Hai semuanya, aku Athanasia Van Bristen, Pappie bernama Hans Van Bristen, dan Mammie bernama Belle Van Bristen; mereka berdua adalah orang yang sangat di hormati, di Hindia-Belanda maupun di Belanda sendiri, karena mereka pempunyai jabatan yang sangat tinggi.
Aku tak suka memamerkan kepada orang lain tentang jabatan orangtuaku, karena itu adalah pencapaian mereka berdua.
Nah, umurku sekarang sudah 13 tahun, aku lahir pada tanggal 4 Juli, dan ada kabar membahagiakan buat aku, tiga minggu lagi kami akan pergi ke Hindia Belanda! Wah, aku sungguh tak sabar.
Aku akan mempunyai teman dan kenalan yang berkulit coklat, dan wajah yang unik juga bahasanya yang beragam! Kata Pappie Belanda alias bangsa kami itu menjajah Hindia-Belanda, dan memberikan ejekan kepada mereka dengan sebutan "Inlander" Pappie juga bilang kalau ada banyak sekali orang Londo yang jahat pada Inlander.
Aku tidak mau jahat pada mereka, aku tidak mau menyebut mereka dengan sebutan "inlander", aku ingin berbeda dari Belanda kebanyakan.
Oh iya, aku juga punya *tante, namanya adalah tante Aphordite, dia sangat baik, aku lebih nyaman dengannya daripada dengan Mammie. Entah kenapa hati kecilku ini bilang bahwa dialah mammie kandungku, aku tidak tahu kebenarannya.
Aku pernah mengutarakan itu ke Pappie, tapi dia malah marah dan menyuruhku diam. Sebaik apapun Pappie, kalau dia sudah marah, maka itu akan sangat mengerikan, dia pernah menjabat sebagai militer; letnan jendral; dan sekarang sesuatu yang lebih tinggi dari itu.
Aku tidak mau tahu apa jabatan
Pappie, tapi hanya dengan menyebutkan nama belakangku saja maka semua orang akan bertekuk lutut dihadapan ku maupun Pappie dan Mammie.Kamus:
1. Mammie dan Pappie adalah sebutan anak Belanda ke orangtuanya, itu diucapkan oleh orang-orang Belanda yang berpendidikan.Selain Pappie dan Mammie, ada juga Mammaatje dan Pappaatje.
Kata Mamma dan Pappa itu diucapkan oleh pasangan suami istri, namun anak-anak mereka malah ikut-ikut manggil Mamma Pappa, jadilah sampai sekarang ngomongnya Mamma Pappa.
2. Tante adalah bahasa dari Belanda, yang kemudian menjadi bahasa serapan Indo.
KAMU SEDANG MEMBACA
Athanasia Van Bristen [TAMAT]
Fiksi SejarahDi zaman penjajahan Belanda, punya Mammie dan Pappie tentara, juga tinggal bersama keluarga tiri kira-kira seru? Nggak tuh! [Inspirasi dari Dimas Van Dijk karya Risa Saraswati]