Gea tidak bisa berkata apapun lagi, setelah dirinya mendengar satu fakta yang cukup tercengang baginya. Luna menghela nafasnya, dan memperhatikan Gea. Ia tidak ingin terlalu membuat Gea tertekan dengan apa yang nantinya akan diceritakan olehnya.
“Nak, Bunda menceritakannya nanti saja, ya? Kamu harus makan,” bujuk Luna yang langsung mendapatkan gelengan kepala dari Gea.
“Ceritakan semuanya! Aku akan mendengarkan,” cetus Gea.
Alex sedikit meremas pundak Luna, seakan memberikan ketenangan pada sang bunda. Luna pun menghela nafasnya.
“Baiklah, jika ini mau kamu. Bunda akan menceritakan semuanya,” ucap Luna seraya menelan salivanya..
Luna menatap lurus sekaan sedang menerawang masa lalu yang cukup kelam bagi dirinya dan juga Alex. “Ini terjadi beberapa puluh tahun yang lalu. Sebenarnya Ayahmu dan Bunda sudah mengenal sejak kami bersekolah menengah atas. Saat kami berada di kelas 2 SMA, kami menjalin kasih sampai kami lulus sekolah. Awalnya kami berhubungan hanya secara diam-diam. Hingga Ayahmu memutuskan berkuliah, kedua orang tuanya pun mengetahui hubungan kami. Sejak saat itu kedua orang tua Ayahmu menentang hubungan kami. Akan tetapi Ayahmu membangkangnya, sampai akhirnya kami menikah diam-diam dan meninggalkan kota ini.” Luna menarik nafasnya dalam-dalam sebelum melanjutkan ceritanya.
Alex mengusap punggung Luna dengan lembut. Menyalurkan rasa nyaman dan tenang pada sang bunda.
“Kami memulai kehidupan baru kami di Bandung. Kehidupan kami bisa dibilang sangat kekurangan, hingga Ayahmu memutuskan untuk mencari pekerjaan. Saat itu Ayahmu hanya bekerja sebagai seorang pelayan di sebuah cafe. Dua bulan kami menikah Bunda mengandung Alex. Semenjak mengetahui Bunda sedang hamil, Ayahmu begitu semangat dalam bekerja demi membutuhi segala kebutuhan Bunda dan juga calon bayi kami.” Luna menatap lurus seakan sedang menerawang mengingat semua kenangan pahit selama mereka berada di Bandung.
“Satu tahun pernikahan kami, Alex pun lahir. Saat Alex berusia 4 bulan, Kakek kamu menemukan kami. Beliau datang dan memaksa Ayahmu untuk kembali. Tapi lagi-lagi Ayahmu menolaknya. Usaha Kakek kalian untuk membawa Ayah kalian kembali tidak sia-sia. Kakek kalian berhasil mengancam Mas Angga dengan melenyapkan nyawa Bunda dan juga Alex. Saat itu juga Ayah kalian tidak bisa berbuat apa-apa. Akhirnya ia pun menuruti kemauan Ayahnya demi keselamatan kami.” Luruh sudah air mata Luna.
Kenangan menyakitkan itu benar-benar telah membuat hatinya berkabut hitam. Bahkan sempat Luna ingin mengakhiri kehidupannya saat ia tidak memiliki apa-apa. Ya, Luna seorang yatim piatu yang hanya bersekolah melalui jalur beasiswa.
“Tiga tahun berlalu tanpa mendengar kabar dari Mas Angga. Membuat aku memberanikan diri untuk datang ke Jakarta dan menemuinya melalui teman dekatnya, Nadeem.” Gea sedikit tercengang mendengar nama sang ayah mertua. Luna pun tersenyum melihat Gea yang terlihat terkejut.
Luna tersenyum. “Kamu pasti mengenalnya kan, Nak? Dia adalah Ayah mertuamu,” Luna masih tersenyum melihat ke arah Gea. Tangannya terulur meraih tangan Gea.
Melihat Gea tidak menolak, membuat Luna bernafas lega. Luna menggenggam tangan Gea dengan erat.
“Saat Bunda ingin menemui Ayahmu, disaat itu juga Bunda mendapat kabar tidak baik. Ayahmu sudah akan menikah dengan Ibumu. Mereka sudah dijodohkan sejak Ayahmu kembali ke Jakarta. Disitu juga Bunda merasakan sakit yang luar biasa. Bunda menyesal telah datang ke Jakarta hanya untuk menemui Ayahmu. Akhirnya Bunda memutuskan untuk kembali ke Bandung dan melupakan semua kenangan tentang Mas Angga dengan tidak tinggal di Bandung lagi.” Luna menghapus air.matanya dengan kasar.
“Bertahun-tahun Bunda berjuang sendirian demi memenuhi kebutuhan kami berdua. Kehidupan yang tidak luput dari hinaan, dan sindiran orang-orang disekitar. Terkadang rasa lelah menghantui Bunda, tetapi setelah melihat senyum dan semangat Alex membuat Bunda kembali bersemangat menjalani hidup ini. Walau susah asal kamu bahagia, mungkin itu prinsip yang Bunda tanamkan dalam diri.” Luna tersenyum ketika mengingat semuanya.
KAMU SEDANG MEMBACA
NOT CONSIDERED (21+)
Любовные романы(Jangan lupa tinggalkan jejak, komen & vote nya ya geys. Terimakasih 🥰🙏) 💚 Kisah Geani sebagai istri yang kehadirannya tidak pernah dianggap. Bahkan tidak pernah dicintai, karena bayang-bayang sang mantan kekasih suaminya selalu melekat dalam di...