LIMARIO
Kedua orang tua gue udah di makam kan 3 jam setelah mereka di nyatakan wafat. Gue gak nyangka hal ini bakal terjadi secepat ini. Gue masih ngerasa mimpi. Padahal baru kemaren rasanya gue di tinggal sama ayah kandung gue. Tapi sekarang tuhan ngambil lagi keduanya.
Beban yang berat sekarang ada di pundak gue. Gue harus mikirin rumah tangga yang baru aja gue mulai kamaren dan ngurusin kedua adik yang otomatis jadi tanggung jawab gue sekarang.
*******
Chaeng dan Ryujin masih betah di makam kedua orang tua nya. Tampang mereka udah gak beraturan lagi. Rambutnya udah kusut, matanya bengkak, matanya merah.
"Chaeng, Ryu. Ayo kita pulang. Udah malem loh" Bujuk Jennie.
Dia sebenarnya ngerti gimana perasaan mereka. Apalagi Chaeng yang udah dua kali ngerasa kehilangan orang tua.
Mereka berdua gak bergeming. Masih kekeh megang nisan itu. Lim cuma diem ngeliat kedua adik nya yang masih nangis tanpa suara. Cuma sesegukannya aja yang kedengaran sekarang. Air mata mereka udah kering karena dari tadi gak berenti nangis.
Jennie menoleh ke arah Lim. Mengkode Lim agar membawa adik nya ini pulang.
Lim menghela nafas nya kasar.
"Dek, ayo pulang. Gak baik nangis terus, nanti ayah sama bunda sedih"
Limario mengusap rambut Chaeng dan Ryujin bergantian.
"Bang, gue mau di sini nemenin ayah bunda"
Chaeng ngomong sambil sesegukan.
"Temenin ayah sama bunda nya dari rumah aja ya. Kita doain yang terbaik buat mereka. Yuk, udah mau hujan. Nanti adek abang malah sakit. Ayah bunda nanti sedih"
Jennie menggigit pipi bagian dalam nya menahan tangis. Dia tau Limario pasti lebih sedih, tapi dia bisa keliatan kuat sekarang.
Limario membantu adik nya berdiri. Dia menggopoh Ryujin sedangkan Jennie menggandeng Chaeng.
Di perjalanan pulang, hanya keheningan yang ada di dalam mobil. Chaeng dan Ryujin yang duduk di belakang hanya menatap kosong keluar jendela.
Jennie melirik dari kaca mobil, hatinya sedih melihat keadaan adik ipar nya sekarang. Dia menoleh ke lelaki yang ada di sebelah nya. Tidak jauh beda dengan mereka yang ada di belakang. Wajahnya kusam, tatapan nya sayu. Matanya masih merah karena tadi Limario juga sempat menangis.
"Kalian mau makan apa? Drive thru McD aja mau gak?"
Jennie memecah keheningan.
"Dari tadi siang kalian belum ada makan" Lanjutnya.
Ngerasa gak ada jawaban, Jennie nanyain sekali lagi.
"Lim, nanti berenti ya di depan. Pokoknya kalian harus makan" Jennie ngomong penuh penekanan. Tapi masih dengan nada yang halus.
Lim cuma ngangguk tanpa noleh ke arah Jennie.
Sampai di rumah, mereka keluar dari mobil dan langsung masuk tanpa ada sepatah kata pun yang keluar dari mulut mereka. Jennie cuma bisa menghela nafas. Dia amat sangat ngerti dengan keaadaan sekarang. Makanan yang dia beli tadi pun di cuekin sama 3 kakak beradik ini.
"Lim, ajak mereka makan dulu. Gak boleh buang buang makanan"
Jennie menahan tangan Limario yang hendak beranjak masuk kamar.
"Kamu juga harus makan, lihat deh suami aku gak ada tenaga sama sekali. Kamu harus kuat, kalo kamu nya sakit nanti yang jagain kita semua siapa?" Bujuk Jennie.
Tanpa aba aba Limario narik Jennie kepelukannya. Tangis yang udah dia tahan dari tadi akhir nya tumpah juga. Dia nangis kejer sampe badan Jennie juga ikut gemeter.
"Nangis aja sayang gapapa, gak usah di tahan" Jennie mengusap punggung Limario.
"Apa aku sanggup jalanin ini semua, J?"
"Kamu pasti bisa, kamu gak sendirian. Ada aku buat kamu"
"Aku takut gak bisa jagain kalian dengan bener"
Leher Jennie sekarang udah basah rasanya karena air mata Lim yang deres banget.
"Cepat atau lambat ini juga pasti akan terjadi, sayang. Kebetulan aja kejadian ini lebih cepet dari yang kamu duga. Kita bisa sama sama belajar buat kedepannya. Ada aku kok, kamu gak sendirian" Ucap Jennie menguatkan Lim.
"Jangan pernah tinggalin aku, J"
"Aku gak akan ninggalin kamu. Aku janji"
Limario melepaskan pelukannya dan menangkup pipi Jennie natap gadis itu dalam.
"Yaudah gih, panggil Chaeng sama Ryujin buat makan. Aku siapin ini semua dulu"
Jennie ngangkat plastik McD yang masih ada di tangan kiri nya.
Lim ngangguk dan pergi ke kamar Chaeng yang di sana juga ada Ryujin. Kayaknya mereka lagi nangis bareng.
tok tok tok
"Chaeng, Ryu. Boleh gak abang masuk?"
Hening.
"Abang buka pintu ya? gak di kunci kan?"
Masih hening.
Limario ngebuka pintu itu perlahan. Kedua adik nya masih duduk di atas kasur sibuk dengan pemikiran mereka masing masing.
"Hei, makan yuk? Kak Jennie udah siapin makan buat kita"
Masih aja hening.
"Chaeng...." Limario ngelus rambut blonde adek nya.
"Udah, jangan lama lama sedih nya. Gue kangen loh sama suara cempreng lu"
Chaeng ngelirik sekilas ke arah Lim. Oke, setidaknya adek nya ngerespon.
"Sini deh"
Limario ngerangkul kedua adek nya kedalam dekapannya.
"Gue janji bakalan jagain kalian berdua. Kalian masih ada gue. Rasa sayang gue ke kalian gak kalah gede dari ayah bunda. Kalian bisa anggap gue sama Jennie sebagai orang tua kalian. Gue pasti kasih yang terbaik untuk hidup kalian. Pegang deh janji gue. Jadi, please. Jangan lama lama sedih nya. Ikhlasin ayah sama bunda. Sekarang tugas kita di sini adalah buat mereka bangga. Oke?"
Masih diam.
"Yah, gue dicuekin nih" Lim sok merajuk
"Iya, iyaaa abang bawel" Jawab mereka bareng.
"Nah! Itu baru adek gue. Yuk kita makan, Ntar McFlurry nya encer loh, kan gak enak"
Mereka bertiga pun keluar dari kamar dan nyamperin Jennie yang udah nungguin di ruang makan.
"Nah, ayo makan. Kalo porsi ini kurang, ntar gue masakin ramen"
Jennie ngelirik ke arah Chaeng.
"Yak! gak usah ngelirik gue juga kali"
Mereka pun ketawa karena Jennie godain Chaeng yang porsi makannya banyak. Emang pasti gak cukup sih satu porsi Panas 1 nya McD. Lagi sedih aja makannya banyak, apalagi normal. Dasar si Chaeng.
.
.
.
.
TBCGimanaa? ngebosenin yaak? wkwkwk author nulis ini pas lagi transit jakarta-bali. Huft, akhirnya harus back to reality. Selamat tinggal liburan!! selamat datang kerjaan 😭