kamu butuh yang gimana? perhatian atau pengertian?
semakin kesini aku semakin sadar, ternyata yang kubutuhkan hanyalah orang yang pengertian. bukan yang perhatian.
yang perhatian belum tentu pengertian, tapi yang pengertian udah pasti perhatian.
apasih pengertian?
disaat kita tau kita lagi butuh dia, dia dateng tanpa kita minta. dia membuat kita merasa lebih baik saat kita lagi dalam keadaan terluka.
ga semua orang punya kemampuan gitu. semua orang bisa perhatian. tapi ga semua orang yang bisa dateng disaat kita lagi butuh orang lain.
ya, pengertian tak hanya mengingatkan untuk tidak tidur terlalu malam. tetapi dia juga menegaskan bahwa tidur terlalu malam itu tidak baik.
dia peka.
perhatian tidak bisa jadi penyembuh. tapi pengertian akan jadi penyembuh dan penenang paling berkesan.
resikonya, dia yang pengertian pasti akan menimbulkan luka paling dalam lagi.
lebih baik jangan memulai dulu. jika dia datang hanya untuk singgah bukan untuk sungguh.
jangan memulai lagi, jika dia masih dia yang sama, tak berubah, masih menyakitkan.
jangan memulai lagi, jika dia masih mengingat masa lalunya.
jangan memulai lagi, jika dia masih tidak bisa menjadikanmu sosok yang spesial.
jangan memulai lagi, jika dia masih terlaku menyakitkan bagi kamu saat mengingatnya.
intinya, jangan pernah memulai dengan dia yang menggoreskan luka paling dalam, sebelum dia berhasil menjahit luka itu dengan sempurna. tanpa darah sedikitpun.
aku harap dia mengerti luka yang telah digoreskan ini belum dia jahit kembali. dia justru tambahkan dengan goresan kecil lain disekitarnya.
dengan harapan dan kata kata yang sangat indah, yang membuatku hilang arah. juga kata kata indah yang belum tentu bisa dia wujudkan.
orang memang tidak ada yang sempurna, tapi aku berharap setidaknya aku dapat dipertemukan dengan orang yang mengerti, dan kita bisa saling melengkapi.
bukankah itu sangat indah?
oh iya, besok jangan lupa ucapkan selamat tinggal dan terimakasih kepada orang orang yang udah berusaha untuk ngertiin kamu ya
bagaimanapun juga, ia pernah jadi penenang paling berharga dihidupmu kan? iya, maka berterimakasihlah.
kita tak tahu akan berpisah seperti apa, kapan, bagaimana, dan dimana.
setidaknya selalu ucapkan terimakasih. walaupun orang itu hanya mengeluarkan kata semangat dan emoticon senyum terbalik. ucapkan terimakasih.
selamat tinggal juga tidak buruk. semoga kita selalu dipertemukan dengan orang orang baik.
aamiin.(Magelang, 22 Maret 2021)
KAMU SEDANG MEMBACA
menangis
Randomkalo.. kamu nggak pengen kita sampe akhir, jadi kalo misal kita selesai didetik ini kamu nggakpapa kan? karena, dipikiranmu, kita ini bukan suatu hal yang pantes buat dipertahanin. so, this is a part of me. setitik luka nyata yang menjadi sebuah cer...