Angin Berhenti Bertiup
Saat Pasir Meledak
Lima belas Setengah Tahun sejak Ekor Sembilan menyerang
Setahun telah berlalu sejak Perang Saudara Kirigakure berakhir, berkat Mei Terumi yang merekrut ninja Konoha ke sisinya. Setelah dia dilantik sebagai Mizukage Kelima, dia dan Jiraiya tidak membuang waktu untuk meresmikan perjanjian aliansi. Dengan Suna dan Kiri sebagai sekutunya, masa depan tampak cerah bagi Konoha.
Tampaknya menjadi kata kuncinya.
Ternyata Suna sangat membenci Kiri. Selama perang sebelumnya, mereka mengirim Pakura, salah satu ninja terkuat di Suna, dan pahlawan yang dijunjung desa, untuk meresmikan dan bersekutu dengan mereka. Namun, ninja Kiri mengkhianati Suna dan menyergap Pakura dan pasukannya, mengungkapkan bahwa niat mereka adalah membunuh salah satu ninja terhebat Suna. Suna tidak pernah melupakan pelanggaran tersebut.
Jadi wajar saja, ketika berita aliansi Konoha dengan Kiri sampai ke Suna, Kazekage tidak membuang waktu dan mengungkapkan pemikirannya dalam...surat yang agak...berwarna-warni kepada Hokage. Jiraiya mempelajari setidaknya lima kata makian yang dia bahkan tidak menyadarinya ada setelah membaca surat itu.
Butuh waktu hampir satu tahun untuk memuluskan keadaan, yang mana harus dilakukan banyak negosiasi dan kunjungan diplomatik. Jiraiya sangat berterima kasih karena telah mempertahankan sensei lamanya sebagai penasihat, karena keterampilan diplomatis Sarutobi menyelamatkan dirinya berkali-kali. Meski begitu, Rasa perlu memberikan beberapa Chakra Golem –dengan izin jelas dari Naruto dan Karin– untuk memuaskannya. Fakta bahwa Kirigakure berada di bawah kepemimpinan baru membantu meredakan beberapa ketegangan antara Suna dan Kiri.
Akhirnya, mereka berhasil meyakinkan Kazekage untuk melepaskan kebencian lama terhadap Kiri, dan membentuk aliansi tiga arah dengan mereka dan Konoha. Namun, Kiri harus memberikan beberapa kelonggaran, beberapa di antaranya dalam bentuk uang, namun pada akhirnya, semua orang senang.
Saat ini, proses yang panjang dan sulit itu akhirnya akan segera berakhir. Kazekage telah mengirim anak-anaknya sendiri ke Konoha untuk menyampaikan rancangan akhir perjanjian aliansi yang harus ditandatangani Jiraiya agar efektif. Rasa, bagaimanapun, telah memaksa Mei datang ke Suna untuk menandatangani perjanjian itu sendiri. Mengingat situasinya, dia tidak punya pilihan selain menurutinya.
Saat ini, kedua belah pihak sedang berkumpul di Ruang Dewan Menara Hokage. Jiraiya dikelilingi oleh empat penasihatnya, Sarutobi, Koharu, Homura dan Danzo, dengan dokumen di atas meja di depannya. Di sisi lain meja ada Gaara dan Kankuro. Tanpa berkata-kata, Jiraiya mengeluarkan pena, dan menandatangani dokumen tersebut.
"Baiklah kalau begitu, ini dia," Jiraiya mengambil dokumen itu sambil bangkit dari kursinya, berjalan menuju Gaara, dan menyerahkan selembar kertas itu padanya.
"Itu...lebih cepat dari perkiraanku," kata Gaara sambil mengambil kertas itu dari tangan Jiraiya. “Apakah kamu tidak ingin bernegosiasi lebih banyak?”
“Aku mendiskusikan hal ini dengan penasihatku, dan menurut kami persyaratan ayahmu cukup masuk akal. Bahkan Danzo, dan itu seharusnya menjelaskan sesuatu!” Jiraiya tertawa saat dia melihat ke arah Danzo, yang memberinya tatapan netral dengan satu matanya. "Lagi pula, setelah tahun ini, aku sudah muak dengan negosiasi."
"Jadi sampaikan salam kami pada ayahmu, dan katakan padanya bahwa Konoha akan selalu menjadi teman Suna," sela Sarutobi.
"Jangan khawatir, dia sudah mengetahuinya, meski dia tidak benar-benar menunjukkannya," Kankuro meyakinkan. "Hanya saja...yah, aliansimu dengan Kiri benar-benar membuatnya kesal. Ini seperti jika kita memutuskan untuk bersekutu dengan Orochimaru tanpa memberitahumu terlebih dahulu."
KAMU SEDANG MEMBACA
naruto putra sannin
AventuraNaruto kehilangan orang tuanya pada malam kelahirannya karena Kyubi melarikan diri, tapi untungnya Jiraiya dan Tsunade bersedia merawatnya menggantikan mereka. Saksikan bagaimana hidupnya terungkap saat dibesarkan oleh Sannin, dan bagaimana tindakan...