25. Kejutan di Hari Penamatan

13.4K 1.2K 10
                                    

Alhamdulillah, laptopku udah bener. 

Makasih atas saran dan doanya.

Mau berbagi pengalaman dulu tentang masalah tadi. Jadi, nama tampilan tadi itu BIOS. Jujur, aku baru tau istilahnya. Hehe .... Penyebabnya bisa muncul kayak gitu ada macam-macam.

1. Software windows hilang/terhapus. Aku rasa ini bukan penyebab laptopku error, karna aku gak pernah acak-acak Data C ku. Si bocil juga mencet sembarangannya masih dalam pengawasanku. Tapi, kalau penyebabnya karna ini, solusinya disuntik ulang windows baru.

2. Baterai tidak ada. Ini pengalamannya temen, eh suaminya maksudku. Jadi, suaminya itu udah bertahun-tahun (sebelum nikah) pakai laptop yang gak ada baterainya. Solusinya, begitu dinyalakan laptop, langsung klik F2 dan F11 secara bersamaan pas laptop masih opening (yang itu loh, yang pas muncul tulisan merk laptop). Kebetulan, aku juga emang gak pasang baterai laptop, karna males nunggu chas penuh. Padahal nunggunya masih bisa disambi sama hal lain. Emang dasarku males aja. Hehe ....

3. Keyboard rusak. Penyebab kedua di laptopku. Haha ... Keyboard laptopku sudah lama rusak, sejak masih kuliah tahun ketiga kalau gak salah ingat. Sudah disarankan sama temen supaya ganti keyboard. Katanya, kasihan lihat aku ngetik, dikit-dikit mencet On-Screen Keyboard. Ribet memang sih, tapi kalau ganti keyboard, mahal euy. Waktu itu harga+pemasangan hampir 500rb di Sulawesi. Mungkin di Jawa lebih murah. Dulu diriku cuma anak kost yang uang itu udah pas untuk kebutuhan sehari-hari.  Itu pun kadang kurang kalau banyak tugas. Tabunganku selalu kesedot, karna gak berani minta lagi sama ortu. Untung ada uang dari freelance. Dan untungnya, gak banyak tombol rusak.  "5tgb" itu tombol yang sering dipake, tapi malah gak berfungsi. Jadi mohon maklum ya, kalau misal ada kata yang gak terketik 4 huruf itu, berarti lupa pencet On-Screen Keyboard. Hehe ... Nah, sekarang pas udah punya uang, males ganti, karna aku ngerasa gak repot. Udah kebiasaan sih.

4. Hard-disk rusak. Ini yang bikin aku ketar-ketir tadi. Hard-disk sama dengan memori kan? Data pentingku belum ter-back-up. Kalau hilang, matilah diriku. Makanya, penting banget back-up data. Supaya aman dan masih tetap privasi, bisa back-up data di Google Drive. Tapi jangan sampai lupa kata sandi email. Aku belum masukin beberapa data penting ke situ, karna masih ada yang mau diedit. Padahal dulu, pas masih zamannya susun skripsi, aku selalu back-up di FD. Pokoknya, sebelum laptop dimatikan, file skripsi sudah harus di copy di FD. Taulah ya, skripsi bagi mahasiswa semester akhir itu udah kayak nyawa sendiri. Sekarang, aku terlalu percaya diri laptopku bakal baik-baik aja terus. Ternyata ....

Alhamdulilah sekarang sudah bagus. Oh iya, kalau tampilan masih belum berubah walaupun sudah dipencet F2+F11, harus ada data BIOS yang diubah. Aku lihatnya di youtube dengan kalimat pencarian "solusi laptop toshiba masuk ke bios terus".

Okedeh, happy reading :)

***


Tidak terasa waktu berjalan begitu cepat. Bulan telah berganti bulan sejak pertama diriku menikah dengan Mas Rafa.

Perkembangan hubunganku dengan Mas Rafa? Entahlah. Mas Rafa masih sibuk dengan pekerjaannya.

Sekarang, aku sudah tahu pekerjaan Mas Rafa. Dia bekerja sesuai jurusan yang diambilnya saat kuliah, arsitek. Dia merintis perusahaannya dari nol, berawal dari seringnya dia ikut proyek dosen. Makanya, dia seperti workaholic, karena perusahaannya adalah jerih payahnya sendiri selama bertahun-tahun. Jadi, mana mungkin dia rela jika perusahaannya jatuh. 

The Teacher Becomes a MomTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang