6. DIKANCINGIN KANA

71 8 0
                                    

Aroma masakan Kana bikin gue pengen cepet-cepet sarapan. Beres di baju gue langsung ngacir aja ke dapur.
Di sana, Kana lagi nyiapin semuanya di meja. Meski lagi masak kaya gini, Kana selalu udah cantik, udah mandi soalnya  Kana ga pernah mau masakin sarapan kalau belum mandi. Makanya ga betah gimana gue kalau tiap pagi aja udah liat Kana cantik gini.

"Pagi Dallen." Sapa Kana. Salah satu sapaan yang bisa bikin gue makin semangat di pagi hari.

"Pagi."

"Bentar ya, tinggal siapin minumnya!"

Semua udah lengkap. Kana juga udah duduk. Seperti biasa Kana selalu nyedian buat gue, setelah itu dia ambil buat dianya sendiri.
Pagi ini Kana masak ayam kari. Semenjak tinggal sama Kana, gue terbiasa sarapan pagi makan nasi. Biasanya cukup sama roti aja, atau waktu pas sekolah karena sering kesiangan gue ga pernah sarapan kenyang kaya bang Darrel sama Dania. Gue cuma bisa beli gorengan di kantin terus dimakan diem diem di kelas.

Tiba-tiba gue pengen nanya sesuatu sama Kana. Pertanyaan yang sebenernya pengen gue tau dari lama cuma belum belum nemu momen yang pas terus, dan sekarang gue ngerasa pagi ini kayanya pas buat gue nanya hal itu.

"Kana."

"Hem."

"Aku mau tanya. Tapi sorry kayanya pertanyaan ini aneh atau terkesan childish."

"Apa?"

Kana langsung natap gue, padahal tadi doi lagi fokus sama sarapannya.

Bentar.. kenapa jadi ragu gini. Tapi tatapan Kana udah mematikan kalau gue bilang ga jadi, kayanya doi bakal langsung nerkam gue.

"Hmm itu.. em mantan kamu waktu kita nikah dateng?"

"Mantan aku cuma abang kamu. Bentar, perasaan aku pernah bilang deh,"

Tatapan Kana makin tajem aja, bikin gugup.

"Kamu ngeles ya?! Bukan tentang ini yang mau kamu tanyain kan?"

Nah kan doi tau aja gue lagi ngeles. Oke, karena udah kecebur, gue jujur.

"Hehe pantes bang Darrel ga berani selingkuh, bohong dikit aja bisa langsung kamu deteksi."

"Jangan ngalihin lagi. Jujur, kamu mau nanya apa?"

"Hm, sebenernya ga terlalu penting cuma cukup bikin aku penasaran. Tiga tahun pacaran kalian ga pernah sekali pun nge-up photo bareng. Ya aku tau itu bukan tolak ukur seriusnya satu hubungan, cuma jadi penasaran komit apa yang kalian sepakati."

"Terus?"

"Iya itu aja."

"Pertanyaannya mana?"

Kana emang bener-bener. Kalau sama Kana tuh kudu selalu jelas. Dia juga suka ngomenin ketikan gue yang kadang typo, atau ga pake tanda baca yang bener."

"Iyaa itu, kenapa? Alasan kalian kenapa?"

"Jujur ya Dallen, sebenernya aku tuh orangnya sosmed banget apa apa tuh pengen di post. Malah awal pacaran kita pernah berantem gara-gara ini. Darrel tuh pasti aja bilang, udahlah gausah, postnya ntar aja, sama bla bla bla lainnya. Sampe akhirnya, aku kaya udah biasa gitu. Kalau lagi bareng sama Darrel yaudah nikmatin aja momen bareng kita tanpa harus mikirin ini itu buat di posting. Kita ga ada komit apapun juga buat hal ini. Jatuhnya jadi udah kaya habit aja kali ya. Kamu tau sendiri, Darrel itu jarang megang hp kalau ga ada perlu."

"Kalau kamu sendiri gimana? Tipe yang tertutup juga atau pengen selalu di up?" Lanjut Kana.

"Ya lima puluh lima puluh lah. Ga jadi keharusan juga. Cuma sesering nya dapet yang ga sejalan."

"Ga sejalan gimana?"

"Kalau aku mau post ya pasti aku post. Kalau ngga, yaudah. Tapi beberapa kali dapet cewek maksa buat terus di up. Cape."

Kana ketawa. Dia juga jadi nyeritain temennya yang serupa kaya mantan gue, kadang topik yang dibahas jadi tiba-tiba serius. Pagi itu sambil sarapan kita banyak tuker pikiran. Tentu diwarnai dengan debat debat kecil. Tapi di situ gue baru sadar, bukan rugi yang gue dapetin kaya yang Kana bilang. Justru gue merasa beruntung dan gue membenarkan apa yang temen bang Darrel bilang waktu itu, kalau gue memang beruntung dapetin Kana.
Sekarang bukan cuma fisik yang gue suka dari Kana, tapi dari bagaimana dia melihat sesuatu, cara dia berpikir dan hal mendasar lainnnya.
Satu mungkin yang bakal dibilang rugi, kalau gue udah bener sayang sama Kana, tapi Kana belum sebaliknya.

"Satu lagi." Kata gue.

"Apa?"

"Tanggapan temen deket kamu siapa tuh yang waktu acara resepsi pada joget joget batre nya ga habis habis."

"Haha itu, Rhesma, Naura, sama Gaby. Mereka emang selalu rusuh." Gue cuma ngangguk aja, biarin Kana buat lanjutin ucapannya.
"Sejak kapan Dallen peduli dan pengen tau apa kata orang? Hahaha."

"Pertanyaannya aneh ya? Ga penting. Tapi aku pengen tau, soalnya kalau dari temen temen bang Darrel, bilang kalau aku beruntung dapetin kamu, Kana."

"Hmm apa ya, waktu tau Darrel meninggal, terus beberapa bulan kemudian aku kasih tau mau nikah sama adiknya, mereka kaya speechless gitu. Mereka ga tau kalau Darrel punya adik cowok, makannya aga heboh. Mereka kira cuma Dania aja, kan kalau Dania sering ikut kita jalan, makan, pokoknya Dania pasti ngintilin. Jadi ya mereka kaget dan makin kaget waktu tau alasannya kenapa kita nikah."

"Kamu kasih tau? Terus respon mereka?"

Kana meragain gaya gaya besti nya itu dengan ekspresif. Makin gemes aja.

Alasan gue nanyain hal ini ke Kana, karena gue penasaran tentang respon orang terdekat Kana. Apa mereka ngasih dukungan moral, atau sebaliknya. Tapi denger cerita dari Kana gue lega. Kana ga dapetin hal hal menyakitkan yang gue takuti. Meski awalnya kata Kana, dia di omelin habis sama Naura karena kecelakaan nya sama Darrel.

Ngobrol sama Kana bikin lupa waktu. Jam udah 09.10 aja. Gue harus ke puncak ngerjain projek video sama Marsha. Harusnya sih pergi sama Barly, tapi pas gue cek ternyata Barly sama Adit lagi ngerjain projek prewed. Gue sedikit miskom sama team.
Jadilah hari ini gue bakal berangkat sama Gina, officer sosial media. Sebenernya  bisa di handle sendiri karena projek ini ga terlalu susah, tapi gue ngerasa harus ada yang ikut. Gue ga mau sendiri kesana, ke villa keluarga Marsha.

Gue baru nyimpen piring ke wastafel, pas balik badan Kana udah di depan gue aja, terus bukain satu persatu kancing kemeja. Duh Pagi gini, pikiran udah kemana-mana aja, bayangin yang ngga ngga.

KANA!

"Kamu tuh kaya Darrel. Ngancingin kemeja aja kadang masih salah. Gimana sih?" Kana masih anteng ngancingin, kalau gue anteng liatin wajah Kana.
"Udah!" Lanjut Kana, sekarang doi rapihin kerah gue.

Kana, please gue ga mau jantungan di umur gue yang masih belia ini.

Gue bilang makasih. Biar ga keliatan salting, cepet cepet gue pamit tapi Kana nahan gue terus ngulurin tangannya.

"Salim!"

Gue ambil tangan Kana, doi salim lagi. Pengennya gue cium tuh kening, tapi...
Tahan, Dallen, tahan. Semua bertahap.

LIKA LIKU DALLENTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang