makasih ya, udah mau sampe sini.
hei...
tau ga?? yang namanya untuk sopan santun itu, gausah malu. yang namanya buat ngehargain orang itu ga usah malu. kamu boleh bicara formal banget sama orang yang lebih tua karena emang etika bertutur kata.
kamu boleh kok berkomitmen sama pilihan kamu sendiri, meskipun orang tua engga pengen tau kamu berkomitmen apa.
meskipun orang tua engga tau kamu lagi ngelakuin apa sama dunia kamu sekarang. kamu boleh, asalkan berkomitmen. engga papa komunikasi kamu sama orang tua engga bagus.
sebetulnya emang waktunya yang kurang tepat aja.
kamu belum siap cerita, karena kamu udah terbiasa buat nyimpen cerita itu sendirian. meskipun kamu pengen orang tua itu jadi tempat buat cerita, tapi kalo kamu emang belom siap, ya ga usah diceritain dulu kalo emang belum mau. gapapa kok.
orang tua juga kadang engga siap dengerin cerita kita, dengerin keluh kesah kita. karena apa? karena mungkin mereka capek ngurusin urusan pekerjaannya. mereka juga butuh istrahat kan?
ya itu tadi, pahamin orang lain.
coba mikir lewat sudut pandang orang lain.
kalo lagi marah udah, diem aja. tahan. kalo udah dikamar, kamu boleh kok teriak sekenceng mungkin. tapi ngelepasin udaranya aja ya, gausah sama suaranya.
ntar berisik.
ngelakuin itu nyembuhin banget kalo emang kamu lagi bener bener marah, dan kamu emang lagi males cerita sama orang. betulan itu enak banget.
rasanya lega.
ya, mungkin hubunganku sama kalian emang masih sama aja. tapi aku berharap engga tambah memburuk ya.
aku coba berpikir dari sudut pandang lain kalo misal ibu lagi marah atau ngebentak.
oh, mungkin ibu tadi kerjanya capek banget jadi lagi gamau diganggu.
oh, mungkin itu efek obat yang dulu dikonsumsi ibu buat ngobatin sakit perutnya. aku mikir gitu. sakit perutnya sakit banget, ibuku hebat banget ya dah bisa bertahan sampe sejauh ini. sehat terus ya bu.
terus kalo misal ayah lagi ngebentak, atau ngomong dengan nada yang tinggi, aku coba mikir,
oh, mungkin ada urusan kerjaan yang buat mood dia jadi jelek, makannya nadanya agak tinggi.
oh, mungkin emang ayah orangnya gitu, yaudah gapapa sabar aja.
cuman dibentak kan? nanti juga engga lagi. ya, mungkin emang rasa takutnya ga bakal segampang itu hilang, tapi setidaknya engga dibentak terus terusan.
ga kerasa ya, kamu dah kuat banget saf sampe detik ini.
makasih. makasih banget ya. makasih banyak banyak.
ya, waktumu emang ga bakal berhenti sampe saat ini. tapi makasih banget, udah selalu mau berusaha yang terbaik.
walaupun mungkin mereka engga paham usahamu kaya gimana.
walaupun mereka engga ngasih semangat buat prosesmu.
walaupun mereka engga kasih apresiasi sesuai ekspetasimu.
proses menuju dewasamu selama ini udah bagus banget. udah, gapapa. yang penting attitude kamu.
masalah engga pinter matematika itu gapapa. ga semua hewan bisa manjat pohon kan? aku cuma berharap mereka paham kalo kamu emang bisanya cuma segitu.
kamu pengen banget kan ada yang ngertiin kamu kaya gini? iya.
yang bisa ngertiin kamu itu cuma diri kamu sendiri saf. engga ada yang bisa paham sama diri kamu selain diri kamu sendiri.
siapa lagi coba yang bakal bisa nguatin pas kamu lagi jatuh jatuhnya selain diri kamu sendiri.
meskipun ada cowok, itu cuma virtual kan?
engga bakal ngobatin lukanya seratus persen.jadi, yang bisa ngertiin kamu ya diri kamu sendiri.
udahlah gausah sok sok an jadi manusia paling terpuruk. nyatanya kamu masih bisa ngerasain makanan ibu, masih bisa ngerasain rasanya diskusi bareng ayah.
bersyukur dengan hal sesimpel itu, ya?
kamu bisa kan?
tolong bertahan sebentar lagi ya, bertahan sampe semua yang kamu pengen bisa kamu beli pake uang kamu sendiri. tolong bertahan sampe titik itu.
selebihnya, kita bicarain lagi besok.
dah gausah nangis gara gara komunikasimu engga sebaik anak anak diluar sana. semua orang tua punya caranya masing masing.
kamu cuma harus paham itu ya. oke?
gausah bandingin mereka sama yang lain. kamu dah paham kan rasanya dibandingin itu, engga seenak nasi goreng tek tek.
aku sayang banget sama kalian, ibu, ayah. makasih udah berusaha jadi orang tua yang terbaik buat aku sama kakak. doain ya, biar kedepannya, aku sama kakak bisa sukses, dan jadi lebih dewasa,
i love you all. ♡
KAMU SEDANG MEMBACA
menangis
Randomkalo.. kamu nggak pengen kita sampe akhir, jadi kalo misal kita selesai didetik ini kamu nggakpapa kan? karena, dipikiranmu, kita ini bukan suatu hal yang pantes buat dipertahanin. so, this is a part of me. setitik luka nyata yang menjadi sebuah cer...