sakit

566 91 1
                                    

Taeyeon menatap Nayeon yang lagi goleran di karpet depan TV, kebiasaan banget si adek pulang sekolah langsung ngetrem depan TV sambil nonton drama sore kesukaannya. Taeyeon pun mendekati adek yang masih lengkap dengan seragam sekolahnya.

"Dek, temenin Kakak ke rumah sakit dong?"

"Gak ah, Kak. Adek capek banget baru nyampe rumah. Tadi di sekolah Adek juga abis olahraga, badan Adek rasanya remuk semua."

Taeyeon tau kalau itu cuma alesan Nayeon doang karena mau nonton drama. Buktinya mata si adek gak lepas dari TV, sama sekali gak ngelirik si sulung yang jadi lawan bicaranya.

"Yah padahal kalo Adek mau Kakak rencana traktir Adek makan es krim seminggu full," ucap Taeyeon dengan nada dibuat sekecewa mungkin.

"Kakak, minta tolong sama Abang aja deh," tambahnya lalu berdiri sok-sokan mau ke kamar Abang. Baru jalan selangkah tangan kakak sudah dicekal, ini sesuai banget  sama taktik yang udah Taeyeon susun sebelumnya.

"Abang lagi pergi, Adek aja yang temenin. Tadi Adek udah istirahat bentar, udah seger lagi. Kakak siap-siap aja, Adek mau ganti baju dulu." Abis ucapin itu, Nayeon langsung menuju kamarnya di lantai dua. Liat itu Taeyeon cuma bisa senyum aja, adek gampang banget disogoknya.

***

"Adek, ntar di dalam Adek cuma harus iyain semua ucapan dokternya sama tanda tangan berkas. Gak usah nanya-nanya," jelas Taeyeon pada adik bungsunya itu sebelum memasuki ruang poliklinik tempat dokter yang menangani Taeyeon.

Seperti permintaan kakak, Nayeon cuma iya-iya aja di dalam, sampai dokter KimBum gemes sendiri. Entah itu karena si adek yang emang gemesin atau karena Taeyeon bawa anak kecil untuk urusan genting kek gini. Padahal dokter KimBum udah wanti-wanti agar Taeyeon membawa orang tua atau walinya.

***

"Kak, tadi itu dokternya bilang apa sih? Kok ada yang mau diangkat-angkat gitu? Adek gak ngerti," tanya Nayeon dengan polosnya   setelah ngabisin makan malamnya.

Pertanyaan Nayeon itu jadiin dia sama kakak pusat perhatian orang rumah. Taeyeon juga udah ngode adek buat diem, tapi mana ngerti si adek sama kode-kodean?

"Kakak, itu maksud Adek apa? Siapa yang sakit?" tanya si kepala keluarga alias papi Wonbin.

"Kakaklah, Pi. Masa Adek," cerocos adek lagi, buat Taeyeon nepuk dahi lebarnya.

Mau gak mau Taeyeon harus cerita kalau dia tuh kena sinusitis karena ada polip pada sinusnya dan mesti operasi.

"Bukan operasi besar kok," ucap Taeyeon biar orang rumah gak khawatir.

"Kakak kok gitu sih? Gak cerita ke Mami, kalau Kakak ada apa-apa gimana?"

"Kakak cuma gak mau ngerepotin siapa pun, Mi. Kakak juga tau Mami-Papi sibuk," jawab Taeyeon sambil nunduk karena merasa bersalah.

"Atau Kakak masih gak menanggap Mami sebagai mama kandung Kakak, ya?" lirih mami Nayoung buat papi langsung pegang tangan kanan mami yang ada di atas meja. 

"Sumpah, Mi, gak gitu. Mami tuh udah Kakak anggap seperti mama kandung sendiri. Kakak cuma gak enak ngerepotin Mami mulu," ucap Taeyeon sambil nangis dan meluk mami Nayoung yang juga lagi  nangis.

Liat itu, Adek yang emang cengeng jadi ikutan nangis. Sedangkan abang yang biasanya lebih cerewet dari dua saudara perempuannya tumben-tumbennya diam.

"Janji ya, Kak jangan gitu lagi. Kalau ada apa-apa cerita sama Mami atau Papi. Abang sama Adek juga," ucap mami yang langsung diiyain oleh ketiga anaknya.

"Walaupun sibuk, bukan berarti kami gak ada waktu buat kalian. Kerjaan memang penting, tapi kalian itu tetap prioritas utama Papi," tambah papi Wonbin.

Tbc....

9 September 2019

Problematika ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang