Sebelum baca, mau promo cerita yang masih sepi. Dijamin menghibur dan bikin ketawa. Gak ada narasi panjang, cuma cerita dua sejoli yang udah putus dan susah move on, mereka saling menyerang dan nyindir di instagram. Udah 9 part dan aku update saat butuh refreshing dan hiburan haha.
Seminggu ini ada banyak peristiwa yang begitu membekas dan mendewasakan Argan. Ia belajar dari sikap ketus Bu Yuli yang masih saja menyalahkannya atas bunuh dirinya Mareta. Tiga hari kemudian, wanita itu menyambangi rumahnya didampingi Pak Sastro, menangis meminta maaf. Ada satu temuan baru yang memberi jawaban atas penyebab bunuh dirinya Mareta. Yuli menemukan diary Mareta di kardus yang berisi buku-buku tulis Mareta, dari masa SMA hingga kuliah. Buku diary itu terselip di sana. Entah kenapa, saat itu terbersit dalam pikiran Bu Yuli untuk membereskan kardus berisi buku dan koleksi novel Mareta. Seingat Bu Yuli, Mareta sempat menginap di rumahnya beberapa hari sebelum meninggal. Dia meyakini, saat itulah ia menulis diary dan menyimpan diarynya di kardus.
Pak Sastro memberikan buku diary itu pada Argan. Ia baca lembar demi lembar dengan dentuman perasaan yang seakan siap untuk meledak, tapi dia berusaha menurunkan bara emosi yang bergejolak. Ada rasa sedih, tersayat, luka, sakit, dan rasa bersalah karena banyak waktu yang ia lewatkan tanpa memahami apa saja yang menimpa almarhumah.
Dalam diary tertulis jelas bahwa Mareta mencintai Bayu sedari SMA. Saat kelulusan, Mareta kehilangan virginity-nya setelah menghabiskan malam romantis bersama Bayu di vila. Setelah melahirkan Sakha, Bayu kembali datang dalam kehidupannya. Ia menjalin cinta terlarang dengan Bayu. Mareta menceritakan berapa berat perjuangan Bayu untuk sembuh dari anxiety disorder dan bahkan masih suka membuat luka di bagian tubuhnya untuk meredakan kecemasan. Satu hal yang membuat Argan kaget, dan ia yakin Diandra mungkin tak tahu bahwa selain anxiety, Bayu pernah kecanduan self harm. Mareta juga menuliskan bahwa ia bersyukur Bayu lepas dari self harm, meski ia masih harus berjuang untuk sembuh dari anxiety disorder yang diidapnya. Mareta berjanji akan selalu ada untuk Bayu. Baginya Bayu adalah segalanya. Kendati mereka berpacaran di belakang Argan, Bayu menjaga diri untuk tidak menyentuh Mareta.
Di lembaran lain, Mareta menuliskan bahwa ia merasa bersalah karena sudah mengkhianati Argan dan anaknya. Namun ia juga tak bisa jauh dari Bayu. Secara khusus, Mareta menuliskan permintaan maaf untuk Argan dan Sakha.
Mas Argan, maafkan aku karena aku bukan istri yang baik. Maafkan aku karena dari awal menikah, aku tak bisa memberikan hatiku untukmu. Aku mencintai orang lain, seseorang yang sudah menduduki singgasana hatiku sejak aku SMA. Rasa cinta itu semakin menguat dan aku tak bisa berhenti mencintainya.
Maafkan aku karena sudah menyakitimu. Kamu berhak mendapatkan seseorang yang jauh lebih baik dariku. Kamu orang baik, Mas, terlalu baik. Tapi aku nggak bisa mencintaimu. Rasa ini masih terjaga untuknya.
Sakha ....
Maafkan Ibu karena Ibu bukan Ibu yang baik. Maafkan Ibu. Doa Ibu selalu menyertaimu. Jadilah anak yang salih. Kelak jika ibu pergi, jadilah anak yang menurut dan patuh sama ayah, sayangi dan hormati ayahmu. Ayahmu adalah ayah terbaik yang pernah ada.
KAMU SEDANG MEMBACA
Dear Pak Dosen
RomanceRank #1 married-31/01/2019 Rank #1 lifestory-14/03/2019 Rank #1 ayah-08/04/2019 Rank #2 married-29/01/2019 Rank #2 mahasiswa-05/06/2019 Rank #3 marriage-15/04/2019 Rank #3 kehidupan-29/01/2019 Rank #3 keluarga-5/12/2019 Rank #3 kampus-19/03/2019 Ran...