Bab 31

21 4 0
                                    

PERJALANAN KE IBU KOTA

Serasa tersumbat di tenggorokan,si pemuda gagah tercengang seluruh persendian gemetaran seperti tanpa tulang.

Matanya diam menerawang,didekapnya kulit kayu beraroma wangi pemberian dari sang putri Dewi Bentayasari.

Pesona yang dibawakan-nya belum bisa menepis cintanya dari Diah Ayu Roro Andeng dari Jawa Dwipa.

''Maafkan aku dewi",kata Riman risangsang,belum bisa menyenangkan hatimu,sulit sangat sulit membuat aku terjepit.

Mentari sudah naik ,di antara awan mulai datang yang hitam,mungkin itu pertanda akan hujan,semburat warna ke-emasan tertutup warna kelabu yang semakin menebal meng-gululung-gulung,menghitam beradu.

Sudah separoh perjalanan Sang Riman risangsang melaju lari kuda tunggangan,dilalui rumah teman yang berada di tepi jalan, ki Kluwang ,ki Betung,ki lubuk saung,dan ki Langkan.

Sekira pikiran mungkin seratus kali pacuan kuda tunggangan Riman risangsang mendekati tapal batas wilayah ibu kota,kelihatan dari bentuk bangunan yang bersusun berbentuk limasan.

Berdasarkan kisah Kidung Pamacangah dan Babat Arya Tabanan  disebutkan seorang tokoh dari Kediri yang bernama Arya Damar sebagai bupati Palembang turut serta menaklukan Bali bersama dengan Gajah Mada Mahapatih Majapahit pada tahun 1343

Pada awal abad ke-15, kota Palembang diduduki perompak Chen Zuyi yang berasal dari Tiongkok. Armada bajak laut Chen Zuyi kemudian ditumpas oleh Laksamana Cheng ho pada tahun 1407

Kemudian sekitar tahun 1513, Tomé Pires seorang Apoteker Portugis menyebutkan Palembang,telah dipimpin oleh seorang patih yang ditunjuk dari Jawa yang kemudian dirujuk kepada Kesultanan Demak serta turut serta menyerang Malaka yang waktu itu telah dikuasai oleh Portugis.

Palembang muncul sebagai kesultanan pada tahun 1659 dengan Sri Susuhunan Abdurrahman sebagai raja pertamanya.

Namun pada tahun 1823 kesultanan Palembangdihapus oleh pemerintah Hindia Belanda.

Setelah itu Palembang dibagi menjadi dua keresidenan besar dan permukiman di Palembang dibagi menjadi daerah Ilir danUlu.

Sang Pengembara Riman Risangsang Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang