23

347 82 28
                                    

"Itu mobil taruhan?"

Sunwoo terus diam sejak mereka sampai dirumah. Sementara Umji berkali-kali nanya ke dia tentang mobil itu. Mobil mewah yang kayaknya gak mungkin dipinjemin ke adeknya tanpa kesepakatan lain.

"Sunwoo!"

"Iya taruhan!"

Umji natap adeknya yang duduk sambil terus nunduk.

"Sekaya apa kamu sampe berani taruhan begini, hah?" ucap Umji lagi. "Ngapain kamu ikutan padahal tau kalo ini salah?"

Sunwoo natap wajah kakaknya yang sudah nahan tangis sejak awal mereka debat.

"Jawab kakak, Sunwoo!"

"Aku bosen gini terus!" bentak cowok itu akhirnya. "Kakak gak tau rasanya dikatain kayak aku. Aku juga pingin punya banyak teman tapi kakak ngerusak semuanya!"

Umji mengepalkan tangan karena kesel. "Maksud kamu apa?"

"Aku malu."

Emosi yang awalnya hampir bikin Umji nampar adik sendiri itu menurun. Entah karena dia juga ngerasa bersalah atau gak tega buat ngasih tamparan ke pipi adiknya itu.

"Ke.. napa?" lirih Umji. "Kasih kakak alasan kenapa kamu harus malu?!" lanjut cewek itu setengah ngebentak.

Sunwoo neguk ludahnya susah payah sambil terus berusaha ngehindarin tatapan mata Kakaknya yang berkaca-kaca.

"Mereka tau soal aku yang yatim piatu. Anak miskin yang gak hidup sama orangtuanya, cuma sama kakak yang kerjanya-" Sunwoo tersedak salivanya sendiri dan seolah nambah getir perasaan yang dia lontarkan. "Beberapa kali aku diejek karena kakak yang kerja di tempat skating dulu. Mereka sering ngeliat kakak kerja disana dan kakak keliatan gak pantes punya teman karena pekerja paruh waktu."

"Kenapa kakak gak kerja ditempat yang lebih bagus? Setidaknya jangan buat aku malu didepan temen-temenku! Aku capek dikatain anak buangan sejak Mama sama Papa meninggal. Kenapa kakak gak buka usaha online aja setidaknya sampai kakak bisa berseragam lebih pantas dibanding seragam kedai ayam itu!!"

BRAKKK!!

Sunwoo terkesiap, reflek noleh kearah kakaknya yang masih nunduk dan nyembunyiin ekspresinya dibalik rambut birunya yang mulai gelap.

Dari tangan Umji cairan merah itu udah netes pelan-pelan. Sakit rasanya. Tapi dia gak nangis, justru emosinya kembali naik bahkan setelah figura berisi foto keluarga itu pecah ditangannya.

"Kakak harus kerja apa biar kamu enggak malu, hah?! Kalau bisa milih, kakak lebih mending gak kerja. Capek. Lebih baik fokus sekolah. Tapi kakak ngesampingkan itu semua demi kamu!"

Umji terengah setelah berucap dengan nada tinggi barusan. Jiwa kalemnya gak terbiasa marah-marah begini apalagi ke adek sendiri.

"Kamu alesan satu-satunya kakak buat bertahan hidup, Woo! Kamu pikir kakak gak malu, hah?! Kakak paham gimana rasanya diejek sama temen sendiri, bahkan didepan orang banyak! Kakak pernah ngerasain semua!" Umji ngeremas ujung kemejanya. "Mama tau kakak gak akan sanggup hidup sendiri kalau kalian bertiga pergi, makanya Mama minta darah itu buat kamu. Mama tau darah sebanyak apapun gak bisa nyelamatin dia. Mama tau kakak-"

Suara Umji memelan. Kerongkongannya hampir kering dan disitu dia ngeliat kalau Sunwoo sudah bener-bener nangis. Kalau sudah membahas sang Mama, maka si bungsulah yang paling sensitif.

"Mama tau kakak gak bisa hidup kalau kalian semua pergi."

Umji terduduk dilantai. Masih belum ngeluarin air mata, meski barisan air itu sudah berbaris siap diterjunkan.

KEEPER ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang