Dari Bagas🌸
Anjing! Masalah sama Riki jadi kemana-mana. Pencemaran nama baik, matalu! Kenapa pula bawa-bawa kakak gue ke ruang dosen? Selesain sendiri lah, bangsat! Pake ada bokapnya lagi, emang nggak nggak ada kesibukan apa, ngurusin hidup anaknya mulu? Mana kalo ditanya jawabnya sok paling tersakiti. Ditonjok doang trauma, lo!
"Harus dikasih masa percobaan."
Hah?! Puncak komedi banget, nggak salah denger gue? Kenapa jadi kebalik, anjing? Kalo nggak karena kakak gue di sana, ga mungkin gue diem aja dengerin omongan sampah mereka semua. Dari SMA, kalo ada panggilan orang tua yang dateng kalo nggak nyokap, kakak gue yang pertama ya kakak kedua. Bokap nggak pernah, kehidupannya terlalu penting untuk ngurusin kutu beginian. Gue tiga bersaudara, cowok semua, tapi gue paling busuk. Gue bersyukur juga sih yang dateng mereka, bukan Bokap. Karena kalo Bokap yang dateng, gue ga akan selamat sampe keluar gerbang. Sampe kakak-kakak gue capek nutupin kelakuan gue di sekolah dulu, walaupun Bokap juga pasti udah tau.
Tiap keluar ruang BK gue pasti peringatin dia, "Lo jangan bilangin Papa ya."
"Tentang lo berantem?"
"Bukan. Tentang nilai gue yang anjlok." Bener, itu lebih penting bagi keluarga gue.
"Makanya belajar serius dikit. Lo kalo nonjok anak orang, kita bisa pindah. Tapi kalo goblok di mana aja ya goblok."
Itu dulu yang dia bilang di sekolah. Dia kalo ngomong emang kurang ajar. Dia sadar dia ngambil semua perhatian di rumah, lulusan terbaik, berprestasi, gaji gede, sempurna jadi kakak paling tua. Kenapa ya? Anak pertama tuh selalu jadi artis di rumah? Kek udah diprogram jadi yang paling pinter jagoan gitu paham ga sih lo? Gue mending lahir jadi tetangga dia aja dah, dari pada adeknya. Biarin dibanding-bandingin Nyokap, dia terkenal satu komplek, gue palang posnya, biarin. Dari pada jadi adeknya susah banget beneran dah, asli. Mana yang bandingin, Bokap. Separah-parahnya Nyokap kalo ngebanding-bandingin, ga pernah tuh pake kata "beban keluarga". Sekalinya Bokap yang bandingin, berasa hama banget di rumah sumpah. Kaya gue kerjaannya cuma bisa ngabisin duit mereka doang.
Mana bener lagi.
"Terakhir, Gas. Sekali lagi, kelar hidup lo," peringatan dari kakak gue setelah keluar dari ruang kepala jurusan. Cuma itu yang dia bilang sebelum jalan duluan ninggalin gue.
Dia cuma ngulang kesimpulan rapat tadi. Akhirnya gue ga bisa apa-apa selain nerima masa percobaan dua bulan. Dengan catatan kalo bikin masalah lagi (gue nggak pernah ngerasa bikin masalah), gue harus cari kampus baru katanya. Alias D.O.
Sebenernya dari mana sih awalnya gue jadi pecundang kaya gini? Dari kuliah, salah jurusan? Dari SMA, ga belajar yang bener? Apa dari lahir sih, bangsat?! Gue impulsif nonjok tembok terdekat buat ngelampiasin emosi.
Beberapa saat kemudian gue liat Dyra dari jarak dua puluh meter. Hari ini dia pergi sendiri, sebenernya dari kejadian Riki itu dia jadi lebih sering pergi sendiri, entah itu dianter atau nyetir sendiri. Padahal harusnya dia makin deket dalam pengawasan gue, bukannya jaga jarak. Atau gue doang yang baperan?
"Dora!" teriak gue.
Dia berhenti, gue yang nyusulin. Mukanya asem begitu gue dateng.
"Hehe typo. Kan i sama o deketan tuh."
"Aku kan pake y tapi."
"Iya, Dyra pake y."
"Padahal i sama u juga deket."
"Gimana? Jadi Dura?"
"Hahaha, gak. Becanda, diajarin Gita."
"Garing anjir sumpah." Dyra kata gue lo ga usah nge-joke-nge-joke lagi dah. Ga pernah nyampe otak gue sama candaan lo.
KAMU SEDANG MEMBACA
Jeda Vu
ChickLitPertemuan pertama setelah 12 tahun, di stasiun kereta lepas petang, Gita mendapati orang itu kembali dengan raga yang jauh tumbuh dari yang dia lihat terakhir kali. Tinggi badan yang dulu ada di bawahnya kini harus membuatnya mendongak sedikit untuk...