Jika cinta bisa membuat seorang perempuan setia pada satu lelaki, kenapa cinta tidak bisa membuat lelaki bertahan dengan satu perempuan?
Aku tak pernah menunggumu. Kamu tak pernah sengaja datang. Tapi kita sengaja dipertemukan Tuhan. Entah untuk saling duduk berdampingan atau saling memberi pelajaran.Entah untuk saling mengirim undangan pernikahan, atau duduk bersama di pelaminan.
Ketika seseorang tidak memenuhi kriteria kita, bahkan jauh sekali, maka bukan berarti kita tidak bisa menyukainya. Tanyakanlah ke orang tua kita, nenek-kakek kita, pernikahan mereka langgeng, justru karena tetap menyukai seseorang dengan segala kekurangannya.
Bukan karena kurangnya cinta, tapi kurangnya persahabatan yang membuat pernikahan tidak bahagia.
Ada empat persyaratan dala setiap pernikahan yang membahagiakan. Yang pertama adalah iman, dan sisanya adalah kepercayaan.
Pernikahan yang sukses selalu segitiga: seorang pria, seorang wanita dan Allah.
Komitmen, kesetiaan, nafsu, dan cinta adalah bagian dari pernikahan.
Pernikahan yang memuaskan adalah pernikahan yang diisi dengan lima kali lebih banyak percakapan yang positif daripada yang negatif.
Pernikahan tidak saja berisi pelukan tapi juga perkelahian.
Mungkin selama ini Sebagian remaja mengira pernikahan seperti memasuki restoran di mana orang-orang hanya menemukan yang enak-enak saja.
Disinilah didalam ruangan tengah ndalem yang kini tengah berkumpul ada abah ummi gus al ning fara beserta gus muafiq yang tengah berkumpul setelah kepulangan keluarga abah kyai Ibnu utsman beserta keluarga .
🌼🌼🌼🌼🌼
"Jadi bagaimana keputusanmu al,apakah sebelumnya kamu pun menaruh rasa pada ira atau sudah terlebih dulu melabuhkan rasa kepada neng Qois."ucap ummi
"Maaf ummi ,al memang sebelumnya sudah lama ingin meminang neng Qois karna selama al dikairo al dengannya pun sllalu bertukar pikir tentang materi materi disana bahkan terkadang al dapet tugas buat ngerjain bersama dan al pun merasa nyaman bila bersamanya, padahal setelah al pulang dari kairo al sebenernya juga ingin mengatakan keinginan al itu pada abah dan ummi tapi al urungkan saat al tau bahwa suprise yang abah ummi berikan pada al adalah menjodohkan dengan abdi ndalem "ucap al sembari menundukan kepalanya."Kenapa kamu sebelumnya tidak kasih tahu abah ummi kalo kamu ada niatan sendiri" tanya ummi.
"Saat itu al masih bimbang mi al belum bisa meluluskan cita cita al jadi perihal menyatakan pun masih sedikit ragu,oh iya mi kenapa abah sama umi juga dulu pernah membuat perjanjian.
"Soal itu ,sebenarnya hanyalah mainan saja al ,dulu waktu abah ini masih mondok bareng kyai utsman kami berdua saling bercanda gurau dan ternyata abah sendiri pun lupa akan perjanjian itu saat ini ,"timpal abah.
"Kalo ummi abah membolehkan al menikah dengan Qois apakah abah ummi pun merestui? Tanya al.
"Jangan terlalu mengambil keputusan secepat itu al,coba istikhorohkanlah dulu jangan sampai kamu menyesal .
abah ummi tidak memaksamu untuk bersama dengan siapapun pilihan mu itu asalkan tindakan mu itu ada alasan yang logis tidak semena mena".timpal abah"Al sebenarnya juga sudah istikhoroh berkali kali namun jawaban yang al dapat hanya dengan neng qois bah..
"Lho ummi kenapa mi?tanya al saat tahu ternyata ummi tiba tiba menangis sembari menunduk yang kini tengah di bawa kedalam pelukkan ning fara.
"Umm...ummi menyesal karna sudah nembung ke ira pasal perjodohan itu,ummi takut jika ira kecewa nantinya saat tau akan keputusan ini.
"Apa kamu ini benar benar tidak ada perasaan sedikitpun dengan ira! al??tanya ummi,
"kalo memang kamu ada perasaan dengan ira kamu bisa kok membatalkan perjodohan dengan qois"tak masalah jika kamu mau membatalkan perjodohan itu soalnya itu hanyalah sekedar hal sepele dan kini semua keputusan ada di kamu. Ucap abah
"Maaf ummi abah sebelumnya al itu hanya menganggap ira sekedar abdi ndalem saja bahkan ...bah kan (ucap gus al terbata bata dengan tanpa terasa bulir bulir air mata keluar dari mata nya) bahkan setelah kepulangan al kesini banyak jugakan santri santri yang menganggap bahwa al akan menjadi kekasihnya karna mereka tau akan sikap al kepadanya itu katanya sedikit berbeda padahal al juga biasa saja . sebenarnya sikap itu al tujukan hanyalah ke pura pura an ku ummi, yang mungkin banyak menjadikan para santri maupun anggota abdi ndalem lainnya menjadi merasa kalau al itu menyukainya
Namun semua itu bukanlah yang sebenarnya.
al hanya takut kalau ummi tak mau merestuiku dengan neng qois jadi kulakukan semua itu.Tiba tiba tanpa disadari sebuah pukulan mendarat diwajah al.
"Hebat yah kamu ,sungguh hebat sekali kamu! berani berani nya memainkan perasaan wanita. jika memang kamu tidak memiliki perasaan maupun kamu itu tidak menganggapnya .ummi rasa kamu tak perlu sampai segitunya al dan disini ummi pun sama sama wanita pasti sama sama dapat merasakannya.tegakah kamu menyakiti ummi" ucap ummi bertanya akan ketidakterimaan sikap kepura puraan putranya itu.
"Ya sudah jika memang ini sudah menjadi keputusanmu ummi akan secepatnya mengatakan maaf pada ira dan ummi pun akan secepatnya mencarikan penggantinya .ucap ummi lalu pergi dari ruang tengah ndalem itu.
*Al pov*
Aku dilanda kebimbangan antara memilih ira atau neng qois tapi aku sangat yakin aku lebih memilih neng qois karna aku sudah paham betul akan kepribadiannya sampai sampai aku sendiri pun sering menyelipkan namanya dalam doaku sedangkan dengan ira bahkan aku hanya merasa nyaman saja bila disisinya berbeda dengan neng qois yang diam aku selipkan dalam doaku.disetiap malam pagi siang sore
Maaf up sedikit dan kurang nyambung hehhe besok dilanjut lagi.gak banyak yang penting sering yya hhe makasihh
KAMU SEDANG MEMBACA
I'm,Your Wife,,,"GUS"
RomanceAkupun tak tahu apa yang tengah aku rasakan saat ini. Terdiam sepi... Membisu didalam keheningan membelah malam... Maafkan aku yang tak sempurna untukmu... Tentang kebahagiaan,tentang keindahan yang tak bisa lagi dimengerti... [Gus Al] Kutemukan keb...