Setelah menghabiskan waktu yang terasa seperti enam bulan di gunung, rupanya, lebih dari enam ratus tahun telah berlalu ketika dia turun. Bahkan You Shu yang berpengalaman pun sangat ketakutan. Dia merasa sedikit mengantuk sebelumnya, tapi saat ini dia sudah terjaga. Dia mengambil seluruh catatan sejarah dari rak, memperhatikan setiap halaman dengan cermat, dan akhirnya memutuskan bahwa ini bukanlah ilusi.
"Aku tidak bisa kembali lagi?" Memikirkan orang-orang itu enam ratus tahun yang lalu, You Shu merasa sedikit kesal. Meskipun sang majikan membencinya, beberapa rahmat penyelamat nyawa tidaklah palsu, dan alasan mengapa dia bisa hidup dengan aman sampai hari ini sepenuhnya karena milik sang majikan, sang majikan.......
Memikirkan hal ini, wajah You Shu sedikit memerah. Dia memilih bagian dalam catatan sejarah tentang Kaisar Zongsheng dan membacanya dengan cermat.
Juru tulis istana menulis, Kaisar Zongsheng tidak diragukan lagi adalah Kaisar terhebat dari Dinasti Ming Agung. Kavaleri besinya melakukan perjalanan ke seluruh sembilan provinsi dan memusnahkan tujuh kerajaan, sehingga sisi timur dan barat benua dapat bersatu dengan lancar dan tanpa hambatan apa pun. Pada masa pemerintahannya, ia tidak pernah menutup gerbang kota, juga tidak memberlakukan jam malam. Rakyat jelata selalu jujur dan tidak mengunci pintu pada malam hari, serta kehidupannya sejahtera dan stabil. Selama hidupnya, ia secara pribadi telah memimpin pasukannya berperang sebanyak 17 kali dan dikatakan tak terkalahkan dalam pertempuran. Ia juga disebut sebagai "Kaisar Perang". Ketika jenderal musuh mendengar panji-panjinya berkibar tertiup angin, mereka akan lari ketakutan.
Dia bekerja keras untuk memerintah dan memperkuat negara, dan memprakarsai tujuan besar bagi Dinasti Ming Agung. Namun, ia tidak pernah menikah dan tidak pernah meninggalkan seorang putra atau putri. Menurut dugaan sejarawan, alasan dia melakukan ini adalah karena dia melukai akarnya saat bertempur dengan orang barbar di perbatasan Barat. Untungnya, dia tidak terlalu mementingkan hubungan darah, dan dia tidak terobsesi dengan kekuasaan kekaisaran. Dia sebenarnya mengadopsi 18 anak dari klan kekaisaran sebagai ahli waris dan membesarkan mereka dengan hati-hati.
Namun ketika meninggal, ia tidak meninggalkan titah siapa ahli warisnya dan tidak meninggalkan kata-kata terakhir. Para pangeran yang tumbuh dewasa terjerumus ke dalam pertikaian internal, memecah dinasti yang kuat menjadi sembilan negara kecil, dan terus melancarkan perang saudara selama bertahun-tahun, pertempuran tidak pernah berhenti. Sejak itu, Dinasti Ming Agung lenyap, dan digantikan oleh era sembilan negara yang bersaing memperebutkan hegemoni. Kesembilan kerajaan tersebut semuanya mengaku sebagai keturunan langsung, saling mencaplok, dan menjadi lima negara saat ini.
Dan Dinasti Xia Qi saat ini adalah salah satu dari lima negara yang lebih kuat. Penguasa negara menganggap dirinya sebagai keturunan keluarga Ji dan membual tentang memulihkan hegemoni kekaisaran leluhurnya.
Di halaman terakhir catatan sejarah, penulis meninggalkan kalimat yang penuh dengan emosi: Betapa sedih dan agungnya Kaisar Zongsheng, mencapai hal-hal besar dengan imbalan solidaritas seumur hidup!
Dalam teks yang megah dan megah, di antara pencapaian yang melampaui orang-orang zaman dahulu dan membuat kagum orang-orang sezaman, nampaknya ada kesedihan dan penyesalan yang tak dapat dijelaskan tersembunyi di dalamnya.
You Shu menutup catatan sejarah dan menghela nafas. Kehidupan tuannya sangat baik, tetapi tampaknya juga tidak terlalu baik, tetapi bagaimanapun juga, tuannya tidak akan pernah ingin dia tinggal di sisinya. Dikatakan bahwa Kaisar tidak percaya, dan suatu hari, kemampuannya akan menjadi pemicu yang akan menghancurkan hubungan keduanya. Daripada mencapai tahap itu, lebih baik berpisah saat mereka paling intim. Jika dia memikirkannya suatu hari nanti, ketakutan dan keraguan itu mungkin akan hilang, dan kenangan indah itu dapat ditukar dengan senyuman lembut.