Dua minggu setelah kepulangannya dari rumah sakit, sikap Mahardhika semakin berubah Bara rasa.
Dimana Mahardhika menjadi lebih sering menginap di luar dibandingkan tidur di rumah.
Mahardhika bahkan sekarang sudah jarang berpamitan jika pergi karena sudah terbiasa berada di luar.
Tentu hal tersebut mengundang rasa tak nyaman bagi Bara, melihat puteranya terasa semakin jauh berbeda dari sebelumnya, dan juga semakin jauh dari jangkauannya.
Namun seperti biasa, Bara dan egonya tidak pernah bisa di pisahkan.
Seperti siang ini, Bara menatap Mahardhika yang baru saja pulang setelah dua hari tidak pulang.
Meski Bara tau anak itu pergi kemana, tetap saja rasanya sangat tidak baik bila anaknya terlalu sering berada di tempat orang lain.
"Baru inget rumah?" Ucapnya yang langsung menghentikan langkah Mahardhika.
Mahardhika yang tengah lelah menatap Bara lesu.
"Pa.. nanti ya? Dika cape." Ucapnya pelan.
"Cape dari mana? Keluyuran doang."
Mahardhika terdiam.
"Kenapa diem? Bener? Sekarang bahkan udah jarang izin sama papa kalo mau kemana-mana, kenapa? Udah ngerasa gak butuh papa?"
Mahardhika mengepalkan tangannya.
"Pa, tolong.. Dika nginep di rumah Bang Adam sambil ngerjain projek kuliah. Tugasnya bukan cuma satu, Dika cape, pusing juga pa. Dika nginep tujuannya emang biar jaraknya gak terlalu jauh ke kampus sekalian Dika juga di bantuin Bang Adam bikin tugasnya. Papa bisa gak jangan berburuk sangka mulu sama Dika?"
"Oke, anggap aja emang kamu ngerjain tugas di rumah si Adam Adam itu. Tapi kenapa gak ngabarin papa? Apa susahnya sih bilang?"
Bara terdiam sejenak.
"Soal cape, kamu gak berhak bilang gitu Dik. Kamu ini capein apaan? Yang harus kamu lakuin itu cuma nurut. Soal biaya sama yang lain biar jadi urusan papa. Masa gitu doang cape, gimana kamu nanti kalo sekarang aja udah kaya gini."
Kali ini Mahardhika menatap sang ayah.
"Dika tanya, papa pernah gak terima panggilan Dika minimal dua menit aja?"
"Maksud kamu?"
"Papa pernah gak sempetin buat angkat telepon dari Dika? Pernah gak Dika ngomong di dengerin papa pas lagi di telepon?"
"Enggak Pa! Papa selalu tolak panggilan Dika, kirim pesan pun papa gak pernah baca saking sibuknya. Giliran papa angkat papa pasti jawab,nanti dulu ya , jangan telpon dulu papa lagi meeting. Atau papa lagi ketemu klien."
"Jadi.. buat apa? Enggak guna juga ngasih tau. Orang papa juga gak pernah peduli. Kecuali kalo baru sadar kalo Dika enggak pulang berhari-hari. Terus tiba-tiba nuduh nuduh Dika kaya tadi."
"Dika beneran cape, maaf kalo selama ini jadi alesan papa cape. Papa bisa udahan sampe sini aja, gak usah peduliin Mahardhika lagi biar gak cape." Ujarnya kemudian kembali pergi keluar.
"DIKA! MAU KEMANA KAMU? PAPA BELOM SELESAI." Teriak Bara sambil mengejar Mahardhika yang sudah berlari keluar.
•••
Ia mengusap sudut matanya yang sedikit berair. Bermaksud pulang untuk beristirahat malah seperti ini.
Sekarang ia malah sedang berjalan tak tentu arah dengan kelelahan.
Ia mengecek ponselnya yang sudah kehabisan baterai. Kemudian mengecek sakunya, dan tidak menemukan sepeserpun disana karena memang dapat dari mana juga.
KAMU SEDANG MEMBACA
Semesta Mahardhika
Teen Fiction"Semesta Mahardhika itu cuma mama sama papa. Jadi jangan tinggalin Dika. Kalo mama sama papa pergi, Dika sama siapa?" •••••• Mahardhika rasa dunia sedang bercanda saat tiba-tiba Mama pergi begitu saja meninggalkan dirinya dengan Papa yang bahkan jug...