Ditempat ini semuanya terasa tenang bagi Umji. Gaada kebisingan karena memang jauh dari jalan raya. Tapi tenangnya beda. Rasanya kayak damai sewaktu Umji kesini meskipun buat beberapa orang tempat ini angker dan menakutkan. Justru harusnya pemakaman jadi tempat yang pas buat ingat kematian, kan?
Changmin sama Haknyeon udah pergi duluan ketempat masing-masing. Letak kuburan yang dikunjungi keduanya emang deketan makanya kesana barengan. Sekarang sisa Sunwoo dan Umji yang sejak lima menit lalu selesai berdoa, cuma diem aja.
"Sun-"
"Mama aku mau minta maaf,"
Umji terdiam. Nyimak aja apa yang adeknya mau omongin.
"Kemaren aku bikin kakak nangis lagi, marah juga. Ah nanti Mama jangan marah ya kalo ketemu aku? Kakak udah maafin aku kok, ya kan kak?"
Umji ngangguk aja. Mendadak hatinya mencelos sewaktu dengar ucapan adeknya itu.
"Aku mungkin gak berhenti ngelakuin hal yang buruk itu kalo kakak gak negur dan nampar aku. Aku sadar itu salah, cuma demi ego aku tega ngejahatin kakak sendiri, Ma. Maafin aku ya?"
Sunwoo sudah nangis terisak-isak didepan pusara kedua orangtuanya. Sementara sang kakak masih setia berdiri disampingnya yang berjongkok, nepuk-nepuk bahu si adek yang masih aja kalut sama pikirannya sendiri.
"Kakak gak pantes punya adek kayak aku, harusnya Haknyeon aja atau Eric yang gak pernah bikin kakak kesel-"
"Kamu ngomong apaan sih, Woo." Umji gak tahan akhirnya meluk adeknya yang masih berurai air mata. "Gak boleh ngomong begitu. Kamu tetap adek kakak senakal apapun kamu, gak apa-apa Sunwoo, semua orang berubah tiap harinya. Kakak nerima kamu apa adanya, oke?"
Sunwoo ngangguk sambil ngebalas pelukan kakaknya. "Jangan tinggalin aku ya, Kak? Janji."
"Yaa Sunwoo, kakak janji."
Setelah Sunwoo, kini Umji bergerak buat mendekat ke kubur Mamanya. Sunwoo beralih ke sebelahnya, pusara Papa. Tadi Umji udah duluan kesana.
"Hai Mama, kita berdua baik-baik aja kok disini. Aku udah dapet kerjaan baru dan teteh yang punya baik banget, aku beruntung kali ini, Ma." Umji narik kedua sudut bibirnya keatas. Cerita didepan kubur kayak gini emang aneh, lebih aneh lagi buat Umji yang justru ngerasa lega pas selesai cerita. "Uhm.. aku ketemu Sinbi dan San, Ma. Mereka yang pernah nyapa Mama pas bangun sebentar waktu itu, meski akhirnya Mama tetap pergi tapi aku bersyukur Mama sempat ngeliat orang-orang yang berhasil nyelamatin mental kami berdua."
Sebenarnya pagi ini matahari bersinar cerah banget. Udaranya enak buat beraktifitas diluar ruangan kayak gini tapi tetap aja Umji kedinginan.
"Ah, Mom udah balik dari Kanada bareng Dad juga kayaknya, Mas Changkyun udah kerja juga, tadi Changmin baru ngabarin," ujar Umji ringan. "Chanhee ngerengek ikut padahal tapi gak bisa karena Mama Yuri nyuruh dia jaga rumah, jadi dia titip salam aja. Dia bilang dia makin ganteng, Ma. Padahal enggak, Chanhee tetep cantik kayak dulu."
"Kevin," ucapan Umji menggantung diudara. "Kevin baik-baik aja dan bakal selalu begitu. He's my hero, mama tau kan? Dan ada satu orang lagi yang datang, he's Juyeon. Umm.. a person with affection and I'm lucky to be his friend, I think. Eh kenapa aku ngomong gak jelas gini, maaf ya Ma."
Sunwoo awalnya mau ngakak karena bahasa Inggris aneh dari kakaknya itu, cuma dia keburu salfok sama ucapan Kakaknya yang nyebut nama Juyeon. Apalagi kalo didepan makam Mama, Umji gak pernah gak serius. Makanya Sunwoo milih buat diam, pura-pura sibuk berdoa didepan pusara Papanya.
Maaf ya, Pa. Sunwoo nakal. Tapi pasti Papa ngerti kok kelakuan anaknya ini.
Yaudah terserah bungsunya Papa Suho sajalah.
KAMU SEDANG MEMBACA
KEEPER ✔
Fanfiction[AU, completed] Kisah klasik di bangku akhir SMA. Juyeon yang terbiasa flat harus merasakan perasaan suka untuk pertama kalinya ke satu manusia yang kadar kepekaannya sangat rendah, Umji. Lalu buku ini, menceritakan bagaimana makhluk datar yang mela...