______________________________________
Flashback
" gre.. Aku titip dela sama kamu ya.. " ucap anin
Entah apa yang ada dipikiran anin saat itu. Dimana hari itu, gracia sedang menemani dirinya untuk kemo.
Tiba² saja, anin berbicara seperti itu. Gracia dibuat kebingugan dengan ucapannya.
" kenapa?.." anin tersenyum dan meraih kedua tangan gracia
" aku tidak tau... Tapi aku rasa waktu aku didunia ini tidak akan lama lagi gre.." lirih anin
Gracia mengelengkan kepalanya mendengar ucapan anin.. " jangan bicara seperti itu mba.. Ayo semangat untuk sembuh demi dedel mba.. "
" enggak gre.. Tubuh ku sudah tidak sanggup lagi, sudah cukup rasa nya, aku berpura-pura kuat didepan dela,gre.."
" aku sudah capek, gre... Tolong, jika aku sudah menyerah nanti, aku titip dela sama kamu,gre.."
" temenin dela mengapai cita² ya gre... Dampingi dela. aku yakin, kamu bisa menerima dan menyangi dela seperti anak mu sendiri.. "" tanpa mba anin minta, aku pasti menemani dan menerima dedel sebagai anak kandung ku sendiri mba.."
" kita akan jaga dan mendampingi dedel mengapai cita² nya sama-sama, mba"Anin kembali mengelengkan kepalanya.." janji sama aku gre.. Terima dela dan sayangi dela ya gre.."
Gracia menganguk pasrah dengan permintaan anin.. Ia juga merasa jika ini akan menjadi permintaan terakhir anin pada nya..
Anin tersenyum melihat gracia menganguk mengiyakan permintaan nya..
" terima kasih gre... Aku juga sudah menyiapkan semuanya untuk dela, jadi kalian tidak perlu khawatir gre..."
" dan satu lagi... Sebentar lagi dela ulang tahun gre, aku sudah siapkan hadiah nya, nanti aku titip kamu ya gre.. "Lagi-lagi gracia kembali menganguk, gracia sudah tidak sanggup menahan air matanya, yang sebentar lagi akan menetes..
" jangan nangis gre.." anin mengusap air mata gracia yang sudah mengalir di pipinya
" aku janji mba, akan menjaga dedel, menerima dan menyangi dedel seperti anak ku sendiri..."
Anin tersenyum dan menganguk.." aku percaya gre..."
" maaf sebelumnya, gre.. Jika nanti aku tidak sempat bertemu lagi dengan sean.. Tolong sampaikan maaf ku sama dia, gre... Aku sudah memaafkan semua kesalahan dia dimasa lalu, dan sampaikan pada dia, tolong terima dela, bagaimana pun, dela adalah anak kandung nya.. "