Bab 8

84 16 0
                                    

Karena memotong akar yang mengandung air bersih ini ,contoh yang salah kalau memotongnya dari bagian bawah dulu, baru dipotong yang bagian atas maka air yang kita inginkan tidak akan sesuai harapan,karena air itu akan secepat kilat melesat ke atas,apalagi lambat kita me-motong maka air sudah lenyap.

Tentunya yang kita harapkan akan sedikit dapatnya bisa -bisa se-tetes dua tetes.(ngga percaya coba aja).

Si pemuda Tampan Riman Risangsang,sambil menikmati Istirahat makan siang,Nasi putih,sambal terasi,lalap daun ubi,pepes ikan Nila pedas,sungguh meng-giurkan.

Sehingga membuat perut keroncongan,aroma pepes ikan Nila pedas,dengan bumbu rempah yang agak mencolok,seperti harum bumbu bawang putih dan merah.

Juga kunyit dan jahe serta lengkuas berpadu dengan aroma rasa gurihnya bubuk kemiri dan ketumbar berpadu dengan garam ,gula dan penyedap rasa,apalagi balutan daun pisang dan daun kemangi hmmm...enaknya.!!???

Sudah setengah hari ia duduk di Akar besar tepi Rawa yang lebarnya,Lima ratus langkah kaki orang Dewasa,Akar besar Kayu Mangga Hutan,daun-nya sangat rimbun,buahnya lebat,karena duduknya di ketinggian.

Maka ia dengan leluasa melihat disebelah utara adalah dukuh Panca Tunggal,Sebelah Timur Dukuh Bentayan mengalir Sungai Dato nantinya sampai ke wilayah Dukuh Linggo Sari Sebelah Barat Dukuh Sri Gunung dan sebelah Selatan Dukuh Mulyorejo.

Keranjang ikan sudah hampir penuh dengan ikan hasil pancingan, Keranjang ikan terbuat dari tali senar yang di-anyam menyerupai Keranjang setengah bola,bentuk bulat lonjong.

Biasanya digantung di atas kayu dan keranjang nya ditaruh di air,sehingga hasil pancingan ikanya tidak mati, rasa lelah mulai datang,matanya berat rasa kantuk yang amat sangat,mulutnya sebentar-bentar menguap.

Hingga gagang pancing yang ia pegang terlepas dari genggaman,kebetulan gagang pancing jatuh di pangkuan karena ada sisa gagang pancing di bagian bawah.

Entah sudah berapa lama Riman Risangsang ber-sandar di akar besar ,Tertidur pulas sehingga kedengaran men- dengkur sangat keras,ber-irama seperti bunyi mesin Bergesek. .

Sang Pengembara Riman Risangsang Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang