Hai, apa kabar?
Aku tergelitik oleh beberapa komentar yang menyayangkan keputusanku untuk beralih ke Karyakarsa. Bahkan ada yang bilang kalau wattpad cuma dijadikan tempat mencari pembaca.
Komentarku? Well, that's true. Sad but true.
Kalian cek aja, hampir semua penulis wattpad pasti memindahkan tulisannya ke karyakarsa, trakteer, atau KBM. Kalau nanti ada platform baru ya siap-siap pindah lagi.
Aku juga pembaca wattpad. Aku tahu banget perasaan kecewa yang kalian rasakan saat penulis memutuskan mengupload tulisannya di Karyakarsa, tentunya berbayar. Yes, I know it so well.
Tapi, apakah tindakan penulis yang memonetisasi karyanya itu salah? No. Itu hak penulis. Karena itu, sebagai pembaca, aku nggak protes ketika cerita yang kutunggu-tunggu dengan setia tiba-tiba pindah platform dan jadi berbayar. Kalau aku ada alokasi uang untuk itu, ya kubeli. Kalau tidak ada, ya aku cari cerita lain. Atau nabung supaya bisa beli bab berbayarnya. Itu sikapku.
Sekarang biar kuceritakan dari sisi penulis. Dari sudut pandangku. Aku bisa menulis, aku punya anak-anak yang harus kubiayai, aku lihat hampir semua penulis menjual tulisannya, aku benar-benar harus mengalokasikan waktu untuk menulis, sering kali harus mengorbankan waktu tidur, atau mencuri waktu yang seharusnya kugunakan untuk mengerjakan pekerjaan lain. Alhasil, aku kemrungsung pas pekerjaanku mepet tenggat. Intinya, aku nulis pakai effort. Apakah salah jika aku ingin effort-ku ini menghasilkan uang? Ini bagian dari usahaku menjemput rezeki dari-Nya. Soal berapa banyak yang kuperoleh, sudah diatur oleh Yang Maha Pemberi Rezeki.
Aku juga emak-emak yang sering galau untuk mengeluarkan uang untuk hiburan pribadi, seperti beli novel, karena masih ada kebutuhan yang lain. Karena itu, setiap menulis cerita, aku nggak memonetisasi sejak awal. Kalau kalian perhatikan, bab berbayar ceritaku pasti harganya tidak pernah mencapai 40-50 ribu. Biasanya aku hanya memonetisasi bab-bab terakhir, atau extra parts-nya saja. Menurutku, ini sudah win-win solution.
Berarti fix Kinan nggak dilanjut di wattpad?
Aku bisa melanjutkan di wattpad, asalkan syarat yang kuminta terpenuhi. Makanya bantuin promo cerita ini. Supaya makin banyak yang baca, makin banyak yang follow aku.Sekali lagi, gaes, membaca cerita di wattpad pasti ada risiko ini: tiba-tiba pindah platform atau tiba-tiba dipinang penerbit. Karena nggak bisa dipungkiri, penulis juga butuh uang. Ibarat orang jualan, masa pembelinya nuntut supaya diberi gratis? Wattpad memang tempatnya mencari pembaca. Accept this fact! Salahkan saja wattpad yang nggak memberi cuan pada semua penulisnya, padahal kita semua diganggu iklan setiap baca cerita.
Udah ya, gaes. Itu saja pers conference dari saya. Mau lanjut nulis Kinan lagi. Yang udah baca di Karyakarsa pasti sedang geregetan.
KAMU SEDANG MEMBACA
Cinta Tak Terganti
RomanceDemi mewujudkan impiannya menjadi chef, Kinanti pergi ke Jakarta dan tinggal bersama tetangga sebelah rumah yang ia cintai sejak remaja, Yudistira. Saat Kinan pikir ia tinggal selangkah lagi dari impiannya, ternyata semuanya perlahan-lahan runtuh d...