46 - piknik

368 33 35
                                    


***

Hari ini adalah hari minggu. Keluarga June berkumpul di rumah untuk menghabiskan waktu weekend bersama. Sebenarnya mereka berniat ingin menonton film bersama saja di ruang tengah, tapi Doyoung memaksa ingin pergi piknik di Sungai Han.

"Ayo dong Pa, piknik sekali-kali," Pinta Doyoung sambil menggoyangkan lengan June.

"Di rumah aja sih dek, lagian hari minggu gini Sungai Han pasti rame banget," Ucap Jaehyuk sambil memakan rotinya.

"Tapi mau piknik. Kapan lagi kan? Ayo Paaa."

"Kasian Appanya capek dek." Kali ini Byounggon yang berbicara.

Mendengar itu, Doyoung langsung diam. Ia juga tidak enak hati sebenarnya karena June baru saja pulang dari luar kota semalam. "Iya iya," Balas Doyoung lesu lalu melanjutkan sarapannya.

June mengelus kepala Doyoung. Tapi setelah dipikir-pikir, tidak ada salahnya juga menuruti kemauan si bungsu. Toh, mereka jarang menghabiskan waktu bersama.

"Gapapa, nanti kita piknik ya dek?"

"Gak usah Appa. Kapan-kapan aja," Jawab Doyoung.

"Agak sorean aja gimana? Sambil liat matahari terbenam?" Tanya June lagi.

Doyoung tetap menggeleng. "Gapapa Appa. Nanti Appa kecapekan."

"Appa bisa tidur dulu nanti."

"Tetep aja. Nanti aja kapan-kapan gapapa."

June tidak membalas lagi. Setelah selesai sarapan, mereka kembali ke kamar masing-masing. Jinan duduk disamping June yang sedang berbaring ingin tidur.

"Kamu beneran jadi mau ajak Doyoung piknik?" Tanya Jinan sambil mengelus lengan June.

"Hmm. Aku pikir gak ada salahnya. Kan kita juga jarang pergi keluar kalo lagi kumpul gini," Jawab June.

"Capek gak kamu?"

"Enggak. Gak ngapa-ngapain juga kan disana? Cuma duduk-duduk aja."

"Kalo capek nanti aku ngomong lagi sama Doyoung."

"Enggak, sayang. Kamu gak liat mukanya udah sedih gitu?"

"Iya sih," Balas Jinan. "Yaudah aku mau siapin buat bawa makanan entar."

"Gak usah. Nanti beli aja disana. Sini tidur aja," Ucap June sambil menepuk sisi kasurnya. Jinan mendengus tapi akhirnya memilih untuk ikut tidur bersama June.

***

Sekitar jam 2 siang, June sudah bangun. Ia membangunkan Jinan yang masih tertidur dipelukannya untuk siap-siap pergi piknik. Setelahnya, June pergi ke kamar kedua anak sulungnya.

"Bang, ayo siap-siap."

"Eh? kemana?"

"Sungai Han."

"Loh, jadi?"

"Iya. Gapapa sekali-kali kita jalan-jalan."

"Appa capek gak? Gapapa Pa, nanti aku yang ngomong sama Doyoung."

"Gapapa bang, udah lama juga kan kita gak jalan-jalan? Sungai Han kan deket."

Byounggon mengangguk. "Iya, ini abang mandi dulu."

June mengacungkan jempolnya. Lalu pergi ke kamar sebelah— kamar Jaehyuk. "Jae."

"Iya?"

"Ayo siap-siap."

"Jadi?" Tanya Jaehyuk.

June mengangguk. "Yaudah aku siap-siap."

"Sip."

Family ; junhwan [✔️]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang