Sejak pagi, Umji ngerasa heran sama adeknya. Uring-uringan dari subuh. Kalo biasanya pas lagi capek banget sih Sunwoo bakal langsung tidur sepulang dari masjid, sekarang enggak. Justru anak itu bersikap seolah-olah enggan dirumah.
"Makan Woo," ucap Umji sambil nyodorin nasi goreng ke arah adeknya. "Mau ayam goreng gak? Ada punya kakak tuh dikulkas, ntar dipanasin."
"Enggak."
Sunwoo milih langsung makan sarapannya cepat-cepat. "Nanti buruan ya, Kak. Mau ulangan nih."
"Oh oke."
Setelah nyuci piring, Umji bersiap buat sekolah. Pokoknya secepat yang dia bisa karena gak mau adeknya yang mukanya udah jelek pagi-pagi ini tambah kesel. Apalagi mau ulangan. Meski biasanya anak itu malah gak peduli sama ulangan, Umji tetap mau bikin Sunwoo bisa nyiapin ulangannya.
Sunwoo ngendarain motornya buru-buru banget. Entah dikejar apa, intinya mereka sampai di sekolahan yang masih sepi. Baru ada Pak Satpam yang langsung nyapa keduanya.
"Helmnya kakak bawa bisa, gak?"
"Kenapa gak lo yang bawa aja?"
"Ribet liatnya."
"Oh yaudah," Umji ngambil helmnya. "Eh Woo-" Belum ngomong apa-apa, tapi Sunwoo sudah ngeloyor pergi. Ninggalin kakaknya sendirian di parkiran yang sepi itu.
Umji natap punggung adeknya yang kian menjauh itu dengan bingung. Sebenarnya anak itu kenapa sih?
Tapi dibanding dia sibuk sama pikirannya, dia akhirnya mampir ke pos satpam buat ngobrol sebentar sama Pak Satpam. Sekalian nungguin Changmin atau siapalah yang dia kenal. Cewek yang sekarang lagi ngurai rambutnya itu enggan banget nunggu dikelas sendirian. Serem.
"Kak!"
Panjang umur. Bukannya anak kelasan, Umji malah ketemu Haknyeon sama Eric yang baru datang. Mereka nganterin sekotak makanan buat Pak Satpam yang mendadak nyariin dompetnya.
Eric sudah bisa dipastikan langsung mendekat ke Umji. Adek kelas satu itu emang suka banget deket-deket Umji. Katanya biar bisa ngerasain rasanya punya kakak cewek.
"Sepuluh ribu, pak." Haknyeon nungguin pak Satpam yang lagi ngeluarin uangnya. "Kak Umji udah datang aja, barengan ke kelas yuk!"
Umji ngangguk setuju. "Kalo gitu ayok lah. Pak duluan, ya!"
Mereka bertiga jalan kearah kelas sambil ngobrol. Haknyeon yang mamanya jualan pisang nugget gitu biasa nganterin pesenan buat pak Satpam. Bapak satu itu suka makan nugget pisang, makanya langganan sama Haknyeon.
"Tadi malam lo main sama Sunwoo, Ric?" tanya Umji ke Eric yang langsung ngegeleng. "Oh berarti Sunwoo main sama temennya yang lain."
"Mungkin anak sekolah sebelah, kali kak. Soalnya ada beberapa yang kenalan SMPnya Sunwoo." Eric ngejelasin.
Umji ngangguk. "Yah semoga gak nyebelin aja ya."
"Ap-"
"YUMNA JIANA MAP YANG ISINYA DAFTAR PESERTA LOMBA MANAA!"
Mereka bertiga noleh kearah ujung lapangan yang lain. Sesosok manusia berhoodie hijau army berkoar dari ujung lapangan. Untung sepi, jadi gak bikin malu.
"Changmin, pagi-pagi udah teriak aja," gerutu Umji sambil ngeluarin map dari dalam tasnya. "Eh gue duluan ya! Mau ke RO dulu nih."
Haknyeon dan Eric kompak ngangguk dan ngelambai kearah cewek yang langsung lari mendekat kearah Changmin.
"Ngapain dah bawa-bawa helm?" tanya Changmin heran. "Biasanya gantung di motor?"
Umji ngangguk sambil nyodorin map itu ke Changmin. Sekarang dia sibuk ngebuka pintu ruang OSIS. "Sunwoo gak mau tuh. Jadi gue bawa aja."
KAMU SEDANG MEMBACA
KEEPER ✔
Fanfiction[AU, completed] Kisah klasik di bangku akhir SMA. Juyeon yang terbiasa flat harus merasakan perasaan suka untuk pertama kalinya ke satu manusia yang kadar kepekaannya sangat rendah, Umji. Lalu buku ini, menceritakan bagaimana makhluk datar yang mela...