32. Kegagalan Yang Manis

22 2 0
                                    

Hari ini gue udah mulai kelas masak online. Awalnya sih lebih banyak ngomongin teori. Kaya menjelaskan macam-macam tepung, gula, mentega, margarin, dan lain-lain. Untungnya, chef yang ngajar gue ini cepet dan efektif banget jelasinnya.

Terus, chef yang ngajar gue mulai demo masak. Nunjukin step by step sama tips membuat kue terutama sponge cake, adonan dasar dari beberapa macam kue. Dan hari ini juga gue mempraktikan apa yang gue pelajari hari ini.

Gagal, gagal. Gak tahu udah berapa kali gagal bikinnya. Hampir setiap hari gue coba praktik apa yang gue pelajarin, dan gak keitung kegagalan yang gue alamin. Untung aja Bi Arum selalu mau terima kue dan roti yang menurut gue itu gagal.

"Rasanya enak kok, Mbak Kikan."

"Iya, Bi. Tapi bantet terus."

"Ya udah, nanti kalau ada yang gagal lagi bilang Bi Arum, ya ..."

Gue ketawa terbahak-bahak, kok Bi Arum kesannya kaya seneng dibalik kegagalan kue gue? Tapi gak apa-apa sih yang penting gak kebuang kuenya.

Intinya, setiap hari gue akan selalu membersihkan semua kue gue yang gagal, jangan sampe Kenan tahu. Selain malu, gue juga takut dia bakal ngeledek gue.

"Udah sebulan kamu belajar. Tapi aku kok belum pernah liat kamu praktik ya?" tanya Kenan waktu dia mau berangkat ke restoran.

"Udah kok, udah sering aku praktik."

"Terus mana? Aku gak pernah liat hasilnya," ucap Kenan seketika membuat gue terdiam sejenak, mikirin apa alesan yang bakal gue bilang.

"Kuenya udah dikasih ke saya semua, Pak. Wah, enak lho! Kaya kue-kue yang ada di toko," jawab Bi Arum tiba-tiba.

Untung aja Bi Arum cepet nanggepin dan gak bilang kalau kue-kue itu sebenernya gagal.

"Serius enak, Bi?" tanya Kenan, seperti biasa dia meragukan gue.

"Enak banget. Lembut, gak kemanisan, anak saya aja suka."

"Bi Arum kasih ke anaknya?" tanya gue kaget. Bukan apa-apa, tengsin banget gue itu kue yang bentuknya bantet dikasih ke anak-anak.

"Iya, Mbak. Orang katanya enak, Mbak. Oh iya, saya lupa lagi nyalain mesin cuci," ucap Bi Arum segera berlari kecil ke arah mesin cuci di belakang.

Kenan menoleh ke arah gue sambil tersenyum. Dia merangkul pinggang gue, terus mengelus rambut gue.

"Hari ini bikin lagi ya? Aku mau coba kue buatan Chef Kikan," pinta Kenan yang membuat jantung gue kayanya berhenti berdetak.

"Sayang? Kok diem?"

"Eh, iya ... Iya, nanti aku bikinin."

"Kok kaya ragu gitu?" tanya Kenan sambil memerhatikan gue.

"Iya, nanti aku bikinin ya, sayang ..." Gue mengulang kalimat itu terdengar jadi lebih yakin.

"Oke, aku berangkat ya," ucap Kenan, terus dia mencium kening gue.

Mampus gue. Gimana dong? Kenan pasti udah berekspektasi tinggi nih. Apa lagi tadi Bi Arum ngomong yang berlebihan banget. Gue harus mulai dari mana ini?

***

Dua kantong tepung terigu, 3 pak telur, gula putih, dan bahan kue lainnya gue taruh di depan meja kasir. Sial banget belakangan ini yang jaga kasir di supermarket itu Rama terus.

"Dari kemaren-kemaren tepung mulu, Bu. Ngapain sih? Jualan ya?"

"Berisik lo, Ram. Buruan deh itung," sahut gue jutek. Masalahnya ini pikiran gue lagi ruwet banget.

I'M WITH YOU (Sequel Thank You Chef)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang