Bab 3

1.3K 170 32
                                    

Perkemahan anak-anak Na'vi meliputi berbagai macam pertandingan, nyanyian, tarian, cerita seram, dan semacamnya

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Perkemahan anak-anak Na'vi meliputi berbagai macam pertandingan, nyanyian, tarian, cerita seram, dan semacamnya. Di sini mereka yang berpatisipasi akan dibagi menjadi beberapa kelompok.

Perkemahan ini hanya diadakan sekali dalam lima tahun. Peserta yang ikut hanya yang berumur 7 hingga 10 tahun. Sedangkan Na'vi yang sudah berumur 15-18 tahun wajib menjadi penanggung jawabnya.

Ivory tak akan pernah melupakan perkemahan pertamanya. Kala itu dia menghabiskan waktu sendirian di tepi sungai, menangis karena orang tuanya tak mengizinkannya ikut.

Kemudian seorang anak laki-laki datang untuk memancing. Namun fokusnya terganggu karena tangisan Ivory, jadi dia menghela nafas dan mendekati anak perempuan itu.

"Hei, kau kenapa?" tanyanya ramah.

"Orang tuaku tidak mengizinkanku pergi ke perkemahan," jawab Ivory apa adanya.

"Yah, sayang sekali." Anak laki-laki itu tak tahu harus mengatakan apa. Dia hanya ingin tangisan perempuan ini berhenti agar dia bisa fokus memancing, namun dia tak tahu bagaimana menegurnya tanpa membuatnya tersinggung. "Mengapa mereka tidak mengizinkanmu?"

"Karena aku tidak punya teman. Mereka takut aku bertemu kelompok yang salah. P-p-padahal kan perkemahan itu kesempatanku mendapat teman."

Lama kelamaan dia iba mendengar tangisan Ivory yang mengencang. Jadi dia mengusap-usap punggung Ivory dan berkata, "Biarkan aku bicara dengan orang tuamu. Aku akan meyakinkan mereka bahwa kau akan aman di kelompok kami."

"Apa?" Tangisan Ivory berhenti. Dia menoleh pada lawan bicaranya dan baru menyadari bahwa sejak tadi dia berbicara dengan Neteyam, anak sulung Olo'ekytan. Semua Na'vi tentunya mengetahui Neteyam mengingat siapa ayah dan ibunya.

Neteyam mengulurkan tangannya pada Ivory. "Ayo, antar aku ke orang tuamu."

Dari sana lah Ivory menjadi dekat dengan anak-anak keluarga sully. Sedikit ironis bahwa Neteyam lah yang memperkenalkan Ivory pada saudara-saudaranya, namun Neteyam satu-satunya yang tak berakhir menjadi sahabat Ivory.

Waktu berlalu begitu cepat. Rasanya baru kemarin Ivory mengikuti perkemahan untuk pertama kalinya. Kini dia akan menjadi salah satu pengurus perkemahan itu. Ada banyak hal yang harus diurus, satu hal diurus oleh dua atau tiga Na'vi, dan mereka yang datang cepat ke lokasi perkemahan bisa memilih 'teman dan urusan' sesuai kemauan.

Oleh karena itu Lo'ak, Ivory, Kiri, dan Spider menjadi pengurus yang datang lebih awal ke lokasi perkemahan. Spider tentunya tak diizinkan berpatisipasi, namun teman-temannya tetap mengajaknya walau hanya untuk melihat-lihat.

"Aku dan Ivory akan mengurus bagian pertandingan dimana kami akan menjaga pos 3. Sedangkan Kiri dan Neteyam akan mengurus bagian perlengkapan," usul Lo'ak. "Setuju?"

"Enak saja," tolak Kiri. "Entah mengapa kau membuat ide sendiri. Aku bersama Ivory dan kau harusnya bersama Neteyam."

Lo'ak berdecak. Mulutnya sudah terbuka untuk mengatakan sesuatu, namun kembali terkatup. "Terserah lah. Kalau begitu kalian saja yang daftar ke Fei, aku tunggu di sini."

The Last Letter | NeteyamTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang