Halo Halo Xiao Dejun itu dia nama gw. Halo Halo semua lu semua bisa panggil gw Xiaojun...
Etssss,, lu juga bisa manggil gw bang dejun dan kang gitar. Gw anak kuliahan biasa dan baru-baru aja gw punya rencana nyari kos-kosan.
Awalnya sih gw bingung mau nge-kos dimana, soalnya gw mau nyesuaiin harga mahasiswa lah ya. Gw keliling lah sama emak gw nyari-nyari kosan pake motor. "Mak, napa sih tadi malah ditolok kos-kosan nya, bagus lho padahal mana banyak cewek cakep" protes Xiaojun karena, emak nya menolak untuk Xiaojun tidak nge-kos disana. Katanya, disitu banyak dedemit nya (ciwi-ciwi). "Udah manut aja sama emak" balas mak Xiao.
*Manut (b.jawa) = menurut/nurut
"Ya emak sukanya gitu deh, kalo anak emak yang tamvam ini jomblo seumur hidup gimana" ucap Xiaojun sambil ngambek. "Gak, kamu ini belum juga dapet kosan sama masuk kuliah dah mikirin cewek. Mending pikirin tuh gimana caranya bertahan hidup di dunia yang keras ini!" sahut emak ngomelin Xiaojun sambil berdiri diboncengan. "Eh, mak jangan berdiri gitu dong nanti ditilang, sayang duitnya buat traktirin cewek....bensin" panik Xiaojun yang kini menjadi pusat perhatian semua pengguna jalan.
"emak...emak...mau nangis aja dah gw" - xiaojun
"ah elu, ngak papa kok nangis aja - byul
"jangan ah, malu ini lagi dijalan" - xiaojun
"serah lo aja" - byul"Mak, bisa duduk lagi ngak, malu atuh dilihatin banyak orang" kini Xiaojun membujuk emak nya. "Maaf-maaf, mak khilaf, kamu juga sih pake acara ngak nurutin emak" ucap emak yang ngak mau kalah. "Emang dah emak-emak selalu menang" batin Xiaojun.
"Jun, Jun!" teriak emak ditelinga Xiaojun. "Jangan teriak-teriak napa mak, kasihan telinga akuh" ucap Xiaojun sambil mengerem motornya. "Itu ada kos-kosan kayak nya bagus deh" ucap emak sambil menunjuk sebuah gedung lumayan besar. "Serem mak, ya kali Dejun nge-kos disitu, tapi emang itu kos-kosan ya mak?" ujar Xiaojun sambil menatap bangunan kos yang menurut nya agak seram. "Kamu ini penakut, cepetan kesana sapa tau masih ada kamar yang kosong" sahut emak yang tetep pengen Xiaojun untuk pergi ke kosan tersebut.
"Assalamualaikum, permisi pak/bu" ucap emak sambil mengetuk pintu depan yang kemungkinan rumah milik Bapak/Ibu kos. "Kok gw merinding ya?" batin Xiaojun deg-deg'an. "Walaikumsalam" sosok wanita yang sambil membaca pisau ditanggan nya. "Wahhhhhhhh!!!" teriak Xiaojun sambil naik ke pohon mangga didepan pagar kos. "Jun, kamu ngapain sih manjat-manjat disitu, turun!" perintah emak sambil menyeret Xiaojun. "Hahahaha, maaf ya ini saya maskeran terus ini pisau tuh saya habis motong buah mangga" ucap Bu Juy sang pemilik kosan.
"Maaf ya bu, tadi saya kaget habis ibu kek di film-film horror jadi psycho-psycho" sahut Xiaojun sambil duduk disofa. "Oh ngak apa-apa kok nak, santai aja. Jadi anak ibu ini mau nge-kos disini ya?" balas Bu Juy ramah. "Iya, nih bu Juy, saya lihat didepan pagar ada tulisannya 'Terima Kos Manusia' jadi ya sudah saya pengen anak saya nge-kos disini" jawab emak sambil menatap sinis Xiaojun. "Oh ya udah ngak apa-apa kok, mau kapan mulai nge-kos nya? Biar saya cariin kamar yang masih kosong" tanya bu Juy.
"Minggu depan deh bu, soalnya banyak yang kudu dipersiapkan hehe" jawab emak sambil mengkresekin buah mangga yang ada dimeja.
Xiaojun reaction emak : 🙂 (😭)
"Oh ya, siap bu. Nanti saya kasih tau anak-anak disini buat bantu nyiapin kamar nya" balas bu Juy. "Kalau gitu saya permisi ya bu, terimakasih" ucap emak sambil berpamitan. "Saya juga permisi ya bu Juy" ucap Xiaojun. "Iya sama-sama. Hati-hati dijalan, jangan lupa ini kresek mangganya" balas bu Juy. "Oh iya hehe" cengir emak.
Setengah perjalanan Xiaojun berhenti sejenak di sebuah toko, soalnya emak mau beli telur sekalian Xiaojun ngisi bensin. "Pak, saya beli telur nya 2 kg ya" ujar emak. "siap, bu. Nak Kun tolong ambilin telur 2 kg!" teriak Pak Suman. "Ya pak, sebentar" balas Kun. "Oi, gw mau ngisi bensin 1 liter" ucap Xiaojun kepada Kun. "Oke, eh Ten lu ambilin tuh telur 2 kg, cepetan ditunggu Pak Suman" ucap Kun kepada Ten habis mengantar pesanan warga. "Okey" balas singkat Ten.
"Nih duit nya thanks" ucap Xiaojun. Sekarang Kun kembali masuk ke dalam toko. "Jun, udah nih mak beli telurnya, buruan pulang emak mau arisan nanti sore biar ngak telat" tepuk emak sambil naik diboncengan. "Ya, mak. Jangan lupa nanti pas arisan bawaiin makanan nya hehe" ucap Xiaojun sambil terkekeh.
Seminggu berlalu, kini Xiaojun mempersiapkan untuk pindah ke kosan baru nya. "Thank you ya bro dah bantuin gw" ucap Xiaojun kepada tetangga kosan baru nya. "Sama-sama juga, jadi nambah rame dah nih kosan" balas seorang cowok berkacamata. "Wahh ada penghuni baru nih? Spesies apa dia dulu?" kini cowok dengan dimple dipipi nya menatap bahwa didepan kamar kos nya sudah berpenghuni. "Eh ini bro, Xiaojun. Dia penghuni baru disini, kalau gw lihat-lihat dia nih spesies buaya sungai amazon" jawab cowok berkacamata tersebut sambil merangkul Xiaojun. "Hemm, ya udah welcome. Gw mau pergi ketoko dulu dah ditungguin bye semua" ucap Kun sambil tergesa-gesa. "Okey, bro jangan lupa nanti malam makan-makan dikamar nya Xiaojun!" keriak cowok berkacamata. "Siap, yan!" balas Kun.
"Bentar-bentar tuh orang kayak pernah lihat...dimana ya? Atau..." batin Xiaojun sambil melanjutkan memindahkan koper ke dalam kamar.
Malam pun tiba. Yanan, Xiaojun, dan Kun makan besar di kamar Xiaojun. "Wahh mayan nih hemat biaya makan wkwk" ucap Yanan sambil mengambil ayam bakar + telur goreng + bakwan jagung. Dasar. "Btw, makasih dah ngajak gw sama Yanan makan-makan padahal gw tadi ngak bantuin pindahin barang" ucap Kun sambil mensedot teh manis. "Oke, sans aja. Gw kayak nya pernah lihat lo deh" jawab Xiaojun sambil mengambil menaruh sambel di piring nya. "Dimana? Gw ngak pernah tuh ketemu lo sebelum nya" balas Kun. "Lo yang ngisi bensin gw waktu itu kan?" kini Xiaojun sudah ingat dimana pertama kali dia melihat Kun. "Ohhh bocah itu elu, hahaha" kini Kun tertawa garing. "Yee lu ketawa ae" sahut Yanan menabok bahu Kun.
"Gw pamit dulu ya, thank you bro buat makan malam nya!" sahut Yanan yang diujung pintu kamar nya. "Yoi, sans aja!" balas Xiaojun. "Gw juga mo balik dulu, thank you juga" ucao Kun sambil menuju kamarnya.
Setelah kegiatan kampus selesai, Xiaojun menuju ke toko Pak Suman. Karena apa???? Ya di kerja sampingan disana itu semua gara-gara emak nya yang nyuruh, jadi...selama ini emak nya kenalan dengan Pak Suman. Kata emak sih biar Xiaojun ngak berkeliaran cari ciwi-ciwi. Uhuk!
"Eh elu kenapa disini?" heran Kun melihat Xiaojun menjaga kasir. "Gw kerja disini sambil kuliah, disuruh ama emak gw:( " jawab Xiaojun sambil protes. "Ahahahaha, ngak apa-apa lu bisa jadi babu gw, karena gw disini senior" balas Kun pergi menuju dapur belakang. "Ooooo, senioritas!" keriak Xiaojun sambil memprotes kembali.
"Asisten, cepat bawakan sirup jeruk xyz" - Kun.
"Astagfirullah baru juga hari pertama, awas ya lu" - XiaojunJangan lupa vote dan kritik saran kalian!
Ps. XOXO from byul ;)
KAMU SEDANG MEMBACA
CEK TOKO SM (Semua Menyediakan)
Short StoryKisah 7 anak perantauan yang kuliah dan bekerja sampingan ditoko milik Pak Suman. Bagaimana kisah kehidupan sehari-hari mereka? Cus Kepoin! 📍Cerita yang dibuat hanyalah Fiksi dan Tokoh hanya sebagai visualisasi dan inspirasi karakter dari author sa...