Judul : After All This Time
Penulis : nalsdn
Status : Completed
============================
Karma does exist
Kalimat yang biasanya menjadi quote menenangkan bagi mereka yang dilanda sakit hati. Namun bagi Ashila mungkin jalan hidupnya yang amburadul ini adalah buah karma dari kelakuan kedua orang tuanya. Belum cukupkah dia hidup menderita dan harus membiayai hidupnya sendiri. Belum lagi kekejaman sang ayah kandung yang juga matre berat. Puncaknya saat dia kehilangan sosok sang ibu serta adiknya Adera.
Semakin hari hidup Ashila semakin kacau, bahkan dia serasa bercermin dari kisah hidup ibunya sendiri :
~ Hamil diluar nikah, walau dalam kasusnya Ashila diperkosa
~ Tidak ada keluarga yang mendukungnya
~ Dibenci oleh suami alias pria yang menghamilinya
Ashila bahkan tidak berani membayangkan apa yang akan selanjutnya terjadi. Akankan cerita hidupnya juga akan berakhir mengenaskan seperti ibunya yang diperlakukan kasar oleh ayahnya, hingga akhirnya ditalak sang ayah di detik – detik kematiannya.
Tapi kalau dipikir – pikir, untuk apa mengeluh hidup yang sudah berjalan sesuai izin dan kehendak Yang Maha Kuasa. Jika nasi sudah menjadi bubur, makan saja sampai habis. Ashila akan mencoba bertahan karena dia sadar kini hanya seorang Muhammad Devan Alhabsyi Malik (Devan) yang tak lain sang suami tempatnya bergantung.
Walau tidak diperlakukan sebagaimana layaknya istri namun, Devan memenuhi kebutuhan finansial Ashila meskipun terbatas. Di sisi lain Devan juga berusaha bertahan karena rasa tanggung jawab atas perbuatannya saat mabuk kala itu. Bahkan karena peristiwa menghebohkan kampus itu dia kehilangan wanita yang dicintainya selama bertahun - tahun yaitu Amira.
Kata orang : sabar juga ada batasnya. Kesabaran Devan akhirnya berakhir karena tidak tahan akan sikap mertuanya yang terus – menerus memerasnya. Selain itu dia juga bisa mulai kembali mengejar cintanya lagi yaitu Amira. Akibatnya dapat dipastikan Ashila yang akan menanggungnya. Diusir dalam keadaan hamil dan tanpa mempunyai uang yang cukup benar – benar sakit rasanya. Pilihanya hanya ada dua :
1. Kembali ke rumah sang ayah yang mengerikan
2. Melarikan diri sejauh – jauhnya baik dari Devan maupun sang ayah
(Kayaknya reader sekalian udah tahu yang mana yang akan dipilih Ashila ... iya kan ??? Mending jangan pilih keduanya, terus bikin option nomor 3 yaitu : .... BANGUN dan semoga itu semua cuma MIMPI, karena lupa baca doa sebelum tidur ... hehe ... Sayangnya hidup Ashila tidak semudah itu kawan 😭)
Penderitaan balasanya kebahagiaan
Kejahatan balasannya penyesalanEmpat tahun telah Ashila lalui bersama putri kecilnya Raisa Arumi (Ica) di tempat baru. Walau hidupnya memang pas – pasan tapi mungkin ini yang terbaik. Ashila tidak sendiri karena banyak orang yang membantunya. Ada sosok Andika (tanpa Kangen Band) hingga Muhammad Raditya Alfami (Radit atau Adit) yang katanya naksir dan berniat menjadikan Ashila istri keduanya. Parahnya lagi istri Adit yaitu Viola Tasya Humaira malah gencar menjodohkan Ashila dengan suaminya. (Haaaaaaah ... 😱)
Namun jalan hidup siapa yang tahu. Tiba – tiba Ashila bertemu dengan ayahnya kembali. Mungkin benar bahwa hidayah dapat diterima oleh siapa saja. Buktinya sang ayah berubah 180 derajat. Bukan hanya itu, tapi sosok lain juga terseret kembali masuk ke dalam kehidupan Ashila. Sosok yang ingin sekali Ashila lupakan. Seganteng apapun Mas Adit dan sebaik apapun Andika ternyata tidak akan pernah bisa menghilangkan jejak seorang Devan di hati Ashila.
Setiap orang punya masa lalu, punya kesalahan, punya rasa bersalah, punya penyesalan tapi setiap orang juga berhak dapat pengampunan. Teori memang mudah tapi prakteknya susaaaaaaaaaaah ... hehe
Tetapi tegakah Ashila membiarkan Ica menangis lagi, Ica akan hidup susah lagi padahal punya ayah yang bisa dibilang kaya 7 turunan 8 tanjakan 9 tikungan. Sangupkah dia melihat buah hatinya hidup menderita dan tumbuh tanpa kasih sayang dari ayahnya yaitu Devan. Akankah Ashila membiarkan putrinya hidup seperti dirinya di masa lampau.
Yang namanya KARMA, datangnya nggak bakalan KESASAR !!!
Keadaan berbalik karena kini Devan yang berusaha mati – matian menarik kembali bahkan jika perlu mengikat Ashila serta putri mereka Ica untuk ada di hidupnya lagi. Pertemuannya dengan Ashila setelah wanita ini menghilang tanpa jejak juga bisa dibilang kejutan. Seperti yang sudah – sudah, Devan bukan manusia suci tanpa celah. Maka tidak ada yang bisa menjamin tidak ada kesalahan lain yang dilakukan oleh Devan baik di masa lalu maupun masa depan.
Awal baca cerita Ashila – Devan memang nyeseeeek banget readers sekalian ... Eh ... atau aku aja yang baperan ... hehe. Tapi tenang nggak semua tentang kesedihan kok. Lagian mulai ke tengah ceritanya berasa lagi nikmatin stand up comedy, maksudnya tokoh Ashila ini kayak sedang "menertawakan kemirisan hidupnya sendiri ", tapi jangan juga baca sambil berdiri, ntar leher kalian tortikolis lagi. 😰
Disini juga kalian akan menemukan sosok istri – istri yang pola pikirannya out of the box, maklum aja orangkan beda – beda. Mana kadang Ashila mengalami sindrom culture shock karena tiba – tiba jadi holaaang kaya.
Oh iya, cerita ini juga pakai beberapa bahasa yaitu bahasa Indonesia (pastinya), bahasa Inggris (dikit), bahasa Sunda (kadang tanpa translate, jadi : lamun teu ngartos, tiasa ngangge google translate, kamus atawa milarian urang Sunda bari PDKT ... Hehe ... hatur nuhun), hingga bahasa planet ... itu loh bahasa para bocil alias bocah cilik (kalau ini 60% aku juga nggak ngerti, nih anak ngomong apaan sih ??? 😵)
Akankah Ashila menerima Devan kembali menjadi suaminya ? katanya forgive is not mean forget.
Benarkah Devan kini mencintai Ashila ? Bukankah cinta Devan hanya untuk Amira ?
Apakah Devan – Ashila dapat membentuk keluarga yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, atau malah Sakinah, Mawadah dan Wasalaaaaaaaaaaamm ... hehe ... karena mungkin Devan tak sebaik yang diharapkan ?
Kapankah Ica bosan makan roti bakar ? (ini pertanyaan penting loh, karena ini benang merah ceritanya ... hehe ... percaya nggak ? Jangan percaya deh, ntar musrik lagi 😇)
~ Happy Reading ~
09082019
KAMU SEDANG MEMBACA
Rekomendasi Cerita Wattpad
AcakTuhan telah menciptakan dunia dimana manusia hidup. Nyatanya manusia juga mencoba membuat dunia melalui serangkaian kata. Dunia yang kita sebut dunia imajinasi. Jika merasa ingin beristirahat dari hiruk pikuk di dunia nyata. Mari kita masuki dunia...