh iya, lupa gue. Itu si Mild"

Tay mengangguk-angguk, "Terus, terus?"

"Gue juga sebelum Gun berangkat udah yakin ga bakal tahan LDR, makanya habis Gun mulai kuliah terus ilang-ilangan gue udah pasrah aja, ga bakal lanjut ini. Lo bayangin aja Peng, di chat sekarang balesnya besok pagi, di miss called pas malem nanya kenapa nelfon dua hari kemudian. Udah angkat tangan gue waktu itu, apalagi Gun sejak sebelum lanjut S2 udah mulai cuek kan ya. Pasrah banget gue, sepasrahnya"

Off mengaduk-aduk kopinya pelan, memilah-milah bagian cerita yang ingin ia sampaikan.

"Pas Gun pulang habis lulus itu sejujurnya gue agak kesel sih, ini anak nyante banget kayak ga ada kejadian apa-apa padahal setahunan ada kita ga pernah komunikasi lagi. Sebulan pertama kan Gun tinggal di Jogja tuh, gue udah mikir-mikir gitu apa gue tanya aja kita sebenernya masih apa engga, kalau engga ya udah diselesein yang jelas gitu. Udah mau nyusulin itu gue ke Jogja, eh dia malah tiba-tiba dateng ke sini, enteng banget bilang mau nginep bawa koper gede" Off tertawa mengingat-ingat kejadian dua tahun yang lalu.

"Nginep apaan sebulan!" sela Tay kembali menyeruput kopinya.

Off tertawa membenarkan, "Begonya gue selama sebulan itu tiba-tiba gue lupa niat buat nanyain masalah hubungan kita gimana, Gun juga ga ada tanda-tanda mau jelasin jadi ya begonya gue didukung. Gue sampe lupa banget kalo gue lagi ngalusin si Mild, sumpah lupa banget"

"Gue pede aja gitu pas Gun udah balik lagi buat kerja, ini kita masih pacaran. Eh pas udah mulai kerja kambuh lagi penyakitnya ilang-ilangan, itu sumpah kalo gue ga nanya ke lo waktu itu gue ga tau kalo instagram gue di block sama Gun"

"Habisnya lo sih, setiap doi nge-story di spam mulu!" jawab Tay tertawa remeh.

"Ya gimana ga nyepam gue, bayangin New ga bisa dihubungi seminggu, pusing ga lo!" Off menunjuk-nunjuk ponsel Tay yang terletak di atas meja berkali-kali.

Tay tertawa lagi, "Terus, terus"

"Terus terus mulu lo bisanya. Ya karena sakit hati gue bales dong, kalo Gun nelfon gue ga angkat, nge chat ga gue read. Gue pikir gue bakal dicariin gitu, tau enggak dong Peng. Sebel banget gueee" kali ini Off yang merengek sambil meremas rambutnya sendiri.

"Gue sempet mikir juga apa jangan-jangan Gun udah punya yang lain disana, apa gue cuma tempat transit kalo pulang ke sini aja. Mau deketin orang lain juga gue udah ga selera, tapi gue kangen banget, tapi gengsi juga gue mulu yang nyepam, tapi gue kangen, tau deh pokoknya galau banget gue"

Tay membuat gerakan muntah mendengar cerita bucin sahabatnya, tidak habis pikir fuckboy yang suka ngalus sana-sini bisa se bucin ini.

"Eh, ngeledek lagi lo. Kejadian sendiri baru tau rasa!"

"Mau dilanjut apa engga nih?" Pertanyaan Off langsung dijawab anggukan semangat oleh Tay.

"Puncaknya itu pas sebelum gue nge galau di ruangan lo itu, nyokap gue nelfon. Pas lagi ngobrol ngalor-ngidul eh tiba-tiba nanyain Gun si Ibu! Keinget lagi gue jadinya, makanya habis itu gue nyari lo, mau minta moral support gue tapi malah lo galakin, setan lo!"

Lagi-lagi Tay hanya tertawa, tidak tahu jika Off sedang benar-benar galau saat itu.

"Itu sebenernya yang pas Gun nelfon balik terus gue ajakin nikah ga langsung ayok gitu. Pake berantem terus nangis-nangis bego dulu kita sampe pagi, ga tidur gue. Gue kirain lo bakal nanya mata gue  bengkak kenapa, taunya enggak! Ah! Jadi emosi gue sama lo Peng!"

"Yee monmaap aja Peng, gue kan lagi sibuk juga, ga kepikiran gue" Tay membela diri.

Off mendecak kesal sebelum melanjutkan ceritanya, "Ya gue ngerasanya yang ngebet banget kan gue, yaudah gue aja yang ngalah buat ikut Gun. Lagian gue juga ga ada alasan lagi ga mau nikah, kan gue udah bilang, ga ada selera lagi gue deketin orang lain, officially married is the answer then" tutup Off akhirnya.

Tay mengangguk-angguk sambil mengaduk-aduk kopinya yang sudah hampir habis.

"Lo sendiri gimana?" tanya Off tak terduga.

"Apanya?" kilah Tay menyeruput kopinya sampai habis.

"Ga ada niatan nyusul gitu sama New?" Off menatap sahabatnya serius, tidak ada tanda-tanda bercanda di matanya.

Tay menunduk menghindari tatapan Off, mengaduk-aduk ice cubes yang tersisa di cup kopinya yang telah tandas.

"Hm?" desak Off karena pertanyaannya digantung begtu saja.

Tay menggeleng, masih menatap ice cubes yang masih berisik karena gerakan tangannya.

"Nanti dulu deh, Peng" jawab Tay singkat, kemudian balas menatap Off, "Gue masih ada alasan buat ga nikah, New juga"

Off mengangguk, "Kenapa? Orang rumah?"

Lagi-lagi Tay menggeleng, "Engga lah. Udah ga umurnya lagi gue kesandung yang begituan. Ada pokoknya, guenya punya alasan, New juga punya alasan. Lagian sekarang juga kita enjoy-enjoy aja kok"

Off lagi-lagi menganggukkan kepala, "Sama kayak yang gue bilang tadi Peng, gue ga ada alasan lagi buat ga nikah, makanya gue nikah. Kalo lo sama New juga punya alasan buat ga nikah ya gausah dipaksa nikah. Ga ada yang paling bener diantara nikah atau engga"

Tay menatap sahabatnya itu dengan serius, tak lama kemudian tawanya terlepas membuat Off mengerutkan dahi bingung.

"Lo bisa serius juga ternyata!" Tay mengulang kalimatnya saat memulai percakapan.

"Dasar anak setan lo! Ga papa dah ga nikah, kawin kan udah sering"

"Anjing!"




24 Juli 2020.

HOME - TayNew (Side Story)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang