Dari Bagas🌸
Dari hari itu, Riki pelan-pelan ngambil perhatiannya Dyra dari gue. Dyra yang jadi fokus sama hpnya karena ada chat masuk dari Riki. Dyra yang waktu senggangnya biasanya bareng gue. Kalo dipikir lagi, udah lama Dyra ga deket sama cowo selain gue. Pada minder kali ya cowo-cowo sama gue. Emang harusnya gue ga keseringan di deket dia nih, kasian kan mereka kalo insecure duluan sama gue.
"Cantik banget kalo udah dandan. Ga sia-sia gue nunggu sejam." Chat masuk dari Riki. Dia ngirim foto Dyra di jok depan mobilnya, kayak sengaja pamer ke gue kalo dia barusan jemput Dyra dan mereka mau jalan. Padahal muka Dyra yang pake make up niat gitu gue udah sering lihat. Ya emang cantik sih, ga ada yang bisa nyanggah.
"Ya bgst gausah pake laporan ke gue juga lo mau ngedate."
"Yang begini cuma lo simpen sendiri parah banget lo."
"Hahaha sekarang kan udah sama lo. Otw sih," balas gue cepat dan langsung berpaling dari layar hp karena Hana nyamperin. Dia keluar dari salah satu ruang kelas menuju gue yang lagi duduk di meja tengah tempat kita biasa ngumpul kalo di rumah belajar.
"Udah gaada lagi nih yang mau dikerjain," katanya begitu duduk di depan gue dan nyoba buka tutup botol tumblernya. Ga bisa-bisa karena tangannya agak keringetan.
"Susah banget, Bu." Gue ambil tumbler dari tangannya, gue bukain.
"Thanks." Akhirnya dia bisa minum setelah tumblernya gue taro di tangannya kayak semula. "Udah sore nih. Balik yuk."
"Langsung pulang nih? Gimana kalo mampir dulu?"
"Ke?"
"Udah percaya aja sama gue." Emangnya cuma Riki sama Dyra yang bisa malam mingguan? Gue juga dong.
Film horror yang baru rilis tiga hari yang lalu, lagi banyak banget diomongin karena ini sequel dari film pertamanya dua tahun yang lalu. Sengaja gue pilih film horror karena nontonnya sama Hana. Bukan maksud macem-macem ya pemirsa, ini beneran karena dia suka aja yang horror-horror. Kalo masi curiga sama gue, tanya aja sendiri sama anaknya.
"Belum ada yang ngajakin lo nonton ini kan?" tanya gue basa-basi sambil pesen dua pop corn caramel medium dan soft drink untuk di dalam teater nanti.
"Untungnya sih, belum." Dia buru-buru ngeluarin cash ke mba kasir, bersamaan dengan tangan gue yang juga mau bayar. Karena gue tadi udah bayar tiket, Hana jadi ngerasa harus bayar snacknya. Gue udah ngotot tetep mau bayar tapi Hana lebih ngotot. Dengan posisi tangan kita yang sama-sama masih belum turun di depan mba kasir yang bingung, Hana natap gue tajam, kepalanya dianggukkannya sedikit dengan ekspresi yang seolah lagi telepatiin gue dengan kata-kata yang tadi dia bilang, "Kalo lo yang bayar semuanya gue pulang." Yakali, mending gue ngalah dari pada gajadi nonton.
"Kalo gitu, mba, pop cornnya satu aja ya. Saya gamau ngebebanin orang ini soalnya." Akhirnya gue turunin tangan gue.
"Yakin lo cuma satu?"
"Iya kan makannya berdua." Kata-kata gue barusan bikin Hana menghela napas.
"Mba tolong ganti sama yang large ya." Antara gamau kalah sama dia sebenernya malu kalo gue godain di depan mbanya. Akhirnya dari pada nambah keributan, dia pasrah.
"Anu, gini, gue memperjelas aja nih. Ini bukan ngedate ya," sambungnya setelah nerima pesanan dan jalan beberapa langkah.
"Lah iya? Kok gue baru tau? Cowo sama cewe, nonton berdua, malam minggu. Kata gue sih ini kencan."
"Mampir. Tadi kan lo ngajaknya mampir. Lagian ini masih sore belum malam."
"Itu mah, filmnya habis ntar juga udah malem. Berarti kencannya dimulai waktu nontonnya udah kelar?"
"Ngada-ngada. Kencan itu ga dipututusin sama satu pihak."
"Oh gitu. Yaudah gapapa. Masih banyak waktu buat ngeyakinin pihak yang satunya." Gue bisa lihat Hana gabisa nahan senyum setelah itu. Mungkin dia udah gatau mau ngomong apa lagi, mungkin dia ga nyangka gue bakal balas begitu, atau mungkin dia udah mulai luluh sama gue? Haha.
"Coba aja kalo bisa," balasnya percaya diri.
"Dih nantangin." Tiba-tiba ada chat masuk ke hp gue yang bikin gue berhenti dan tertinggal beberapa langkah di belakang Hana. Dia tetep jalan tanpa menghiraukan gue atau emang sengaja ninggalin.
"Dari belakang aja cakep." Dari Riki lagi. Kali ini dengan kiriman foto punggung Dyra dari belakang.
"Anjir keterusan lo ngefoto dia diem-diem," Blbalas gue. Emang ada aja ya kelakuan orang kalo lagi suka-sukanya sama orang. Gara-gara dia, gue yang masih di belakang, juga tergerak untuk ngambil potret seorang Hana yang barusan secara gak langsung ngasih lampu ijo buat gue. Setelahnya gue susul dia dengan langkah yang lebih cepat. Tapi kayanya dia nyadar dan malah lebih buru-buru biar ga bisa gue susulin. Hahaha gemes banget. Toh nanti kita juga duduk sebelah-sebelahan, Han.
Tiiing. Notif whatsapp datang lagi waktu gue udah ngambil posisi duduk di samping Hana. Apasih si Riki bukannya seneng-seneng sama Dyra malah ganggu gue. Belum gue baca, hp langsung gue matiin dari dalam saku celana.
Selama film berlangsung, gerakan-gerakan ga sengaja yang gue harapin ga muncul sama sekali. Ga ada tuh kejadian dia refleks nutupin kepalanya ke bahu gue karena ada jumpscare. Yang ada gue sibuk nutup mata sendiri sampe ga merhatiin reaksi dia kalo ketakutan gimana. Malah kadang gue yang relfeks megang pundaknya. Itupun langsung ditepok sama dia. Ga sengaja sentuhan tangan waktu sama-sama ngambil popcorn juga gaada. Dia cuma ngambil waktu gue ga ngambil, ganti-gantian, gitu aja terus sampe setannya mati.
Yah, walaupun nonton film horror berdua sensasinya ga kayak orang-orang, tetep akhirnya gue ada kemajuan sama Hana.
"Gamau mampir dulu?" tawar gue setelah filmnya selesai.
"'Mampir' lagi?" Dia satir. Padahal kali ini gue beneran nanya.
"Siapa tau kan lo ada yang mau dicari. Mumpung masih di sini." Gue ngecek jam tangan. "Gaada yang nyariin kan kalo lo belum pulang jam segini?"
Dia tersenyum meremehkan, "Kalo gitu, ada yang nyariin ga kalo lo nemenin gue milih-milih outer?" Bisa aja nih dia ngejawabnya.
"Lebih ke gue ga mau dicariin sih. Buat dipake ke mana blazernya?"
"Gaada. Karena lo terlanjur nanya jadi kepikiran aja."
"Ooohh ternyata lo juga bikin-bikin alasan biar lama-lama sama gue ya?"
"Apasih. Sumpah bukan banget. Yaudah kalo ga mau pulang nih."
"Iya iya. Ayo dah." Gue tau kapan harus berhenti dari pada bikin dia malah jadi risih.
Sambil nungguin dia milih-milih baju di salah satu store, gue ngecek hp yang tadi gue matiin waktu nonton. Begitu gue buka lagi, langsung muncul 16 notif dari si Riki berisik yang tadi sempat gue abaikan. Isinya semua foto-foto Dyra yang dia foto diem-diem. Makin gue swipe, makin gue ga nyaman. Dari tadi gue udah ngerasa aneh sejak dia bilang "simpen sendiri". Tapi gue masih mau positif thinking karena bahasa orang beda-beda. Sekarang ngeliat foto-foto ini semua, beberapa malah fokus ke bagian tertentu dan lekukan badannya doang. Terlebih, cara dia ngirim ini semua ke gue tanpa rasa bersalah, seolah menunjukkan kepuasan pribadinya sama foto-foto yang dia ambil.
"Anjaay," tulisnya di salah satu foto side-profil Dyra.
"Keringetan bro. Jadi gerah." Untuk foto bagian muka dan leher Dyra pas lagi jogging kemaren, pas pertama mereka ketemu. Sampai ke foto bagian dada sampai pinggul yang dia kasih emoticon mata bentuk hati. Bikin gue jijik.
"Lumayan buat bahan c***. Mau lagi ga?"
Bgst. Ini gimana maksudnya. Gue ga bisa mikir apa-apa lagi. Kepala gue panas kayak mau meledak. Gue langsung telfon Dyra saat itu juga. Beberapa kali dan ga diangkat. Gue coba liat lagi foto-foto yang dikirim Riki tadi, berharap nemu petunjuk lokasi mereka sekarang. Walaupun gak yakin, gue langsung lari ke motor dengan perasaan panik, marah, nyesel jadi satu.
KAMU SEDANG MEMBACA
Jeda Vu
ChickLitPertemuan pertama setelah 12 tahun, di stasiun kereta lepas petang, Gita mendapati orang itu kembali dengan raga yang jauh tumbuh dari yang dia lihat terakhir kali. Tinggi badan yang dulu ada di bawahnya kini harus membuatnya mendongak sedikit untuk...